Comscore Tracker

5 Khasiat Cabai Cayenne, Salah Satu yang Terpedas di Dunia!  

Bisa mengurangi risiko kanker

Cabai adalah bumbu masak andalan yang sering ditemukan di dapur. Bisa dibuat sambal atau dicampurkan ke dalam makanan. Selain bisa diolah menjadi aneka rupa masakan, ada varietas cabai yang mendatangkan manfaat kesehatan bila dikonsumsi. Salah satunya adalah cabai cayenne.

Sebagai salah satu cabai terpedas di dunia, cayenne nyatanya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang sayang sekali untuk dilewatkan, khususnya buat kamu penggemar makanan pedas. Apa saja manfaat cabai cayenne? Berikut ini daftarnya!

1. Dapat menunda rasa lapar

5 Khasiat Cabai Cayenne, Salah Satu yang Terpedas di Dunia!  ilustrasi lapar (pixabay.com/derneuemann)

Salah satu khasiat cabai cayenne yakni dapat mengurangi rasa lapar, yang artinya bisa membuat kita lebih bisa mengontrol makan karena efek kenyang yang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebihan.

Menurut penelitian dalam The British Journal of Nutrition tahun 1999, senyawa kapsaisin atau capsaicin dalam cabai cayenne adalah yang bisa membantu mengurangi dan menunda rasa lapar.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity tahun 2005 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kapsaisin makan lebih sedikit sepanjang hari daripada mereka yang tidak. Secara khusus, mereka yang mengonsumsi suplemen kapsaisin makan 10 persen lebih sedikit, sementara mereka yang minum minuman yang mengandung kapsaisin makan 16 persen lebih sedikit.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

5 Khasiat Cabai Cayenne, Salah Satu yang Terpedas di Dunia!  ilustrasi metabolisme (elitethrive.com)

Tidak hanya menunda lapar, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One tahun 2013 menunjukkan bahwa kapsaisin dalam cabai ini juga memiliki sifat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Zat ini membantu meningkatkan jumlah panas yang dihasilkan pada tubuh, dengan kata lain ini membuat tubuh membakar lebih banyak kalori per hari.

Dalam studi lainnya dalam jurnal Physiology & Behavior tahun 2011 menemukan bahwa orang yang makan 1 gram cabai cayenne bisa membakar 10 kalori lebih banyak selama 4,5 jam, dibandingkan dengan orang yang tidak memakan cabai tersebut.

Baca Juga: Kenapa Makan Pedas Bikin Kita Cegukan? Ini 7 Penjelasan Medisnya

3. Mengurangi risiko beberapa jenis kanker

5 Khasiat Cabai Cayenne, Salah Satu yang Terpedas di Dunia!  ilustrasi kanker (fda.gov)

Sebagaimana telah diketahui, kanker merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Merujuk pada laporan dalam jurnal Cancer Research tahun 2011, kapsaisin ditemukan cukup menjanjikan dalam mengurangi risiko kanker. Dikatakan bahwa senyawa ini dapat menahan laju proses pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Penelitian lainnya dalam jurnal Anticancer Research tahun 2016 telah menunjukkan bahwa kapsaisin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan menyebabkan kematian sel untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat, pankreas, dan kulit.

4. Dapat meredakan gejala psoriasis

5 Khasiat Cabai Cayenne, Salah Satu yang Terpedas di Dunia!  ilustrasi cabai cayenne (pixabay.com/Jill Wellington)

Psoriasis jenis penyakit autoimun dengan gejala seperti bercak kulit merah, gatal, dan bersisik. Saat ini, belum ada obat khusus untuk psoriasis. Namun, berdasarkan studi dalam Journal of the American Academy of Dermatology tahun 1986, krim yang mengandung kapsaisin yang diekstrak dari cabai cayenne dapat membantu meredakan gatal dan memperbaiki tampilan kulit yang terkena psoriasis.

Secara signifikan krim tersebut bisa mengurangi sisik pada kulit, kemerahan, dan memperbaiki kulit dibandingkan pasien yang menerima krim lainnya.

5. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

5 Khasiat Cabai Cayenne, Salah Satu yang Terpedas di Dunia!  ilustrasi lambung (std-gov.org)

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine tahun 2016, secara umum cabai cayenne ini baik untuk kesehatan pencernaan. Cabai ini dapat membantu meningkatkan pertahanan perut terhadap infeksi, meningkatkan produksi cairan pada pencernaan, dan membantu produksi enzim di beberapa organ pencernaan, hingga membantu kelancaran pencernaan makanan atau minuman.

Hebat, ya, manfaat kesehatan yang ditawarkan cabai cayenne? Meski begitu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena makan makanan yang pedas-pedas terlalu banyak malah bisa jadi bumerang. Jadi, konsumsi sewajarnya saja, ya.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan Makan Makanan Pedas, Kontrol dirimu

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya