Comscore Tracker

Lakukan Setiap Hari, 5 Manfaat Hebat Menghirup Udara Segar bagi Tubuh

Ampuh mengusir stres juga, lho

Kebanyakan orang dewasa menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berada di dalam ruangan, misalnya saat bekerja di kantor maupun di rumah. Akhirnya, banyak yang tak sempat menikmati udara segar.

Padahal, penting, lho, bagi kita untuk menghirup udara segar setiap harinya walau hanya sebentar. Rehat sejenak dan menikmati udara segar tak cuma menyegarkan tubuh dan pikiran setelah terlalu lama berada di dalam ruangan, tapi juga memberikan manfaat lainnya. Apa sajakah itu? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

1. Memberi energi

Lakukan Setiap Hari, 5 Manfaat Hebat Menghirup Udara Segar bagi Tubuhpexels.com/Kelvin Valerio

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Environmental Psychology tahun 2010, berada di luar ruangan yang dikelilingi oleh alam dan udara segar dapat, meningkatkan energi hingga 90 persen.

Richard Ian, pemimpin studi tersebut yang merupakan seorang profesor psikologi dari Universitas Rochester, New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa alam adalah bahan bakar untuk jiwa dan cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi adalah dengan terhubung dengan alam.

Kamu tidak perlu berada di luar ruangan selama berjam-jam untuk mendapatkan manfaatnya. Hanya 20 menit sehari saja sudah cukup untuk meningkatkan vitalitas. Selain itu, beristirahat sejenak di luar ruangan juga dapat membuat kamu merasa segar dan lebih berenergi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

2. Membantu kamu lebih relaks

Lakukan Setiap Hari, 5 Manfaat Hebat Menghirup Udara Segar bagi Tubuhpexels.com/VisionPic .net

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Biological Regulators & Homeostatic Agents tahun 2008 menemukan bahwa peserta yang menghabiskan waktu berjalan-jalan di hutan menunjukkan lebih banyak tanda-tanda fisik relaksasi, seperti tekanan darah dan kadar hormon kortisol yang lebih rendah, dibandingkan saat mereka berada di kota.

Kabar baiknya, kamu tidak harus jalan-jalan di hutan untuk bisa merasakan manfaat relaksasi ini. Kamu bisa pergi ke halaman rumah, atau bisa juga melakukannya di balkon, taman di kantor, atau di mana pun kamu bisa menemukan udara segar.

Baca Juga: Rasakan 7 Manfaat Kesehatan Beraktivitas di Udara Terbuka yang Bersih

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lakukan Setiap Hari, 5 Manfaat Hebat Menghirup Udara Segar bagi Tubuhunsplash.com/Matthew LeJune

Terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dapat meningkatkan risiko terpapar banyak kuman, baik dari benda-benda di sekitarmu maupun orang yang berinteraksi denganmu. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu perlu melakukan aktivitas fisik di luar ruangan sesekali.

Melansir Health, ini mampu menyebabkan peningkatan sel pembunuh alami, neutrofil dan monosit, yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi imunitas tubuh.

4. Mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan

Lakukan Setiap Hari, 5 Manfaat Hebat Menghirup Udara Segar bagi Tubuhunsplash.com/Priscilla Du Preez

Melansir Huffington Post, mencium aroma bunga di alam bisa mendorong relaksasi. Misalnya, lavendel dan melati dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati, sedangkan aroma pohon pinus mengurangi stres.
 
Bahkan, berjalan-jalan di taman atau halaman belakang rumah sudah dapat membantu kamu merasa lebih tenang dan bahagia saat mencium aroma berbagai tanaman yang ada di sana atau bau rumput yang baru dipotong.
 
Tak hanya aroma bunga-bunga di alam. Aroma hujan juga bisa meningkatkan relaksasi. Melansir laman Smithsonian, mencium aroma hujan mengingatkan kita pada warna hijau yang terkait dengan tumbuhan dan hewan di alam, hal ini pula yang menjelaskan mengapa semua orang menyukai aroma tersebut.

5. Menghindari efek polusi

Lakukan Setiap Hari, 5 Manfaat Hebat Menghirup Udara Segar bagi Tubuhunsplash.com/Olia Nadya

Seperti yang pernah kita pelajari di sekolah, pohon melakukan fotosintesis untuk mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas. Dalam satu tahun, keberadaan pohon mampu menyelamatkan 850 nyawa dan mencegah 670 ribu kasus gejala pernapasan akut, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Pollution.

Pohon juga menghilangkan polusi udara, membuat udara lebih sehat untuk kita hirup ke paru-paru. Udara segar yang diciptakan oleh pepohonan sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, yang udaranya lebih tercemar.

Polusi udara sendiri dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan; efek terbakar pada mata, hidung, dan tenggorokan. Udara yang tercemar juga membuat penderita asma lebih sulit bernapas. Nah, menghirup udara segar yang dihasilkan tanaman atau pepohonan dapat menurunkan kemungkinan kontak dengan polutan udara.

Ternyata kegiatan sesederhana menghirup udara segar sangat penting bagi kesehatan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyempatkan diri keluar rumah dan menikmati udara segar di sekitarmu untuk mendapatkan semua manfaat di atas.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya