Comscore Tracker

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Aman

Salah satunya dengan rutin push-up

Seiring waktu, wajar bila bentuk asli payudara kehilangan elastisitasnya, membuatnya mengendur. Walaupun ini adalah hal alamiah, tetapi ini juga bisa bikin beberapa perempuan cemas.

Ptosis payudara, istilah medis untuk payudara kendur, adalah salah satu kondisi paling umum yang ditangani oleh ahli bedah plastik. Namun, tak semua perempuan ingin menjalani prosedur ini dan ini pun bukan satu-satunya cara.

Kabar baiknya, ada beberapa cara alami yang bisa membantu mencegah maupun meminimalkan efek kendur pada payudara. Ingin tahu caranya? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Menjaga postur tubuh

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi postur tubuh yang benar dan salah (bellisimafitness.org)

Dilansir Healthline, postur tubuh yang buruk, seperti membungkuk ke depan maupun ke belakang, bisa menyebabkan payudara menggantung karena beratnya sendiri, memberikan lebih banyak tekanan dan ketegangan pada jaringan payudara, dan memperparah kendur.

Postur yang baik melibatkan "pengajaran" tubuh untuk memosisikan diri selama bergerak, yang mana posisi paling sedikit ketegangan ditempatkan pada ligamen dan otot pendukung.

Dengan menjaga punggung tetap lurus dan bahu ke belakang, postur tubuh yang baik akan berkontribusi pada pendistribusian berat badan secara merata dan membantu mencegah payudara mengendur.

2. Rutin push-up

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi push-up (unsplash.com/Ayo Ogunseinde)

Mengingat payudara tidak memiliki otot, kamu tidak akan dapat mengencangkan jaringan payudara dengan olahraga. Akan tetapi, di bawah payudara terdapat jaringan ikan fibrosa dan otot yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penampilan dada secara keseluruhan.

Nah, salah satu latihan yang disarankan adalah push-up. Mulailah dengan posisi merangkak, rentangkan kedua tangan sedikit lebih lebar dari bahu, dan kaki lurus berdekatan.

Selanjutnya turunkan tubuh hingga dada hampir menyentuh lantai. Pertahankan lengan atas pada sudut 45 derajat ke batang tubuh. Beri jeda, lalu kembali ke posisi awal. Lakukan repetisi dan istirahat 90 detik. Untuk pemula, lakukan perlahan dan semampunya, lalu lama-lama tingkatkan repetisinya.

Baca Juga: Perlu Tahu, 7 Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudaramu

3. Gunakan bra yang tepat

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi lari dengan sports bra (pexels.com/Paul Sky)

Dilansir Breast Research Australia, sebanyak 70 persen perempuan melaporkan rasa tidak nyaman pada payudara karena olahraga atau latihan yang melibatkan lari dan melompat. Untuk meminimalkan gerakan payudara berlebihan, kamu perlu mengenakan bra yang pas dan mendukung payudara dengan baik.

Menggunakan bra yang pas dan tepat tentu akan memberikan rasa nyaman pada payudara. Terutama saat berolahraga, pakailah sports bra untuk mengurangi gerakan payudara, tetapi hindari bra yang terlalu ketat agar tidak membatasi aliran darah.  Selain itu, gantilah bra secara rutin apabila sudah tak lagi nyaman dipakai.

4. Memijat payudara dengan minyak zaitun

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi minyak zaitun (pexels.com/Pixabay)

Dilansir Brightside, pijat payudara bisa membantu meningkatkan aliran darah dan memperkuat jaringan payudara. Kamu bisa memijatnya dengan gerakan ke atas setiap hari selama 10-15 menit.

Kamu juga bisa menggunakan minyak saat memijat, tergantung kondisi kulit. Salah satu contohnya adalah minyak zaitun.

Mengutip Healthline, minyak zaitun kaya akan polifenol, zat nabati yang bisa mengurangi peradangan. Saat dioleskan di kulit, polifenol dapat melindungi dari penuaan dini, kerusakan akibat sinar matahari, dan kondisi kulit tertentu seperti jerawat, menurut sebuah laporan dalam jurnal ISRN Dermatology tahun 2013.

Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan, terutama vitamin E. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan sel. Di kulit, antioksidan dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, kendur, dan bintik-bintik penuaan.

Berdasarkan apa yang diketahui tentang polifenol dan antioksidan, minyak zaitun, secara teori, dapat membantu mengurangi kekenduran, dan ada beberapa bukti anekdot yang mungkin berlaku untuk kulit wajah. Namun, kulit payudara jauh lebih tebal, sehingga sulit untuk ditembus dengan produk topikal. Selain itu, payudara cenderung lebih kendur karena gravitasi daripada efek penuaan pada kulit.

5. Cek posisi tidurmu

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi posisi tidur untuk mencegah payudara kendur (freepik.com/tirachardz)

Coba evaluasi posisi tidurmu, deh. Dilansir CNN, tidur menghadap ke bawah atau menyamping dalam waktu lama, itu akan mengubah bentuk payudara. Terutama tidur tengkurap, itu akan berdampak buruk bagi payudara karena mereka menekan kasur selama berjam-jam tiap malamnya. 

Posisi terbaik untuk payudara adalah berbaring miring dan mengganjalnya dengan bantal. Tujuannya adalah supaya payudara mendapat dukungan yang dibutuhkannya. Anjuran lainnya adalah posisi tidur telentang.

6. Melakukan yoga

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi pose kobra atau bhujangsana (pexels.com/Elly Fairytale)

Dilansir Doctor NDTV, yoga punya manfaat ganda dalam memberi bentuk payudara yang lebih baik. Tak cuma mencegahnya kendur, tetapi juga meningkatkan volume paru-paru, membuatmu merasa kuat, dan percaya diri.

Salah satu pose yoga yang direkomendasikan adalah bhujangsana atau pose kobra. Pose yoga ini dapat meningkatkan volume paru-paru, menguatkan otot perut, serta menyediakan dukungan pada dada.

Cara melakukannya:

  • Berbaring di dada dan tarik napas dalam-dalam
  • Bangan perlahan dengan bantuan lengan dan sandarkan beban tubuh di lengan
  • Angkat kepala, lalu buang napas perlahan dan kembali ke posisi awal

Bila sudah terbiasa, cobalah untuk meningkatkan waktu saat melakukan pose tersebut.

6 Cara Alami Mengencangkan Payudara Kendur dengan Amanilustrasi pose warrior atau virabhadrasana (freepik.com/yanalya)

Pose lainnya yang juga bisa dilakukan adalah virabhadrasana atau pose warrior. Pose ini bisa membantu meregangkan dada dan membuatnya elastis, sekaligus meningkatkan kekuatan.

Cara melakukannya:

  • Berdiri dengan kaki terbuka dan sejajar
  • Putar kaki kiri ke sisi kiri dan kaki kanan di dalam
  • Buang napas perlahan dan tekuk lutut kiri
  • Angkat kedua tangan, sejajar dengan lantai, dan putar kepala ke sisi kiri dan lihat pergelangan tanganmu

Ulangi 7-10 kali dan lakukan hal yang sama pada sisi kanan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah maupun mengencangkan payudara kendur. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan atau menjaga berat badan ideal,  tidak merokok atau berhenti merokok, melakukan tes hormon, dan lakukan olahraga untuk melatih otot dada. Semoga berhasil!

Baca Juga: Ini Dampak Gak Pakai Bra selama WFH pada Payudaramu, Yakin Mau Lanjut?

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya