Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Bagi Penderita HIV/AIDS

Jaga pola makan ya

HIV/AIDS merupakan jenis penyakit yang membahayakan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai Infeksi. Penderita penyakit HIV/AIDS berjuang keras demi hidup mereka karena sistem kekebalan tubuh yang terserang virus mematikan. Pola hidup harus benar-benar dijaga agar penyakit mengerikan ini tidak merenggut jiwanya. Mengatur pola hidup bagi penderita HIV/AIDS memerlukan pedoman yang tepat agar tubuh tetap sehat. Berikut pedoman dalam mengatur pola hidup sehat untuk penderita HIV/AIDS. 

1. Pertahankan berat badan ideal

5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Bagi Penderita HIV/AIDSendinghiv.org.au

Berat badan pada penderita HIV/AIDS selalu menurun drastis sehingga tubuh menjadi kurus kering. Kenyataan ini tidak selamanya benar. Ada sebagian penderita yang malah bertambah berat badannya saat terkena penyakit ini. Hal ini, berbahaya karena lemahnya kekebalan tubuh akan memicu penyakit lain seperti hipertensi dan diabetes. Untuk itu, penting bagi penderita untuk menjaga kestabilan berat badan yang ideal. Memilih makanan yang tepat harus dilakukan untuk menyeimbangkan berat badan. 

2. Menutrisi otot dengan makanan berprotein

5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Bagi Penderita HIV/AIDSsportadictos.com

Saat pertama kali penderita HIV/AIDS terinfeksi, diagnosis dilakukan melihat dari  kehilangan massa otot yang drastis. Mengonsumsi makanan yang kaya protein diperlukan untuk mempertahankan massa otot yang hilang akibat virus berbahaya ini. Tanyakan pada dokter tentang kebutuhan kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh penderita. Makanan seperti kacang-kacangan, ayam, telur, dan hati boleh dikonsumsi untuk menambah nutrisi protein yang dibutuhkan otot. 

3. Mengonsumsi karbohidrat untuk penambah energi

5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Bagi Penderita HIV/AIDSeatthis.com/

Karbohidrat penting bagi penderita HIV/AIDS untuk menambah energi. Ketika badan lemas, penderita membutuhkan banyak asupan energi agar tetap kuat. Beberapa makanan seperti gandum dan beras merah baik untuk dikonsumsi. Konsumsi pula sayur-sayuran segar untuk menambah kadar karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Jika sebelumnya penderita mengidap penyakit diabetes, baiknya mengonsumsi lebih banyak makanan berserat. 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!

4. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan vitamin dan mineral

5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Bagi Penderita HIV/AIDSmenshealth.com

Serangan virus HIV/AIDS dapat mengambil nutrisi tubuh. Untuk proses penyembuhan kembali, perlu meningkatkan kekebalan dengan menambah vitamin dan mineral. Vitamin esensial mudah didapatkan dari sayur-sayuran hijau dan vitamin C pada jeruk. Selain itu, mengonsumsi daging diperlukan untuk mendapatkan nutrisi dari vitamin B. Mineral penting seperti kalsium, selenium, dan seng harus kamu perhatikan agar tubuh tetap kuat. Nutrisi ini bisa didapatkan dari susu, kacang, ikan dan daging. 

5. Ikuti standar keamanan pengolahan pangan

5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Bagi Penderita HIV/AIDSdigbycourier.ca

Penderita HIV/AIDS harus ekstra kerja keras dalam memperhatikan kebersihan terutama dalam mengolah makanan. Standar keamanan pengolahan makanan seperti mencuci bahan makanan sebelum memasaknya, menghindari makanan kadaluarsa, dan menjauhi makanan mentah harus dipatuhi dengan baik. Hindari pula terlalu banyak makan garam, bumbu dan minyak goreng. Selalu konsultasikan masalah pengolahan makanan pada dokter. 

Pedoman ini harus dimengerti agar penderita HIV/AIDS bisa hidup dengan baik. Jangan lupa untuk tetap mendukung mereka agar tetap semangat menjalani hidup. 

Baca Juga: Yuk, Terapkan 5 Pola Makan ini Agar Jantung Tetap Sehat

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You