Comscore Tracker

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuh

Penderita GERD dianjurkan untuk makan sedikit tapi sering

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau lebih dikenal sebagai penyakit asam lambung adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus (kerongkongan). Penyakit ini menimbulkan gejala nyeri di bagian ulu hati yang menjalar ke dada serta disertai mual.

Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang berfungsi mencegah makanan serta asam lambung naik ke bagian atas. Untuk mencegah gejala GERD, para penderitanya dianjurkan mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering.

Oleh sebab itu, penderita GERD dapat mengonsumsi camilan di sela-sela jam makan utama. Dirangkum dari laman Everyday Health, Healthline, dan Johns Hopkins Medicine, berikut ini daftar camilan sehat yang aman dikonsumsi bagi penderita GERD. Ada apa saja, ya?

1. Roti gandum

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuhilustrasi roti gandum (pexels.com/Gabriel Purcaru)

Kandungan ragi yang terdapat di dalam roti tawar memang tak "ramah" bagi penderita GERD. Pasalnya, ragi diketahui akan memicu proses fermentasi yang nantinya meningkatkan jumlah gas dan produksi zat asam dalam lambung.

Hal tersebut berbeda dengan roti gandum yang tak memiliki kandungan ragi. Inilah alasannya mengapa roti yang mengandung biji-bijian itu aman dikonsumsi oleh penderita GERD. Belum lagi, makanan yang satu ini kaya akan sejumlah nutrisi, mineral serta serat yang menunjang kesehatan sistem pencernaan.

2. Buah-buahan yang tinggi serat

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuhilustrasi apel (pexels.com/Pixabay)

Bagi pengidap GERD, tak semua jenis buah aman dikonsumsi. Misalnya saja, buah-buahan golongan sitrus seperti jeruk justru memicu peningkatan produksi asam lambung. Hal inilah yang nantinya malah akan memperparah gejala penyakit tersebut.

Namun, jangan khawatir karena buah-buahan yang tinggi serat seperti pepaya, pisang serta apel merah sangat cocok dikonsumsi oleh penderita GERD. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi di dalamnya akan membantu memperlancar pencernaan sehingga mengurangi refluks asam lambung.

Kandungan kalium serta kalsium yang juga terdapat di buah-buahan tersebut ternyata bisa membantu meringankan gejala refluks asam lambung. Selain itu, pilihan buah lezat lainnya dapat dikonsumsi seperti semangka, melon dan kelapa.

3. Yogurt

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuhilustrasi yogurt (pexels.com/Cats Coming)

Meskipun rasanya masam, bukan berarti yogurt menjadi camilan yang buruk bagi penderita GERD. Sebagai sumber probiotik, makanan hasil fermentasi dari susu ini dikenal dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Manfaat yang ditawarkan oleh probiotik untuk kesehatan sistem pencernaan tak bisa dianggap remeh. Contohnya saja dapat membantu melawan infeksi bakteri H. pylori, mikroorganisme penyebab peradangan pada lambung.

Ditambah lagi, probiotik juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta mempermudah perpindahan makanan menuju usus. Hal inilah yang dapat meringankan kinerja lambung sehingga yogurt aman dikonsumsi bagi penderita GERD.

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita GERD, Bikin Iritasi!

4. Sayuran hijau

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuhilustrasi bayam (pexels.com/Jacqueline Howell)

Siapa yang bilang jika sayuran hijau hanya dapat menjadi menu utama. Kandungan vitamin, mineral, serta serat yang berlimpah dalam sayuran tersebut juga sangat cocok dijadikan makanan selingan yang menyehatkan.

Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat dijadikan camilan seperti brokoli, asparagus, bayam, dan juga timun. Untuk menjadikannya sebagai kudapan, kamu bisa mengukusnya atau menjadikannya salad sayuran yang lezat.

5. Kacang almond

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuhilustrasi kacang almond (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tekturnya yang renyah serta rasanya gurih, kacang almond menjadi kudapan nikmat yang disukai oleh banyak orang. Kandungan protein serta karbohidrat di dalamnya dapat membantu memulihkan stamina untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu, makanan yang rendah kandungan glikemik ini juga kaya akan alkali sehingga dapat membantu meringankan gejala GERD. Namun, pastikan kacang almond tidak digoreng apalagi ditambahkan garam agar manfaatnya tidak berkurang.

6. Oatmeal

6 Rekomendasi Camilan Sehat bagi Penderita GERD, Aman Gak Bikin Kambuhilustrasi oatmeal (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebagai makanan yang sering masuk ke dalam menu diet, oatmeal memang kaya akan serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama. Makanan yang terbuat dari biji-bijian ini ternyata juga dapat jadi kudapan
nikmat untuk penderita GERD.

Hal tersebut berkat kandungan serat yang tinggi di dalamnya yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan serta tak menyebabkan refluk asam lambung. Akan tetapi, jangan tambahkan stroberi maupun bluberi ke dalam makanan selinganmu ini, ya.

Rasanya yang lezat dan nikmat, enam daftar camilan di atas ini aman dikonsumsi bagi penderita GERD. Namun, jika gejala refluks asam semakin memburuk maka segeralah berkonsultasi ke dokter demi mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 7 Hal yang Tak Boleh Dilakukan oleh Orang dengan GERD, Harus Dipatuhi!

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya