Comscore Tracker

Jika Terbangun pada 5 Waktu di Daftar Ini, Bisa Jadi Kamu Sakit Serius

Kemungkinannya besar jika hal ini mendadak terjadi

Bahasa tubuh adalah bahasa yang paling jujur yang ada di dunia. Lewat gerak-gerik seseorang, kamu bisa mengetahui apa yang ingin disampaikannya.

Hal itu berlaku juga untuk kesehatan yang mana kebiasaan sehari-harimu dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan. Salah satu yang paling bisa disinyalir adalah permasalahan bangun tidur.

Terlepas dari jam biologismu yang menentukan apakah kamu seorang early bird atau night owl, ataupun karena kamu salah jam tidur, waktumu terbangun bisa menunjukkan tubuhmu bermasalah.

Healthstay.com menyebutkan jika kamu tiba-tiba terbangun di malam hari, bisa jadi ada isu kesehatan mental dan fisik yang terjadi padamu. Berikut ini adalah daftar jam terbangun yang patut diwaspadai.

1. Jam 9 malam sampai 12 malam

Jika Terbangun pada 5 Waktu di Daftar Ini, Bisa Jadi Kamu Sakit Seriusthesleepdoctor.com

Ini merupakan waktu terbaik untuk tidur malam. Menurut seorang akupunktur bernama Monda Dan dari laman healthstasy.com, jika tubuhmu sehat apa adanya, seharusnya kamu tidak akan kesulitan untuk tertidur di jam ini.

Namun jika kesusahan, bisa jadi tubuhmu memiliki hormon yang tidak seimbang. Tebakan tertinggi adalah produksi kortisol atau hormon stres yang berlebihan. Bermeditasi dan relaksasi bisa menyelesaikan masalah ini.

2. Jam 11 malam sampai 1 pagi

Jika Terbangun pada 5 Waktu di Daftar Ini, Bisa Jadi Kamu Sakit Seriusstylist.co.uk

Dr. Lyndsay Wareham dari Kanada membagi pengamatannya terhadap masalah tidur ini. Jika kamu belum tidur pada jam ini, efeknya adalah kamu bisa memiliki kepercayaan diri yang rendah serta kemampuan pertimbangan yang jelek.

Sedangkan jika kamu terbangun pada jam ini, kamu bisa jadi memiliki isu kepercayaan diri. Dari segi kesehatan, ini bisa terjadi jika kantong empedumu bermasalah. Kemungkinan terbesar adalah ada makanan berat yang masuk ke tubuh sehingga tubuh perlu mencerna terlebih dahulu.

Baca Juga: Sering Terbangun Saat Tidur di Malam Hari? Ini 6 Penyebabnya!

3. Jam 1 pagi sampai 3 pagi

Jika Terbangun pada 5 Waktu di Daftar Ini, Bisa Jadi Kamu Sakit Seriusfastcompany.com

Apakah kamu memiliki masalah berat di sepanjang harimu? Bisa jadi itu menjadi penyebab utama kamu terbangun pada jam ini.

Pikiran yang tertekan dan terbebani sedikit banyak akan menyebabkan masalah kesehatan, seperti jerawat. Salah satu artikel Time menyebutkan hal tersebut. Untuk menenangkan diri, disarankan untuk meminum segelas air dingin.

4. Jam 3 pagi sampai 5 pagi

Jika Terbangun pada 5 Waktu di Daftar Ini, Bisa Jadi Kamu Sakit Seriusshutterstock.com

Bagi mereka yang terbiasa bangun jam segini, ini bukanlah masalah. Berarti itu sebagai bentuk kebiasaan, atau memang ada yang harus dilakukan secara rutin pada jam tersebut. Tetapi jika mendadak terjadi, kamu harus mewaspadainya.

Healthstasy.com menyebutkan jika itu bisa menjadi indikasi adanya permasalahan dengan paru-parumu. Racun dalam tubuh yang terakumulasi akibat paru-paru yang tidak maksimal membersihkan udara membuatmu terbangun.

5. Jam 5 pagi sampai 7 pagi

Jika Terbangun pada 5 Waktu di Daftar Ini, Bisa Jadi Kamu Sakit Seriusrd.com

Waktu umum bagi orang Indonesia untuk terbangun pada jam ini. Namun di sisi lain, ini bisa menjadi permasalahan yang berhubungan dengan usus besarmu.

Dalam artikel mywellbeingcompass.com, dikatakan jam tersebut merupakan bagi tubuhmu untuk membersihkan usus besar. Itu menyebabkan adanya pergerakan di sistem pencernaan cukup besar yang menyebabkanmu terbangun.

Waktu normal bagi seseorang untuk terbangun adalah pada jam enam hingga setengah tujuh pagi. Santai. Walaupun kamu tidak terbangun pada jam tersebut, itu tidak mengindikasikan kamu ada masalah kesehatan.

Tapi perhatikan baik-baik jika hal ini terjadi secara mendadak. Segeralah ke dokter jika hal itu terjadi untuk memeriksa kondisi kesehatanmu.

Baca Juga: Gak Baik, Ini 5 Penyebab Membuatmu Sering Terbangun di Malam Hari! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya