Comscore Tracker

Lezat dan Bergizi, 5 Buah Ini Dapat Membantu Mengobati Batuk

Salah satunya adalah blewah

Batuk adalah proses alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran ataupun lendir berlebih pada saluran pernapasan. Terdapat dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan berdahak. Terkadang, batuk dapat menyebabkan nyeri pada dada dan bisa jadi indikasi suatu penyakit.

Batuk yang tak kunjung sembuh, makin parah, atau disertai gejala tak biasa memang perlu diperiksakan ke dokter supaya bisa ditangani sesuai penyebabnya. Nah, supaya cepat pulih, ada juga beberapa cara alami yang bisa membantu meredakan batuk di rumah, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan berikut ini. Yuk, simak!

1. Nanas

Lezat dan Bergizi, 5 Buah Ini Dapat Membantu Mengobati Batukilustrasi buah nanas (pexels.com/Lisa)

Dilansir Healthline, nutrisi dalam jus buah nanas mungkin bisa membantu meredakan batuk atau pilek. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa jus nanas adalah bagian dari pengobatan efektif untuk tuberkulosis (TBC). Ini berkat kemampuannya dalam menenangkan tenggorokan dan melarutkan lendir.

Menurut studi tersebut, campuran jus nanas, madu, garam, dan merica dapat mengurangi gejala batuk hingga lima kali lebih cepat daripada obat batuk sirop yang dijual bebas.

Selain itu, menurut penelitian dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2004, jus nanas mengandung campuran enzim yang dinamakan bromelin, yang mana memiliki khasiat antiinflamasi yang kuat. Diperkirakan bahwa bromelin dapat membantu masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma. Ia juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang membantu memecah dan mengeluarkan lendir.

2. Apel

Lezat dan Bergizi, 5 Buah Ini Dapat Membantu Mengobati Batukilustrasi buah apel (freepik.com/KamranAydinov)

Dilansir Livestrong, apel kaya akan kandungan flavonoid, jenis antioksidan. Kandungan flavonoid dalam apel yang bernama kuersetin dapat membantu meredakan batuk dan mengendalikan kondisi asma.

Lewat sebuah penelitian yang diterbitkan Multidisciplinary Digital Publishing Institute Molecules pada tahun 2016, disebutkan bahwa kuersetin dalam apel mampu menghambat produksi histamin dalam tubuh, sehingga dapat meredakan keluhan batuk.

Baca Juga: 7 Buah-buahan Rekomendasi Nabi Muhammad SAW, Sunah yang Kaya Khasiat

3. Jambu biji

Lezat dan Bergizi, 5 Buah Ini Dapat Membantu Mengobati Batukilustrasi jambu biji (pexels.com/Any Lane)

Buah jambu biji yang kaya akan kandungan vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menurut keterangan dari National Institutes of Health, vitamin C mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang bersifat antioksidan juga berfungsi melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari radikal bebas.

4. Lemon

Lezat dan Bergizi, 5 Buah Ini Dapat Membantu Mengobati Batukilustrasi air lemon (pexels.com/Julia Zolotova)

Sama halnya dengan jambu biji, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Rasanya yang asam mungkin membuat kita berpikir dua kali untuk mengonsumsinya secara langsung. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa menikmatinya dengan mencampurkannya ke air hangat ditambah sedikit madu.

Dilansir Everyday Health, campuran air hangat, madu, dan lemon dapat membantu mengurangi frekuensi batuk pada malam hari. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit.

5. Blewah

Lezat dan Bergizi, 5 Buah Ini Dapat Membantu Mengobati Batukilustrasi blewah (commons.wikimedia.org/Sakurai Midori)

Siapa yang menyangka jika buah blewah yang begitu populer saat bulan puasa ini juga dapat membantu meredakan batuk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine (Baltimore) tahun 2016, kandungan vitamin A dalam buah blewah dapat membantu memperkuat fungsi paru-paru.

Jadi mumpung banyak tersedia saat bulan puasa dan bila kamu mengalami gejala batuk, tak ada salahnya memperbanyak konsumsi buah yang satu ini.

Itulah beberapa buah-buahan yang dapat membantu meredakan batuk. Selain lezat dan segar, nutrisi dalam buah-buahan tersebut tak cuma bisa membantu melawan batuk, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Akan tetapi, bila batuk tak kunjung sembuh, makin intens, atau disertai gejala tak biasa, sebaiknya segera periksa ke dokter, ya.

Baca Juga: Pengganti Suplemen, Cobalah Sering Makan 12 Buah Ini Agar Tetap Sehat!

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

*writing*

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya