Comscore Tracker

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Ini

Biar kulit tetap cantik dan mulus

Stretch mark atau guratan garis tipis yang timbul lebih menonjol dari kulit lainnya kerap menyerang ibu hamil di trimester akhir usia kehamilan. Ketika berat janin di rahimmu makin bertambah, kulitmu akan mengalami peregangan yang melebihi kemampuan elastisitasnya. Bila kulitmu gak cukup lembab dan gak mampu mengimbangi peregangan yang terjadi, maka muncullah stretch mark.

Umumnya, stretch mark akan muncul pada bagian perut, payudara, lengan atas, pantat, paha, serta di bawah rambut kemaluan. Nah, agar bagian-bagian tubuhmu itu tetap cantik dan mulus saat memasuki trimester akhir, coba deh lakukan 6 cara alami ini. Kulitmu bisa bebas stretch mark lho.

1. Perbanyak minum air putih minimal 2,5 liter sehari

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Inipexels.com/Daria Shevtsova

Menjaga asupan cairan dengan minum banyak air putih akan membuang racun dalam tubuh sekaligus menjaga elastisitas kulitmu. Selain air putih, kamu juga bisa perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, semangka, dan pir.

2. Jangan lupa selalu kontrol berat badan

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Inialertnews.al

Kenaikan berat badan ideal untuk ibu hamil adalah sekitar 12-15 kg. Bila kenaikan berat badanmu melebihi angka tersebut, kulitmu akan mengalami banyak peregangan sehingga lebih rawan terkena stretch mark.

Jalani pola makan sehat dan bergizi, serta rutin berolahraga untuk membakar lemak. Olahraga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di tubuhmu sekaligus meningkatkan elastisitas kulitmu.

3. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, dan E

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Inipexels.com/Min An

Banyak banget lho bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E. Sebutlah wortel, jeruk, stroberi, bayam, kacang-kacangan, susu, telur dan lain sebagainya. Selain baik untuk janin, konsumsi makanan tersebut juga berdampak positif untuk kulitmu.

Baca Juga: Dari Berminyak Jadi Kering, 10 Fakta Jenis Kulit Wajahmu Bisa Berubah

4. Pijat bagian tubuh yang rawan terkena stretch mark

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Inihellosehat.com

Memijat tubuh secara rutin pada bagian perut, payudara, paha dan lengan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengurangi risiko terkena stretch mark. Kamu bisa memijatnya menggunakan minyak yang kaya vitamin E untuk mengencangkan kulit tubuhmu.

5. Gunakan pelembab yang aman untuk ibu hamil

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Inialodokter.com

Kamu bisa memanfaatkan pelembab alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji bunga matahari dan lidah buaya sejak awal kehamilan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya akan menjaga kelembaban kulitmu untuk mencegah munculnya stretch mark lebih dini.

6. Terakhir, hindari stres selama masa kehamilanmu

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Inipixabay.com/Herney

Dalam kondisi apapun, stres memang akan selalu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Terlebih saat kamu hamil, tentu kamu makin gak boleh terpapar stres. Selain mengganggu pertumbuhan janinmu, stres juga memperbesar risiko munculnya stretch mark yang lebih jelas.

Meskipun merupakan proses alamiah pada ibu hamil, gak ada salahnya kalau kamu bisa mencegah stretch mark sedini mungkin. Selain menjaga kulitmu tetap sehat, janin yang kamu kandung pun bisa ikut merasakan manfaatnya.

Baca Juga: 7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehat

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You