Comscore Tracker

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!

Juga dapat menormalkan siklus haid yang tak teratur

Umumnya, pil KB memang hanya dikonsumsi oleh wanita yang kebetulan ingin menunda kehamilannya. Pengonsumsian pil KB terutama sekali dilakukan agar jarak antar anak yang dilahirkan, tidak terlampau dekat.

Namun, tahukah kamu kalau manfaat pil KB tidak hanya sekadar untuk mencegah kehamilan saja? Kamu yang masih lajang pun bisa memanfaatkannya untuk kepentingan kesehatan. Berikut enam manfaat pil KB yang selama ini jarang diketahui.

1. Menormalkan siklus haid yang tak teratur

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!her.ie

Siklus menstruasi yang tak teratur bukanlah hal yang baru lagi dialami oleh wanita. Ada yang haid yang dialaminya berlangsung lebih dari waktu normal, serta ada yang hanya mengalami haid setelah beberapa bulan. Pengonsumsian pil KB yang mengandung hormon tambahan secara rutin, dapat membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur dibandingkan sebelumnya.

2. Meminimalisir rasa sakit saat haid

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!hindustantimes.com

Pernah mengalami keram perut yang begitu hebat saat haid? Bahkan beberapa wanita tak bisa melanjutkan kegiatan hariannya, karena sakit saat haid yang begitu luar biasa. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi pil KB. Pil KB akan mencegah terjadinya ovulasi, sehingga rahimmu tak akan mengalami kontraksi yang menyakitkan karena keram saat ovulasi itu terjadi.  

3. Membasmi jerawat

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!hellomagazine.com

Jerawat memang menjadi musuh bagi setiap wanita. Kalau kamu kebetulan sedang berupaya membasmi jerawat, coba saja menggunakan pil KB untuk menghilangkannya. Jerawat muncul karena tak seimbangnya hormon dalam tubuhmu. Kondisi ini terutama sekali dialami oleh remaja yang sedang mengalami pubertas. Lewat hormon estrogen dan progesteron yang dikandungnya, pil KB akan meminimalisir fluktuasi hormon, khususnya hormon penyebab jerawat.  

Baca Juga: 7 Mitos Pil KB yang Bikin Wanita Khawatir, Ini Fakta dan Penjelasannya

4. Mengurangi risiko kanker rahim

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!rd.com

Percaya atau tidak, pengonsumsian pil KB secara rutin membuat risiko wanita terkena kanker rahim menurun hingga 50%. Efek ini bisa bertahan hingga 20 tahun lamanya setelah kamu berhenti mengonsumsi pil KB. Bahkan pil KB juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker ovarium pada wanita yang mengonsumsinya.

5. Mengurangi risiko tumbuhnya kista ovarium

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!medicalnewstoday.com

Selain menurunkan risiko kamu terpapar kanker rahim dan ovarium, pil KB juga menurunkan risiko tumbuhnya kista dalam indung telurmu. Kista dalam rahim terbentuk di ovarium saat terjadinya ovulasi. Pengonsumsian pil KB akan mencegah terjadinya ovulasi, masa di mana kista ovarium terbentuk.

6. Menunda datangnya haid

6 Manfaat Mengonsumsi Pil KB, Bukan Cuma Dapat Menunda Kehamilan Lho!pose.vn

Ada saat di mana kamu ingin tampil prima dalam suatu kegiatan, tanpa dihantui rasa sakit haid yang jadwalnya bertepatan dengan kegiatan tersebut. Untuk mewujudkan keinginanmu ini, kamu bisa memilih untuk melewatkan masa haid, dengan mengonsumsi pil KB tipe monophasic. Kadar hormon estrogen dan progesteron dalam pil ini seimbang, sehingga kamu pun tak akan mengalami efek samping karena terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Itulah enam khasiat pil KB yang selama ini jarang dimanfaatkan oleh banyak orang. Sejauh ini, pengonsumsian pil KB oleh wanita lajang sekali pun, tidak memiliki efek negatif yang ditimbulkan. Namun, tentu saja sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, terutama untuk menentukan pil KB tipe mana yang cocok untukmu. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Lewat Meditasi, Kamu Bisa Mendapatkan 7 Manfaat Kesehatan Nyata Ini

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You