Comscore Tracker

5 Cara Cepat Menyingkirkan Perasaan Berduka, biar Mental Lebih Sehat!

Jangan sampai salah arah ketika sedang berduka

Merasa berduka adalah hal yang wajar dialami oleh manusia. Terlebih, setelah kehilangan seseorang yang sangat kita cintai atau kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Rasa duka itu menyelimuti kita dan membuat kita larut dalam kesedihan. Sehingga, kita sulit untuk bangkit dan pulih kembali.

Tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan rasa duka. Lakukan hal di bawah ini untuk membuat perasaanmu lebih tenang dan damai!

1. Luangkan lebih banyak waktu untuk berbicara dengan teman atau keluarga

5 Cara Cepat Menyingkirkan Perasaan Berduka, biar Mental Lebih Sehat!alysonschafer.com

Rasa duka yang kita alami bisa membuat kita jadi tertutup dan terbebani sendirian. Sehingga, kita jadi abai dengan kehadiran keluarga atau teman terdekat. Padahal, mengobrol dengan mereka bisa memberi berbagai efek positif bagi kesehatan. Seperti mengurangi tingkat stres dan meningkatkan hormon oksitosin, ungkap laman CABA.

Selain itu, memiliki hubungan sosial yang baik bisa memperpanjang usia! Studi yang melibatkan 300 ribu orang menunjukkan bahwa orang yang punya hubungan sosial yang baik memiliki usia 50 persen lebih panjang dari mereka yang tertutup atau mengisolasi diri. Jangan ragu untuk curhat dan meluapkan perasaanmu pada keluarga atau teman, ya!

2. Melakukan refleksi diri dan memberi waktu pada diri sendiri

5 Cara Cepat Menyingkirkan Perasaan Berduka, biar Mental Lebih Sehat!deviantart.com

Meminta saran dan bantuan dari orang lain memang perlu, namun jangan lupa menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Ketika kamu sedang berduka, kamu perlu menenangkan diri sejenak untuk melakukan refleksi diri. Bukan hanya untuk menenangkan pikiran, refleksi diri juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Manfaat refleksi diri antara lain adalah agar kita bisa mengenali emosi sendiri, meningkatkan kecerdasan emosional, lebih percaya diri dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan pengambilan keputusan yang bijak. Jiwa kita pun jadi tenang dan perlahan-lahan kesedihan akan sirna.

3. Tekuni hobimu dan sibukkan diri

5 Cara Cepat Menyingkirkan Perasaan Berduka, biar Mental Lebih Sehat!rd.com

Sering kali, karena terlalu larut dari duka akhirnya kita jadi menarik diri. Hobi yang dulu ditekuni pun jadi terbengkalai dan terabaikan. Memang, butuh waktu untuk memulihkan diri dari kesedihan, namun kamu juga harus bangkit! Meskipun berat, lakukan kembali hobi yang dulu membuatmu senang, seperti membaca, bermain musik atau berkebun misalnya.

Faktanya, menekuni hobi memiliki segudang manfaat positif bagi kesehatan. Seperti menghilangkan stres, membantu meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan memori di otak dan menyingkirkan depresi. Sementara, laman Centre for Adult Education menyebut hobi memiliki efek yang menenangkan, sama seperti meditasi.

4. Jangan lupa untuk bermeditasi agar pikiran semakin rileks

5 Cara Cepat Menyingkirkan Perasaan Berduka, biar Mental Lebih Sehat!medicalnewstoday.com

Di tengah dunia yang hingar bingar, sesekali kita perlu menepi dan melakukan meditasi. Melakukan meditasi bukan hanya sebagai penghilang stres, tetapi juga membuat tubuh dan pikiran jadi rileks dan menenangkan diri dari berbagai emosi negatif. Misalnya kemarahan, frustrasi, kebencian dan perasaan tidak ikhlas, jelas Medical News Today.

National Center for Complementary and Integrative Health menyebutkan manfaat meditasi lainnya. Seperti meringankan kecemasan, stres, kelelahan, gangguan mood, gangguan tidur dan meningkatkan kualitas hidup. Penelitian lain menyebut bahwa meditasi bisa menurunkan tekanan darah serta detak jantung.

5. Fokus pada masa sekarang dan masa depan, bukan masa lalu

5 Cara Cepat Menyingkirkan Perasaan Berduka, biar Mental Lebih Sehat!ucg.org

Terakhir, kamu bisa mengatasi rasa duka dengan fokus pada apa yang ada saat ini. Tak perlu lagi memandang masa lalu, karena yang terpenting adalah masa kini dan masa depan. Dengan ini, kamu bisa lebih fokus, siaga, lebih kreatif dan banyak akal serta memiliki lebih banyak energi untuk menghadapi hari, ungkap laman Leigh Tremaine.

Ketika kita fokus, kita akan merasakan banyak manfaat. Kita tidak akan mudah terdistraksi, energi tidak akan terkuras habis-habisan seperti sebelumnya, merasa bersyukur, lebih ringan dan tak terbebani saat beraktivitas. Memang sulit menyingkirkan rasa duka, namun percayalah waktu akan menyembuhkan segala luka!

Nah, itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perasaan berduka, supaya tubuh dan mentalmu lebih sehat. Coba terapkan dan semoga berhasil!

Baca Juga: Ini 7 Tahap Proses dalam Berduka secara Ilmiah, jika Mentalmu Sehat

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You