Comscore Tracker

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadan

#RamadanMasaKini Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah ibadah!

Alhamdulillah, bulan suci yang dirindu-rindukan oleh umat Muslim akhirnya datang kembali. Waktunya kamu yang Muslim untuk fokus beribadah dan melatih kesabaran. Namun ada suatu fenomena yang idientik dengan bulan Ramadan nih, yaitu kenaikan berat badan. Ketika Lebaran tiba, kamu mungkin juga mengalami lebar-an (lebih lebar). Banyak alasan untuk hal ini, karena pola makan yang berubah, makan berlebihan di malam hari demi menimbun energi sampai sulit berolahraga.

Meski begitu bukan berarti kamu gak bisa menurunkan berat badan sambil menjalankan ibadah puasa Ramadan. Berikut ini IDN Times kumpulkan 9 hal mudah yang bisa kamu lakukan agar bisa turun berat badan sampai 10kg dan tetap bugar selama Ramadan.

1. Sirup memang segar, tapi ayo perbanyak konsumsi air putih daripada minuman manis

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.pexels.com

Apalagi dengan gencarnya iklan sirup dan minuman manis di media, wajar kalau kamu kerap ngidam minuman berkadar gula tinggi. Boleh kok, tapi batasi saja deh hanya satu gelas perhari. Sisanya konsumsi air putih, percayalah dahagamu akan lebih tuntas dengan minum air putih. Asupan air dalam tubuhmu harus memadai untuk menghadapi waktu puasa. Terlebih lagi tubuh yang terhidrasi dapat mengontrol rasa lapar dengan lebih baik.

Caranya mudah saja. Minum 8 gelas sehari dengan pembagian: 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari antara Isya sampai sebelum sahur (1 gelas saja per 1 jam), dan 2 gelas air saat sahur.

2. Jangan balas dendam ya saat iftar! Berbukalah secukupnya dengan ringan dan seimbang

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.english.alarabiya.net

Meski terkesan mustahil, tapi kalau bertekad kuat kamu pasti bisa. Ikuti teladan Rasulullah Muhammad S.A.W yang berbuka secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Saat puasa, metabolisme tubuhmu melamban sehingga iftar bukanlah kompensasi makanan yang tidak bisa kamu makan selama belasan jam! Saat berbuka pun kamu tetap harus melatih kesabaran dengan makan sesuai aturan.

Gak sulit kok. Berbukalah dengan 1 biji kurma dan 2 gelas air putih. Kurma mengandung gula alami yang dibutuhkan tubuhmu dan dapat diserap dengan cepat. Selain itu kamu bisa menyantap seporsi kecil sup seperti sup sayuran (pokoknya jangan yang berlemak), salad sayur atau buah-buahan segar tanpa dressing berlemak dan berminyak. Setelah itu...

3. Ayo shalat Magrib dulu baru makan malam!

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.pluralism.org

Banyak yang melakukan kesalahan dengan langsung makan berat begitu adzan Magrib berkumandang. Padahal harusnya berbuka secara sederhana seperti point nomor 2 lalu ambil air wudhu dan shalat yang khusyuk. Alasan kalau "nanti gak konsen saat shalat karena lapar" hanyalah alasan!

Justru kalau kamu makan sampai kenyang kamu malah bisa ngantuk dan malas-malasan saat sembahyang. Ingat, saat puasa metabolisme tubuh melamban, jadi selain mengutamakan kewajiban sebagai Muslim, mengutamakan shalat juga memberi waktu bagi pencernaan untuk beradaptasi.

4. Hindari makanan berminyak, digoreng dan penuh lemak jenuh untuk menu makan malam

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.healthyrecipesfor.com

Siapa sih yang gak ingin makan enak setelah seharian berpuasa menahan lapar? Tapi makanan enak gak harus dalam bentuk paha ayam goreng di atas segunung nasi putih. Cobalah menu-menu sehat seperti dada ayam panggang, dan sayur rebus macam lalapan, sup atau sayur bening. Jangan lupa kurangi asupan gulanya ya!

Hindari juga karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, canai atau naan. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, buah-buahan segar tanpa gula atau roti gandum.

Baca juga: Apakah Donor Darah Diperbolehkan Saat Puasa?

5. Jangan sepelekan! Mengunyah makananmu secara perlahan dan hati-hati sangat membantu lho!

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.vibrantskinhealth.com

Masih ingat 'kan kalau perubahan pola dan waktu makan ini memengaruhi metabolisme serta pencernaan kita? Jadi, saat buka puasa dan makan malam justru jangan makan secepat-cepatnya mengikuti nafsu. Sebaliknya kamu harus mengendalikan diri, kunyah tiap suapan sebanyak 20 sampai 30 kali sebelum menelannya.

Ini untuk membantu pencernaanmu dan juga menghindari risiko gangguan pencernaan. Gak asik kan kalau ibadah terganggu karena sakit perut? Mengunyah dengan benar juga membantu menurunkan berat badan lho.

6. "Gak bisa olahraga saat Ramadan" hanyalah alasan! Kamu harus tetap aktif bergerak saat bulan puasa

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.nike.com

Puasa gak boleh jadi dalih untuk tidur-tiduran sepanjang hari dengan alasan menghemat tenaga. Kamu harus tetap menjalankan kegiatan sehari-hari dengan ikhlas, bekerja dengan semangat dan mencari waktu untuk berolahraga. Memang kamu sebaiknya menghindari kegiatan yang menguras fisik di bawah terik matahari, namun bukan berarti kamu sama sekali gak bisa berolahraga.

Sebelum waktu iftar kamu bisa berjalan cepat atau jogging selama kurang lebih 30 menit. Setelah makan malam, kamu bisa jalan kaki menuju Masjid untuk shalat tarawih. Setelah pulang tarawih kamu juga bisa olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit. Misalnya dengan serangkaian burpee, sit-up, squat dan lunge. Hal ini hanya terasa sulit pada 3 sampai 4 hari pertama saja, setelah itu kamu akan merasakan manfaatnya!

7. Sahur itu penting, jangan sampai kamu lewatkan ya!

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.islamidia.com

Kunci untuk menurunkan berat badan saat Ramadan bukanlah makan sesedikit mungkin. Melewatkan waktu sahur bukannya akan membantumu bugar atau mendapatkan badan ideal. Kamu malah bisa jadi makin lapar dan makin balas dendam di waktu berbuka, metabolisme tubuh pun semakin melamban. Gula darah menukik drastis dan kamu semakin merasa lemas.

8. Agar sahurmu lebih optimal coba diet protein tinggi dan kurangi asupan garam

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.cookinglight.com

Kalau kamu memang benar-benar berniat menurunkan berat badan, coba deh hanya konsumsi putih telur rebus selama sahur. Hindari makanan-makanan berminyak dan digoreng. Alternatif lainnya bisa dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan sertakan sumber protein sehat seperti keju dan telur. Kombinasi ini dapat menjaga kadar gula darahmu tetap stabil sehingga gak mudah kelaparan saat puasa.

Oh iya, kala sahur kurangi makanan asin atau tinggi kandungan garam ya, karena bisa membuatmu makin haus saat berpuasa. Yogurt atau lassi juga bisa tuh untuk mengurangi rasa haus plus menjaga kesehatan pencernaan.

9. Tidak boleh lupa, bulan Ramadan adalah waktunya bersedekah dan mengasihi sesama

9 Cara Mudah Turunkan Berat hingga 10kg Selama Ramadanwww.regional.liputan6.com

Daripada fokus sama diri kamu sendiri, mau buka pakai apa dan sahur pakai apa, kamu juga perlu memikirkan tentang orang-orang lain yang gak seberuntung kamu. Sisihkan sedikit waktu dan harta untuk berbagi dengan mereka, jangan hanya ingin menimbun rasa kenyang bagi diri sendiri saja. Ikut sertalah dalam kegiatan amal dan berbagilah dengan orang-orang yang membutuhkan jika kamu mampu.

Itulah tadi 9 cara agar bisa turun berat badan sambil menimba pahala di bulan Ramadan. Jika kamu menjalani gaya hidup sehat seperti di atas dengan tekun, kamu bisa mengurangi 1 sampai 3kg berat per minggunya. Akhirnya saat idul fitri kamu sudah berkurang 10kg deh!

Baca juga: 6 Hal Ini Kalau Gak Kamu Hindari Saat Puasa, Bisa Jerawatan Lho!

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !