Comscore Tracker

Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh 

Yuk, coba bikin di rumah!

Kue bolu kukus merupakan salah satu makanan yang udah gak asing lagi nih di Indonesia. Kue ini sering banget kita jumpai di pasar, swalayan, mall, hingga toko roti. Walaupun sudah banyak kue lain yang gak kalah enak, bolu kukus masih tetap eksis di kalangan pecinta roti. Resep bolu kukus pisang pun banyak diburu.

Bolu kukus memiliki cita rasa yang nikmat dan tekstur yang lembut sehingga cocok untuk menemani acara minum teh atau susu. Selain itu, banyak inovasi dalam pembuatan bolu kukus, salah satunya bolu kukus pisang ini. Bayangkan perpaduan rasa bolu kukus yang nikmat dan lembut dipadukan dengan rasa pisang yang manis dan creamy pasti jadi semakin lezat. Kalian berminat mencoba gak nih? Yuk, langsung aja simak resep bolu kukus pisang di bawah ini!

1. Bahan-bahan

Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh bahan-bahan (pixabay.com/ponce_photography)
  • 1 buah pisang
  • 110 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 20 ml susu cair
  • 2 sdm mentega cair
  • 4 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder

2. Haluskan pisang dan campurkan dengan telur, gula, susu, dan mentega

Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh ilustrasi membuat adonan cheesecake (unsplash.com/backen.de)

Kupas pisang, lalu haluskan menggunakan blender. Siapkan mangkuk, lalu masukkan telur dan gula kemudian aduk sampai merata. Setelah itu, masukkan mentega, susu cair, dan pisang yang telah dihaluskan. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. 

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Pisang Tanpa Mixer, Ide Mengisi Hari Libur

3. Masukkan tepung terigu, garam, dan baking powder

Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh membuat adonan (unsplash.com/anetakpawlik)

Masukkan tepung terigu, garam, dan baking powder. Sebelum memasukannya, sebaiknya ayak terlebih dahulu sehingga tidak ada bahan yang menggumpal. Terakhir, aduk sampai merata.

4. Masukkan bolu kukus dalam cetakan

Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh mengukus (unsplash.com/thom milkovic)

Siapkan cetakan, lalu masukkan kertas roti di dalamnya. Kemudian, masukkan adonan yang telah dibuat sampai memenuhi 3/4 bagian kertas roti. Kukus selama 15 menit dengan api sedang. Tunggulah sampai bolu kukus pisang matang.

5. Bolu kukus pisang siap dinikmati

Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh bolu kukus pisang (unsplash.com/Ali Zolghadr)

Setelah matang, matikan kompor dan buka tutup kukusan. Tunggulah sebentar sampai agak mendingin, lalu angkat dari dalam kukusan. Dinginkan kukusan di suhu ruangan dan bolu kukus pisangmu siap dinikmati.

Gimana nih menurut kalian resep bolu kukus pisangnya? Gampang banget, kan? Bolu kukus pisang ini paling nikmat disajikan dengan teh atau susu. Cocok untuk membersamai kebersamaan keluarga. Kalian berminat coba gak nih?

Baca Juga: Resep Membuat Bolu Kukus Pisang, Teksturnya Lembut Banget

Sekar Arum Photo Verified Writer Sekar Arum

someone who wants to learn new things

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya