Comscore Tracker

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!

Agar celana dan baju lamamu bisa dipakai lagi

Lemak di perut adalah salah satu hal yang paling mengganggu. Selain membuat baju terasa sesak, lemak tersebut termasuk jenis yang berbahaya untuk kesehatan. Ia disebut dengan visceral fat, faktor risiko utama dari diabetes dan penyakit jantung.

Bukan hanya orang gemuk saja yang memiliki risiko ini. Orang yang terlihat kurus tetapi memiliki lemak perut berlebih juga terancam.

Walaupun mengurangi lemak di bagian perut adalah hal yang tidak mudah, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan. Catat dan terapkan cara-cara berikut ini ya!

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!lisagcooks.com

Makanan berserat terutama yang larut dalam air bisa memperlambat proses pencernaan. Dilansir dari Heathline, hal ini bisa membuatmu merasa kenyang sehingga mengurangi porsi makan. Makanan berserat juga bisa mengurangi jumlah kalori yang diserap tubuh dari makanan.

Sebuah studi dari NCBI menunjukkan bahwa setiap 10 gram serat larut air yang kita konsumsi, lemak di perut dapat berkurang sebanyak 3,7 persen. Kamu bisa menemukan zat ini pada biji rami, mie shirataki, taoge, alpukat, dan blackberry.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!survival-mastery.com

Trans fat atau lemak trans terbentuk di dalam makanan olahan dan berfungsi sebagai pengawet. Lemak tersebut bisa menyebabkan inflamasi, penyakit jantung, dan terbentuknya lemak berlebih di bagian perut. Oleh karena itu, jika kamu membeli makanan dalam kemasan, perhatikan labelnya dan hindari produk yang mengandung trans fat.

3. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!businesstoday.co.ke

Studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan bisa meningkatkan penumpukan lemak di bagian pinggang. Dalam penelitian tersebut, orang yang terbiasa minum alkohol setiap hari memiliki lemak perut yang lebih banyak daripada mereka yang hanya meminumnya sesekali.

Jika kamu ingin mengurangi ukuran lingkar pinggangmu, batasi konsumsi alkohol atau benar-benar menghentikannya. Tidak salah untuk dicoba kan?

4. Lakukan olahraga aerobik atau kardio

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!womenhealthzone.com

Aerobik adalah cara efektif untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori. Dilansir dari Healthline, olahraga ini juga bisa mengurangi lemak perut dengan signifikan.

Walaupun demikian, hasilnya ditentukan oleh frekuensi dan durasi aerobik yang kita lakukan. Kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan tubuhmu. Yang terpenting dari olahraga adalah konsistensi.

5. Gantikan minyak goreng dengan minyak kelapa

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!organicfacts.net

Minyak kelapa adalah salah satu lemak tersehat, terutama untuk orang yang sedang diet. Studi dari NCBI menunjukkan bahwa kandungan lemak dalam minyak tersebut mampu meningkatkan metabolisme dan mengurangi lemak tubuh. Kamu bisa menggantikan minyak goreng yang biasa kamu pakai dengan minyak kelapa atau mengonsumsinya sebanyak dua sendok makan per hari.

Baca Juga: 8 Fakta Diet Okinawa ala Jepang dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kamu

6. Kurangi konsumsi jus buah

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!consumer-voice.org

Jus buah yang selama ini kita kira menyehatkan justru berkontribusi terhadap gagalnya diet. Ia memang mengandung vitamin dan mineral, tetapi jus buah memiliki kandungan gula yang sama tingginya dengan soda dan minuman manis lainnya. Jika tidak ingin lemak yang menumpuk di perut semakin banyak, sebaiknya ganti jus buah dengan air mineral, teh tawar, atau infused water dari lemon.

7. Konsumsi ikan setiap minggu

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!goodtogostore.com

Ikan kaya akan protein dan lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga efektif untuk mengurangi visceral fat terutama pada bagian perut.

Kamu bisa mengonsumsinya dua hingga tiga kali setiap minggu untuk hasil yang maksimal. Pilih ikan yang berlemak seperti salmon, tuna, haring, ikan kembung, dan teri. Jika kamu tidak suka makan ikan, konsumsi suplemen minyak ikan bisa menggantikannya.

8. Tambahkan cuka apel ke dalam dietmu

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!healthline.com

Cuka apel mengandung asam asetat yang bisa mengurangi lemak pada bagian perut. Sebuah studi dilakukan untuk membuktikannya. Sejumlah orang yang obesitas diminta untuk meminum cuka apel satu sendok makan setiap harinya.

Dalam 12 minggu, tercatat bahwa lingkar perut berkurang rata-rata 1,4 sentimeter. Jika kamu ingin mencobanya, jangan lupa larutkan dulu cuka apel dengan segelas air agar tidak merusak gigi dan lambung.

9. Kurangi konsumsi karbohidrat per hari

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!verywellhealth.com

Mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi per hari efektif untuk mengurangi lemak, termasuk pada perut. Cobalah konsumsi karbohidrat maksimal 50 gram per hari untuk hasil yang maksimal. Kamu juga bisa mengganti tepung, roti, dan pasta dengan gandum yang lebih rendah kalori.

10. Hindari hal yang menyebabkanmu stres

10 Cara Terbaik Mengurangi Lemak di Perut, Coba Buktikan Sendiri deh!universityhealthnews.com

Stres dapat meningkatkan lemak perut dengan cara memproduksi hormon kortisol atau hormon stres. Dilansir dari Healthline, studi menunjukkan bahwa tingginya hormon tersebut di dalam tubuh bisa meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan tubuh menyimpan lemak di perut.

Itulah kenapa sebagian orang bertambah gemuk saat sedang stres. Untuk mengatasinya, ikutilah aktivitas relaksasi pikiran seperti yoga dan meditasi.

Tidak ada solusi ajaib untuk mengurangi lemak di perut. Oleh karena itu, kamu harus konsisten melakukannya. Cobalah cara-cara di atas agar dietmu lebih efektif.

Baca Juga: 9 Penyebab Berat Badan Tak Turun saat Diet, meski Sudah Lama Menjalani

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya