Comscore Tracker

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomnia

Agar kamu bisa tidur lebih awal dan nyenyak malam ini 

Apakah kamu salah satu orang yang sering mengalami kesulitan saat hendak tidur di malam hari? Hal ini tentu sangat mengganggu karena membuatmu membutuhkan waktu yang lama untuk bisa tidur. Durasi tidur yang memendek pun membuat tubuhmu lemas dan tidak fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Nah, gangguan tidur ini sering disebut insomnia.

Sebenarnya ada berbagai faktor yang dapat memicu insomnia, seperti stres berlebihan, gangguan hormon dan gaya hidup yang tidak sehat. Namun, jangan berkecil hati, ya! Untungnya ada makanan dan minuman tertentu yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Apa saja? Berikut ini di antaranya.

1. Kacang

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi kacang almond (pexels.com/alleksana)

Makanan yang sering jadi camilan ini ternyata juga bisa membantu mengatasi insomnia, lho. Menurut penelitian ada beberapa jenis kacang yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.

Dilansir Sleep Foundation, kamu bisa mencoba almond, kenari, pistachio, dan kacang mete. Diketahui bahwa jenis kacang tersebut mengandung melatonin dan mineral penting seperti magnesium dan seng. Dalam uji klinis menggunakan suplemen, kombinasi ketiga zat itu dapat membantu orang dewasa untuk mengatasi insomnia sehingga mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

2. Kiwi

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi buah kiwi (unsplash.com/Lesly Juarez)

Buah lezat dan segar yang memiliki daging berwarna kehijauan ini juga dapat membantumu mengatasi insomnia. Selain dikenal manfaatnya bagi sistem pencernaan, kiwi juga membantumu meningkatkan kualitas tidur.

Dilansir Healthline, dalam penelitian yang dilakukan selama 4 minggu, 24 orang dewasa diminta mengonsumsi dua buah kiwi sejam sebelum tidur setiap malam. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi kiwi 42 persen lebih cepat tidur daripada ketika mereka tidak mengonsumsi apa pun.

Selain itu, kemampuan mereka untuk tidur sepanjang malam tanpa bangun meningkat sebesar 5 persen. Total waktu tidur pun meningkat sebesar 13 persen. Ini membuktikan bahwa buah tersebut cukup efektif dalam meningkatkan kualitas tidur. 

Kandungan serotonin di dalam kiwi juga erat kaitannya dengan efek tidur. Ini merupakan hormon dari otak yang salah satu perannya adalah membantu mengatur siklus tidurmu.

3. Nasi putih

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi nasi putih (unsplash.com/Pille. R. Priske)

Makanan pokok masyarakat kita, yaitu nasi putih, juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur menurut penelitian. Ini ada kaitannya dengan kandungan karbohidrat pada nasi yang memicu rasa kantuk dan membantumu lebih cepat tidur.

Healthline melansir bahwa sebuah studi membandingkan kebiasaan tidur 1.848 orang berdasarkan asupan nasi, roti, dan mi. Hasilnya, orang yang mengonsumsi nasi cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada dua makanan lainnya.

Masih dari sumber yang sama, makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, lebih baik dikonsumsi setidaknya 1 jam sebelum tidur agar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Walaupun begitu, tetap batasi porsinya, ya. Sebab mengonsumsi nasi dalam jumlah yang berlebihan dapat menaikkan gula darah.

 

Baca Juga: Atasi Insomnia, 7 Gerakan Stretching Terbaik agar Tidur Lebih Nyenyak

4. Teh chamomile

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi teh chamomile (unsplash.com/Soo Chung)

Selain makanan, adapun minuman yang bisa membantumu untuk mengatasi insomnia. Salah satu minuman yang bisa kamu coba adalah teh chamomile. Teh yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat meredakan peradangan karena mengandung antioksidan yang disebut flavonoid.

Dilansir Healthline, teh chamomile juga  mengandung apigenin. Antioksidan ini dapat mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak chamomile bisa tidur lebih cepat dan lebih jarang terbangun di malam hari. Bagi kamu yang sering mengalami insomnia, cobalah minum teh yang satu ini sebelum tidur untuk meningkatkan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

5. Susu hangat

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi susu hangat (unsplash.com/Nikolai Chernichenko)

Selain minum teh, susu hangat juga gak kalah baik untuk membantumu meningkatkan kualitas tidur, lho. Medical News Today melansir bahwa susu hangat menjadi "obat" rumahan yang umum untuk kamu yang sulit tidur. Terdapat empat senyawa yang memberikan efek tidur dalam kandungan susu, yaitu  triptofan, kalsium, vitamin D, dan melatonin.

6. Ceri

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi buah ceri (pexels.com/Wendy van Zyl)

Ceri, buah mungil berwarna merah yang kaya manfaat ini juga dipercaya dapat mengatasi susah tidur. Kamu bisa mengonsumsinya baik secara utuh atau diolah menjadi jus.

Dalam sebuah penelitian, orang yang minum satu cangkir jus ceri per hari ditemukan memiliki lebih banyak waktu tidur dan efisiensi tidur yang lebih tinggi, dilansir laman Sleep Foundation. Ini terjadi karena ceri memiliki konsentrasi melatonin di atas rata-rata. 

Hormon tersebut dapat membantu mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan kualitas tidur. Ceri juga memiliki efek antioksidan yang efektif untuk membantumu tidur.

7. Salmon dan tuna

Susah Tidur? Coba 7 Makanan dan Minuman Ini Untuk Atasi Insomniailustrasi ikan salmon (unsplash.com/Caroline Attwood)

Healthline melansir bahwa kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D yang ada pada ikan berlemak berpotensi untuk meningkatkan kualitas tidur. Sebab keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi 10,5 ons (300 gram) salmon atlantik selama tiga kali dalam seminggu selama 6 bulan dapat tidur sekitar 10 menit lebih cepat daripada pria yang makan ayam, sapi, atau babi. Selain salmon, kamu juga bisa mengonsumsi tuna. 

Nah, itulah makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi insomnia yang kamu alami. Apakah ada yang sudah kamu coba dan ampuh meningkatkan kualitas tidurmu?

Selain makanan dan minuman yang disarankan di atas, penting juga untuk olahraga, kelola stres dengan baik, dan menjalani pola makan yang sehat agar siklus tidurmu bisa teratur.

Baca Juga: Susah Tidur? 6 Tanaman Ini Bisa Membantu Atasi Insomnia

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya