Comscore Tracker

Resep Mudah Mi Nyemek Kuah Pedas, Santapan Nikmat di Musim Hujan

Nikmatnya perpaduan kuah yang gurih dan pedas

Di musim hujan seperti ini memang paling pas untuk menikmati berbagai kuliner berkuah dengan cita rasa pedas dan gurih. Dari sekian banyak kuliner berkuah pedas yang ada di Indonesia, apakah kamu sudah pernah mencoba mi nyemek kuah pedas? 

Mi nyemek adalah salah satu kuliner asli Indonesia yang hampir mirip dengan bakmi. Bedanya, mi nyemek menggunakan kuah yang lebih sedikit dibandingkan bakmi kuah. 

Cara pembuatan mi nyemek kuah pedas termasuk cukup mudah dan sederhana, lho. Saking mudahnya, kamu juga bisa menggunakan mi instan varian goreng untuk membuat mi nyemek kuah pedas.

Buat kamu yang tertarik untuk mencoba mi nyemek kuah pedas, simak resep lengkapnya di bawah ini ya! 

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Mudah Mi Nyemek Kuah Pedas, Santapan Nikmat di Musim Hujanilustrasi mi instan (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai keriting merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 1 butir telur
  • 2 buah sosis
  • 1 bungkus mi instan varian goreng
  • 6 tangkai sawi hijau
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus sambal
  • 400 ml air
  • minyak goreng secukupnya

 

2. Tumis bumbu halus, sosis, dan telur

Resep Mudah Mi Nyemek Kuah Pedas, Santapan Nikmat di Musim Hujanilustrasi menumis bumbu halus (instagram.com/vinavinesia)

Haluskan bumbu berupa bawang putih, cabai keriting merah, dan cabai rawit menggunakan ulekan. Setelah itu, panaskan wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan aroma wangi.

Masukkan sosis yang telah dipotong-potong ke dalam wajan, aduk dan masak selama kurang lebih 2 menit. Kemudian, masukkan telur ke dalam wajan dan orak-orik telur hingga matang. 

Baca Juga: Resep Mie Sagu Kuah Khas Riau, Gurih dan Pedasnya Bikin Kalap!

3. Masukkan air dan mi instan

Resep Mudah Mi Nyemek Kuah Pedas, Santapan Nikmat di Musim Hujanilustrasi membuat mi nyemek (instagram.com/vinavinesia)

Jika tumisan telah siap, masukkan air ke dalam wajan. Aduk-aduk agar bumbu tercampur rata dan biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukkan mi instan bersama bumbu-bumbunya. 

Agar lebih nikmat, tambahkan sesendok kecap manis, kecap asin, dan saus sambal. Kemudian, aduk kembali hingga tercampur rata. 

4. Tambahkan sawi hijau dan cabai rawit

Resep Mudah Mi Nyemek Kuah Pedas, Santapan Nikmat di Musim Hujanilustrasi membuat mi nyemek (instagram.com/vinavinesia)

Biasanya kita menambahkan sayur dan cabai rawit ke dalam mi instan agar lebih sehat dan nikmat. Masukkan sawi hijau dan cabai rawit yang telah dibersihkan dan dipotong-potong ke dalam rebusan mi nyemek.

Gak perlu waktu yang lama untuk menunggu sawi hijau dan mi instannya matang, cukup rebus selama kurang lebih 4 menit. 

5. Mi nyemek kuah pedas siap disajikan

Resep Mudah Mi Nyemek Kuah Pedas, Santapan Nikmat di Musim Hujanilustrasi mi nyemek kuah (instagram.com/lisna_lisnawati71)

Sajikan mi nyemek kuah pedas selagi panas bersama dengan bawang goreng, irisan cabai rawit, irisan timun, dan perasaan jeruk nipis. Dijamin bakal bikin nagih! 

Kamu bisa mengkreasikan mi nyemek kuah pedas dengan stok bahan-bahan lainnya, seperti bakso, daging ayam, crab stick, sawi putih, atau irisan timun sesuai seleramu.

Mi nyemek kuah pedas yang masih panas dan pedas akan lebih nikmat disantap saat hujan bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Mie Setan yang Enak ala Mie Gacoan, Cara Bikinnya Gampang 

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya