Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Perawatan Kulit dan Atasi Masalah Jerawat!

Buah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk kulit, lho

Sirsak merupakan jenis tanaman tropis. Buah ini memiliki rasa manis dan sedikit asam. Bentuknya pun mirip dengan organ jantung manusia, berwarna hijau mengkilap, memiliki duri. Dagingnya lembut, berwarna putih serta memiliki biji.

Tahukah kamu? Ternyata, buah sirsak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, lho! Salah satunya dapat mengatasi munculnya masalah jerawat pada wajah. Gak percaya? Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Buah sirsak mengandung senyawa antioksidan dan saponin yang dapat mencegah kulit kering 

5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Perawatan Kulit dan Atasi Masalah Jerawat!ilustrasi kulit sehat dan kencang (pexels.com/Min An)

Bagi kamu yang sering mengalami masalah kulit kering, kamu bisa mulai rajin mengonsumsi buah sirsak. Buah sirsak mengandung senyawa antioksidan dan saponin yang sangat baik dalam menjaga kulit tetap lembab. Selain itu, daging buah sirsak juga mengandung vitamin C tinggi yang berperan menjaga kulit tetap sehat dan kencang.

2. Selain dapat mengatasi kulit kering, buah sirsak juga dapat mengatasi munculnya pertumbuhan jerawat di wajah

5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Perawatan Kulit dan Atasi Masalah Jerawat!ilustrasi kulit sehat dan bebas jerawat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengonsumsi buah sirsak ternyata dapat mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini disebabkan adanya zat anti bakteri dan anti jamur yang terkandung di dalam buah sirsak.

Selain itu, kandungan vitamin C juga membantu meregenerasi sel kulit dengan cepat. Sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan mikroba di kulit wajah.

3. Dapat mengobati gangguan pada kulit seperti ruam, alergi dan gatal-gatal 

5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Perawatan Kulit dan Atasi Masalah Jerawat!ilustrasi mengalami alergi (pexels.com/Cottonbro)

Kulit yang mengalami gangguan alergi, gatal-gatal, ruam dan bintik-bintik kemerahan, merupakan permasalahan kulit yang dialami oleh banyak orang. Gangguan ini, dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi penderitanya.

Memanfaatkan buah-buahan yang mengandung vitamin C, antioksidan dan zat anti inflamasi sebagai obat merupakan salah satu cara ampuh untuk menanganinya. Nyatanya, semua kandungan tersebut ada pada buah sirsak, lho. Kamu bisa menggunakan buah sirsak ini sebagai obat herbal untuk meredakan alergi, bintik-bintik kemerahan dan ruam pada kulit.

Baca Juga: 5 Tips Memilih dan Menyimpan Buah Sirsak yang Benar

4. Takut dengan kulit kusam dan munculnya kerutan? Buah sirsak ini dapat mengatasinya!

5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Perawatan Kulit dan Atasi Masalah Jerawat!ilustrasi kulit sehat dan bebas kerutan (pexels.com/Min An)

Manfaat lain yang diperoleh dari buah sirsak adalah dapat mencegah penuaan dini. Selain dapat menjaga kelembaban kulit, ternyata senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah sirsak ini, dapat membantu mencegah munculnya kerutan, garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Untuk mendapatkan nutrisinya, kamu bisa rutin mengonsumsi buahnya atau bisa juga dijadikan masker wajah. Untuk membuat masker wajah, caranya cukup potong beberapa bagian buah sirsak dan aplikasikan ke area wajah. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Bagaimana, gampang bukan?

5. Buah sirsak juga dapat membuat kulit sehat dan tampak lebih cerah

5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Perawatan Kulit dan Atasi Masalah Jerawat!ilustrasi kulit sehat dan cerah (pexels.com/Ali Pazani)

Kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, tanpa perlu menggunakan produk perawatan yang mahal kok! Cukup dengan menggunakan masker wajah dari buah sirsak ini secara rutin.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah sirsak mengandung vitamin C dan asam askorbat. Kedua zat ini berperan dalam merawat area hiperpigmentasi agar kulit lebih sehat dan cerah.

Dari semua penjelasan diatas, ternyata manfaat yang didapatkan dari buah sirsak ini tidak main-main, lho! Banyak orang yang memanfaatkan buah ini sebagai skincare dan sebagai obat-obatan herbal. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba buah ini sebagai nutrisi untuk merawat kulit kesayanganmu?

 

 

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Sirsak yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing." || Instagram: @ffz_23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya