Comscore Tracker

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruangan

Bisa bikin kulit glowing juga!

Penggunaan air humidifier kini makin populer di masyarakat. Tugas utama alat ini adalah menambahkan kelembapan pada udara untuk menghindari udara kering yang bisa menyebabkan iritasi.

Dilansir Be Well, studi menunjukkan bahwa kelembapan di atas 43 persen bisa mematikan virus penyebab flu. Humidifier juga terbukti bisa menangani masalah kekeringan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir. Masih ada sederet manfaat humidifier untuk kesehatan. Simak berikut ini!

1. Mengurangi risiko infeksi

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi kuman penyakit (evehow.com)

Virus dan bakteri tidak bisa bergerak secara bebas di udara yang lembap. Menggunakan humidifier terutama di malam hari bisa mengurangi risiko terserang beragam virus penyakit.

2. Membuat kulit semakin lembut dan cerah

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi kulit wajah yang sehat (unsplash.com/Park Street)

Udara dingin dan kering, terutama yang berasal dari AC, bisa menghilangkan kelembapan kulitmu. Kamu akan mengalami kulit kering, kusam, mengelupas, hingga mempercepat penuaan. Humidifier bisa membantu masalah tersebut. Dengan kelembapan yang cukup, kulit akan menjadi lebih glowing dan lembap.

3. Melembapkan bagian dalam hidung

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi hidung (lexli.com)

Terdengar aneh, tetapi hidung memang bagian tubuh yang harus dijaga kelembapannya. Udara yang kering bisa menyebabkan bagian dalam hidung rentan dihuni virus dan bakteri.

4. Mempercepat proses penyembuhan penyakit

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi flu (freepik.com/diana.grytsku)

Ketika kamu sedang mengalami demam, pilek, atau flu, humidifier bisa membantu proses penyembuhanmu. Udara lembap masuk ke dalam hidung dan tenggorokan sehingga meringankan gejala seperti batuk dan bersin.

5. Meredakan morning voice

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi bangun tidur (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Pernahkah suaramu menjadi lebih besar dan berat di pagi hari? Ini disebabkan oleh pita suara yang kering semalaman.

Baca Juga: CDC: Air Purifier Bisa Mengurangi Aerosol Virus Corona SARS-CoV-2

6. Meningkatkan kualitas tidur

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi fase tidur deep sleep atau tidur nyenyak (pexels.com/cottonbro)

Udara lembap yang dihasilkan oleh humidifier bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, banyak pengguna humidifier yang mengaku bahwa mereka bangun lebih segar di pagi hari.

7. Mengurangi kebiasaan mendengkur

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan RuanganIlustrasi mendengkur (freepik.com/jcomp)

Mendengkur adalah dampak dari menyempitnya saluran pernapasan. Selain itu mendengkur juga bisa disebabkan oleh saluran pernapasan yang terlalu kering. Menambah kelembapan di kamar bisa meredakan kebiasaan tersebut.

8. Meringankan asma

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi penderita asma (medicalnewstoday.com)

Banyak penderita asma yang menggunakan humidifier untuk mengurangi risiko kambuhnya penyakit mereka. Namun sebaiknya jika kamu penderita asma, konsultasi dahulu dengan dokter sebelum menggunakan humidifier.

9. Meredakan kulit gatal

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi gatal-gatal (ecarf.org)

Karena memiliki kemampuan melembapkan kulit, air humidifier juga bisa meredakan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, alat tersebut juga bisa meredakan penyakit kulit seperti psoriasis, gangguan tiroid, jerawat, dan alergi tertentu.

10. Memiliki manfaat untuk lingkungan

10 Manfaat Humidifier untuk Kesehatan, Gak Sekadar Melembapkan Ruanganilustrasi air humidifier (medicalnewstoday.com)

Selain memiliki manfaat langsung bagi kesehatan, penggunaan humidifier juga bisa membantu menjaga lingkungan sekitar. Mulai dari mencegah dinding berjamur, menyegarkan tanaman hias, hingga menjaga furnitur kayu di rumahmu.

Itulah manfaat humidifier untuk kesehatan tubuh. Untuk tetap menjaga khasiatnya, kamu harus rajin-rajin membersihkannya agar terhindar dari bakteri dan jamur, ya. Tertarik untuk membelinya?

Baca Juga: Mau Beli Air Purifier? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya