Comscore Tracker

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lho

Pola hidup sehat dengan konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya akan nutrisi dan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Warna-warni pada buah dan sayuran ternyata menandakan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Setiap warna memiliki manfaat yang berbeda sesuai kandungannya.

Fakta menarik ini harus kamu ketahui agar dapat memanfaatkan buah dan sayuran untuk memenuhi nutrisi harian. Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Berikut beberapa manfaat buah dan sayuran dilihat dari kandungan warnanya.

1. Buah dan sayuran kuning

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lhoorganicfacts.net

Buah dan sayuran kuning memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini berguna untuk antioksidan alami yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain baik untuk kekebalan tubuh, vitamin ini juga dapat membentuk kolagen yang dapat membantu agar kulit tetap sehat. Untuk kamu yang ingin terhindar dari penuaan dini dan menjaga keelastisan kulit, mengonsumsi buah dan sayuran yang berwarna kuning bisa jadi pilihan terbaik.

2. Buah dan sayuran merah

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lhomoderndaybrownmom.com

Buah dan sayuran merah memiliki kandungan lycopene yang baik. Zat ini penting untuk menjaga tekanan darah dan menjaga kesehatan hati. Lycopene dikenal dengan antioksidan yang baik dalam darah. Mengonsumsi buah dan sayuran yang berwarna merah dapat mencegah penyakit jantung, kolesterol, dan mencegah penyakit kanker.

3. Buah dan sayuran hijau

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lhoindia.com

Buah dan sayuran hijau kaya akan klorofil dan serat yang baik untuk tubuh. Manfaat luar biasa ini dapat kamu gunakan untuk proses detox racun pada tubuh. Selain itu, buah dan sayuran hijau dapat melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh kita. Pencernaan menjadi lancar karena kebutuhan serat harian terpenuhi. Kandungan pada buah dan sayuran berwarna hijau ini pun dapat melancarkan tekanan darah sehingga baik untuk membuang kolesterol jahat.

Baca Juga: 6 Sayuran Pahit Ini Ternyata Memiliki Khasiat Kesehatan Alami

4. Buah dan sayuran putih

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lhothehumantrainer.com

Buah dan sayuran yang berwarna putih memiliki kandungan lignin yang baik. Zat ini merupakan serat yang berperan dalam melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan potasium, vitamin E, folat dan kaliumnya bermanfaat dalam mencegah penyakit berbahaya. Bahkan pada bawang putih ditemukan senyawa allicin yang telah dikenal sebagai antivirus dan antikanker.

5. Buah dan sayuran ungu

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lhothelist.com

Buah dan sayuran berwarna ungu mengandung anthocyanin, yaitu antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bekerja dengan menurunkan tekanan darah, sehingga masalah pada kardiovaskuler teratasi. Anthocyanin juga dapat menjadi antioksidan kuat dalam melindungi dari radikal bebas yang berbahaya. Mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ungu ini sangat dianjurkan.

6. Buah dan sayuran oranye

6 Warna Pada Buah dan Sayuran Ternyata Punya Manfaat Berbeda Lhocleanplates.com

Buah dan sayuran berwarna oranye ternyata memiliki senyawa karotenoid yang dibutuhkan tubuh. Zat yang sering disebut beta karoten ini dikonversi menjadi vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, antioksidan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan fungsi neurologis. Beta karoten dibutuhkan pula dalam menjaga kesehatan jantung agar dapat berfungsi sempurna.

Warna-warni pada buah dan sayuran ini harus kamu tahu. Mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup setiap hari berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Jaga pola hidup sehatmu dengan kebiasaan menambahkan menu buah dan sayuran pada makananmu.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Sayuran yang Sehat, Sudah Tahu? 

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You