Comscore Tracker

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetes

Tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan

Tingginya gula darah adalah salah satu masalah yang berpotensi menyerang para Millennials dan Gen Z. Bagaimana tidak, kini ada banyak makanan dan minuman kekinian yang tinggi gula. Mulai dari boba, kopi susu, kue, biskuit, permen, dan lain-lain.

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin lemah hormon insulin kita. Zat yang diproduksi pankreas itu bertugas untuk mengatur gula darah normal dengan mengubahnya menjadi energi.

Ketika insulin berkurang, gula pun menumpuk dan meningkatkan risiko diabetes. Kamu pasti tidak mau itu terjadi, kan? Kamu bisa mencegahnya dari sekarang, kok!

Berikut ini IDN Times telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana tips atau cara menurunkan gula darah yang efektif dan dengan metode alami sehingga kamu aman dan mudah untuk menerapkannya.

1. Kurangi konsumsi karbohidrat

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabeteshealthline.com

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk menurunkan gula darah adalah dengan mengurangi porsi karbohidrat harian. Pasalnya, karbohidrat akan terurai menjadi glukosa dan akhirnya meningkatkan kadar gula dalam darah. 

Tak hanya itu, jumlah karbohidrat yang terlalu banyak juga dapat mengganggu fungsi insulin. Akhirnya, risiko diabetes tipe 1 dan 2 pun meningkat.

2. Pilih karbohidrat yang tepat

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetesself.com

Ada dua macam karbohidrat yang biasa kita konsumsi, yaitu simpel dan kompleks. Apa perbedaannya? Dilansir dari Medical News Today, gula adalah zat pembentuk utama dari karbohidrat simpel. Makanan yang banyak mengandungnya adalah nasi, pasta, dan produk susu.

Untuk karbohidrat kompleks, gula di dalamnya terikat dengan satu sama lain sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk menguraikan. Oleh karena itu, karbohidrat kompleks lebih aman dimakan sehari-hari. Contohnya adalah kentang, ubi, pisang, dan gandum.

3. Tingkatkan konsumsi makanan berserat

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetesmedicalnewstoday.com

Serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah mengontrol kadar gula darah. Menurut studi dari American College of Cardiology (ACC) tahun 2019, konsumsi makanan berserat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Namun kamu harus berhati-hati, salah mengonsumsi serat dapat berakibat sebaliknya. Sebaiknya cari makanan yang mengandung serat larut. Misalnya, oat, kacang-kacangan, sayur, buah, dan kacang polong.

4. Pastikan tubuh terhidrasi

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetesskinnyms.com

Sekitar 60 persen volume tubuh terbentuk dari air. Oleh karena itu, kita harus mencukupi kebutuhan air setidaknya delapan gelas per hari. Air pun bisa membantu kita mengontrol kadar gula darah. 

Dilansir dari WebMD, sebuah studi menemukan bahwa mencukupi kebutuhan air dapat mengurangi risiko hiperglikemia (gula darah tinggi) sebesar 21 persen dalam jangka waktu sembilan tahun. Bagaimana bisa? Ternyata air bisa melarutkan gula untuk dibuang bersama dengan urine dan keringat. 

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Konsumsi Gula Berlebih Tidak Baik untuk Kesehatanmu

5. Konsumsi larutan cuka apel

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetesocdn.eu

Jika kamu tidak memiliki masalah dengan asam lambung, coba untuk minum larutan cuka apel. Sudah banyak studi yang membuktikan khasiatnya terhadap gula darah. Jurnal dari Attikon University Hospital Yunani tahun 2014 mengatakan bahwa cuka apel mampu memengaruhi hati untuk menurunkan produksi gula darah. 

Bagaimana cara mengonsumsinya? Cukup tambahkan satu hingga dua sendok teh cuka apel ke dalam segelas air. Atau kamu juga bisa menambahkannya ke dalam dressing salad agar rasanya tidak terlalu kuat.

6. Rutin berolahraga

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetespopsugar-assets.com

Aktivitas fisik ternyata juga ampuh untuk menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh kita. Bagaimana bisa? Menurut penjelasan dari American Diabetes Association, ketika berolahraga, insulin meningkat dan dapat digunakan sepenuhnya oleh otot. Akhirnya gula darah pun berkurang. 

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu coba. Di antaranya jogging, lari, bersepeda, berenang, atau bahkan mendaki. Aktivitas fisik yang ringan pun boleh asal dilakukan secara rutin setidaknya 30 menit per hari.

7. Pintar-pintar mengontrol stres

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabeteshuffingtonpost.com

Stres sebenarnya sulit untuk dihindari. Setiap hal yang terjadi di hidup dapat membuat kita merasakannya. Padahal stres tak baik untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Bagaimana bisa? Dilansir dari Diabetes.co.uk, stres memengaruhi tubuh untuk mengeluarkan hormon adrenalin yang bisa meningkatkan glukosa di berbagai organ. Alhasil, zat tersebut pun akan masuk ke dalam darah. Hal ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Oleh karena itu, penting untuk memiiki kemampuan mengelola stres. Coba hindarkan dirimu dari pemicunya, perbanyak olahraga, meditasi, dan coba curhat dengan orang terdekatmu.

8. Perbanyak konsumsi makanan-makanan ini

8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetespcdn.co

Ada banyak makanan yang ternyata bisa menurunkan kadar gula darah. Apa sajakah itu? Berikut ini di antaranya:

  • Segala jenis buah-buahan;
  • Segala jenis kacang;
  • Bawang putih;
  • Brokoli;
  • Sayuran hijau;
  • Yogurt, dan lain-lain.

Demikianlah langkah-langkah atau cara menurunkan gula darah secara efektif dan sederhana untuk diterapkan. Yuk, segera terapkan dalam keseharian agar kita tetap sehat di masa depan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Harus Diatur, 10 Tip Memilih Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya