Comscore Tracker

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!

Setelah bersin rasanya puas banget

"HUACYIIM!!"

Begitulah kira-kira suara setiap orang yang mengalami bersin. Pada dasarnya, rasa bersin akan muncul ketika hidung kemasukan debu atau ketika sedang sakit, terutama sakit pilek. Uniknya, setelah bersin perasaan puas pasti muncul karena sudah tidak ada lagi rasa gatal di hidung.

Meski demikian, tidak selamanya bersin dapat dilalui dengan sukses. Banyak sekali orang di dunia ini yang ketika ingin bersin malah tidak jadi, dan rasanya sangat memuakkan. Bagi sebagian orang, fenomena tidak jadi bersin mendatangkan rasa frustrasi karena mereka benar-benar membuat jengkel.

Usut punya usut, rupanya tingkat keberhasilan bersin juga didasari oleh genetis loh. Sekitar seperempat populasi manusia di dunia ini mewarisi kemampuan untuk bersin secara refleks. Beruntung sekali mereka yang tidak perlu merasakan yang namanya gak jadi bersin.

Tapi tenang, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan kalau kamu adalah salah satu orang yang sering mengalami tidak jadi bersin. Berikut beberapa trik yang bisa memicu bersin, mudah dan efektif!

1. Mencium lada atau bumbu sejenisnya

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!bustle.com

Melansir Healthline, kamu akan jadi lebih mudah bersin ketika tidak sengaja atau dengan sengaja mengendus lada. Pasalnya, lada hitam, putih, dan hijau mengandung piperine yang bisa mengiritasi hidung. Setelah menciumnya maka kamu akan merangsang bersin dengan memicu ujung saraf di dalam selaput lendir hidung.

Namun, khusus cara yang satu ini harus kamu lakukan dengan sangat berhati-hati. Kalau sampai terlalu banyak menghirup lada, akan timbul rasa sakit seperti terbakar di hidung.

Tapi percayalah bahwa cara ini sangat efektif. Sebenarnya ada bumbu lain yang juga bisa memicu bersin, seperti ketika sedang di dekat tukang nasi goreng, bumbunya benar-benar bikin hidung gatal!

2. Menempelkan tisu di hidung

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!medicalnewstoday.com

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan karena hanya bermodalkan selembar tisu saja. Untuk melakukan trik ini, gulung tisu hingga berbentuk runcing. Secara perlahan, masukkan ujung runcing dari tisu yang telah digulung ke dalam lubang hidung dan goyangkan sedikit, demikian dilaporkan oleh Bustle.

Dengan menempelkan tisu di hidung, kamu akan merasakan sensasi menggelitik. Cara ini merangsang saraf trigeminal yang mengirimkan pesan ke otak kamu untuk memicu bersin. Berhati-hatilah dengan teknik ini dan pastikan kamu tidak memasukkan tisu terlalu jauh ke dalam lubang hidung.

3. Melihat langsung ke arah cahaya

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!amazonaws.com

Beberapa orang akan bersin tanpa henti ketika secara tiba-tiba terkena cahaya terang, terutama sinar matahari yang kuat.

Meskipun tidak semua orang memiliki reaksi yang kuat, satu dari tiga orang akan bersin setelah terkena sinar matahari atau cahaya terang jika mereka baru saja mengalami fenomena tidak jadi bersin.

Metode ini juga membuat kamu mengalami sensasi seperti ditusuk-tusuk. Kamu dapat mencoba memejamkan mata sebelum memaparkan diri pada cahaya terang. Berhati-hatilah untuk tidak melihat matahari secara langsung, nanti yang ada mata kamu jadi bermasalah.

Baca Juga: 8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orang

4. Makan cokelat

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!Freepik/pressfoto

Makan cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi dapat membantu kamu untuk bersin. Metode ini biasanya bekerja untuk bersin yang tidak disebabkan oleh alergi. Beruntunglah jika kamu jarang makan cokelat, karena teknik ini lebih bekerja untuk orang-orang yang tidak terlalu sering makan cokelat.

Akan tetapi, tidak diketahui apa yang menyebabkan kenapa seseorang bisa bersin karena makan cokelat. Belum ada penelitian yang bisa menjelaskan secara persis mengapa itu efektif. Dugaan sementara mengatakan beberapa partikel kakao masuk ke hidung ketika makan cokelat sehingga menjadi pemicu bersin.

5. Mencari suasana yang dingin

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!fitforwork.org

Sadarkah kamu kalau kita akan lebih banyak bersin saat sedang kedinginan? Bukan tanpa sebab, saraf trigeminal memang bisa terangsang oleh udara dingin yang terasa di wajah dan daerah tengkorak sekitarnya. Kemudian, lapisan saluran hidung juga terpengaruh saat kamu menghirup udara yang lebih dingin.

Ketika kamu merasa dingin dan menggigil maka itu cukup untuk mengiritasi saraf dan menyebabkan bersin. Jadi, cobalah menyalakan AC, mendekatkan diri di freezer, atau pergi ke luar rumah ketika cuaca sedang dingin untuk memicu bersin yang sempat tertunda tadi.

6. Menarik bulu hidung

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!tenor.com

Menarik bulu hidung pasti menyakitkan, namun ini efektif untuk memicu bersin. Saraf trigeminal akan terangsang ketika kamu menarik bulu hidung sehingga membuat kamu bersin. Bagaimana tidak, lapisan hidung adalah area yang sangat sensitif.

Untuk itu cobalah melakukannya dengan pinset atau memakai tangan saja. Kamu tidak perlu mencabut bulu hidung supaya bisa bersin kok, tenang saja.

7. Gosok pangkal hidung

7 Cara Agar Bisa Bersin dengan Lancar yang Harus Kamu Tahu!Shutterstock/Billion Photos

Menggosok pangkal hidung juga dapat membantu merangsang saraf trigeminal. Gunakan jari-jari kamu (biasanya pakai telunjuk) untuk menggosok pangkal hidung dengan gerakan ke samping dan bawah hingga kamu merasakan sensasi menggelitik di hidung.

Menggosok hidung juga dapat membantu mendorong cairan dari hidung. Gosoklah hidung kamu dengan kuat supaya bisa lebih cepat memicu bersin, tetapi pastikan untuk tidak menekannya terlalu keras. Nanti malah hidung kamu terluka.

Itulah beberapa cara agar bisa bersin dengan lancar. Ngeselin sih, tapi tetap ada solusinya!

Baca Juga: Menahan Bersin Ternyata Sangat Berbahaya, Ini 7 Penjelasan Ilmiahnya 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya