Comscore Tracker

Resep Creme Brule Cheesecake ala Luvita Ho, Ide Camilan Manis di Rumah

Teksturnya lembut tapi juga renyah dibagian atas

Pengen camilan manis tapi bosan dengan yang itu-itu aja? Cobain bikin creme brule cheesecake ala Luvita Ho. Beda dari cheesecake biasa, kue manis ini dipadukan dengan gula karamel ala creme brule di bagian atas yang bikin rasanya lezat. 

Teksturnya juga unik banget, lho, karena terasa lembut di bagian tengah namun renyah di bagian atas dan bawahnya. Cocok banget buat camilan para sweet tooth lovers, nih. Biar gak ngiler, yuk langsung bikin pakai resep ala Luvita Ho!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Creme Brule Cheesecake ala Luvita Ho, Ide Camilan Manis di RumahBiskuit yang dihancurkan (instagram.com/kitchen335co)

Bahan base cheesecake:

  • 130 gram biskuit
  • 40 gram mentega tawar

Bahan cheesecake:

  • 260 gram cream cheese
  • 52 gram mentega tawar
  • 75 gram kuning telur
  • 35 gram gula pasir
  • 13 gram tepung maizena
  • 180 gram susu cair

Bahan meringue:

  • 50 gram putih telur
  • 40 gram gula pasir

2. Buat base cheesecake-nya

Resep Creme Brule Cheesecake ala Luvita Ho, Ide Camilan Manis di RumahMencetak base cheesecake (instagram.com/kitchen335co)

Hancurkan biskuit dalam wadah. Tambahkan mentega tawar yang sudah dilelehkan, campurkan sampai rata dengan spatula. Siapkan cetakan muffin dan lapisi dengan cup kertas di dalamnya.

Masukkan campuran biskuit tadi dengan takaran satu setengah sendok makan ke dalam setiap cup. Padatkan biskuit ke dasar cup dengan ujung penggilas kayu. Simpan dalam kulkas sebelum digunakan kembali.

Baca Juga: Resep Moon Cake ala Luvita Ho, Camilan Legit asal Negeri Tirai Bambu

3. Campurkan adonan cheesecake dan meringue

Resep Creme Brule Cheesecake ala Luvita Ho, Ide Camilan Manis di RumahIlustrasi memasak vla (pexels.com/id-id/@cottonbro/)

Siapkan panci, masukkan kuning telur, gula, maizena, garam dan vanila esence. Aduk sampai tercampur. Tambahkan susu cair ke dalamnya, aduk sampai larut dan menyatu. Kemudian masak di atas api kecil hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.

Tambahkan mentega tawar, lalu aduk rata dan sisihkan. Kocok cream cheese dengan whisk, sampai teksturnya lembut. Kemudian masukkan adonan cheesecake tadi ke dalam creamcheese, kocok keduanya sampai tercampur rata. Namun, sebelum dicampur, pastikan suhu adonan cheesecake tidak panas.

4. Panggang hingga matang saja

Resep Creme Brule Cheesecake ala Luvita Ho, Ide Camilan Manis di RumahIlustrasi memanggang kue (unsplash.com/@shraddhaag)

Buat meringue-nya, siapkan wadah lain yang benar benar bersih. Masukkan putih telur aduk dengan mixer hingga pucat. Tambahkan gula pasir secara perlahan sambil dikocok terus dengan mixer. Namun jangan terlalu lama mengocok agar teksturnya tidak pecah. Kemudian masukkan setengah takaran meringue ke dalam adonan cheesecake. Aduk sampai rata.

Lalu, masukkan sisanya dan aduk kembali. Kemudian keluarkan cetakan muffin yang sudah diisi biskuit tadi. Masukkan adonan cheesecake ini ke atasnya, takarannya kurang lebih sekitar 3/4 dari cup. Panggang selama 25 menit dalam suhu 150-160 derajat atau sampai adonan terlihat matang namun jangan sampai terlalu kering kecokelatan.

5. Sajikan dengan gula karamel di atasnya

Resep Creme Brule Cheesecake ala Luvita Ho, Ide Camilan Manis di RumahCreme brulee cheesecake (instagram.com/_designereats)

Setelah matang, angkat dan biarkan tetap diloyang hingga dingin. Lalu simpan dalam kulkas selama 3 jam. Setelah kokoh teksturnya, lepaskan kertas cupnya. Taburi gula di atasnya dan bakar dengan alat khusus/gas torch hingga menjadi karamel. Diamkan sebentar agar gulanya larut dan berkaramel sempurna. Lalu sajikan.

Setiap step dalam resep di atas butuh kesabaran untuk mempraktikkannya di rumah. Tertarik mencobanya? 

Baca Juga: Resep Chocolate Cheesecake ala Luvita Ho, tanpa Mixer dan Oven!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya