Comscore Tracker

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Ini

#RamadanMasaKini Sering kejadian nih !

Sakit tenggorokan saat berpuasa memang sering dialami oleh banyak orang, hal ini dikarenakan saat berpuasa tubuh mengalami kekurangan asupan cairan. Nah, jangan sampai sakit tenggorokan mengganggu ibadah puasamu. Atasi dengan tips berikut ini !

1. Perbanyak minum air putih

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Inipixabay.com

Saat berpuasa kita kehilangan banyak cairan tubuh, sehingga saat berbuka puasa dan sahur kita memerlukan banyak air agar dapat mencukupi kadar air dalam tubuh. Dengan mengonsumsi banyak air putih akan membuat tenggorokan menjadi basah sehingga tidak kering selama seharian berpuasa.

2. Penuhi kebutuhan vitamin C

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Inipexels.com/ PhotoMIX Ltd.

Perbanyaklah mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C. Karena vitamin C mampu mengatasi rasa sakit pada tenggorokan dan vitamin C juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, strawberry, kiwi, jambu biji merah.

3. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Iniinstagram.com/rama_hidayat

Inilah faktor utama penyebab sakit tenggorokan saat puasa yaitu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak misalnya seperti gorengan. Sebenarnya tidak masalah makan makanan yang mengandung minyak hanya saja porsinya jangan terlalu berlebihan.

4. Berkumur dengan air garam

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Inihellosehat.com

Saat tenggorokan mulai terasa sakit berkumurlah dengan air garam karena garam memiliki sifat anti peradangan sehingga air garam efektif mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampur satu teh garam dengan satu gelas air hangat. Lakukanlah saat berbuka setelah minum air dan juga saat sahur.

5. Hindari minuman yang mengandung pewarna buatan, pemanis, dan soda

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Inipexels.com/Artem Bali

Sangat disarankan selama berpuasa untuk tidak berlebihan mengonsumsi minuman yang banyak mengandung pewarna, pemanis buatan dan soda karena akan membuat tenggorokan terasa sakit.

6. Konsumsi sup

Biar Gak Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Lakukan 6 Tips Manjur Inipexels.com/ Cook Eat

Ketika tenggorokan sudah terasa sakit saat berpuasa maka menu yang disarankan untuk berbuka dan sahur adalah sup. Karena saat tenggorokan sakit kita akan mengalami kesulitan untuk menelan, maka mengonsumsi sup akan memudahkan kita untuk makan.

Apakah kebiasaan di atas masih sering kamu lakukan?

Anisa Lestari Photo Community Writer Anisa Lestari

Teruslah belajar dan berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You