Comscore Tracker

5 Manfaat kalau Sering Mengonsumsi Ikan Salmon

Tak hanya untuk kecerdasan otak

Mengkonsumsi ikan salmon sangat dianjurkan karena manfaatnya yang bagus untuk tubuh terutama otak anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Ikan salmon yang dikenal dengan nama latin Onchorhynchus nerka merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di laut. Salmon dikenal sebagai ikan yang memiliki kandungan lemak omega-3 nya yang cukup tinggi namun tetap sehat.

Ikan salmon yang baik biasanya diolah dengan cara direbus, dipanggang atau dibakar. Usahakan selalu mengolahnya dengan benar agar tehindar dari risiko infeksi cacing parasit atau bakteri semacamnya. Apabila sudah diolah dengan baik tentu banyak manfaat dari kandungan ikan salmon yang akan kamu peroleh.

1. Meningkatkan kecerdasan otak

5 Manfaat kalau Sering Mengonsumsi Ikan Salmonilustrasi bermain rubik (unsplash.com/ALAN DE LA CRUZ)

Ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak ketika dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 EFA dan selenium serta Vit. A dan D. Kandungan tersebut diketahui dapat meningkatkan fungsi otak.

Pada laman Safebeat menyebutkan bahwa lemak omega-3 yang terkandung pada ikan salmon diketahui dapat mengatasi gangguan psikologis sepeti Parkinson dan Alzheimer.

2. Baik untuk kulit dan rambut

5 Manfaat kalau Sering Mengonsumsi Ikan Salmonilustrasi kesehatan kulit dan rambut (unsplash.com/Brandi Redd)

Tak hanya baik untuk otak, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon diketahui dapat membantu kesehatan kulit seperti, membantu jerawat, mengurangi risiko kanker kulit, dan membantu kondisi kulit yang terkena inflamasi. 

Kandungan Vit. D pada ikan salmon juga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kulit yakni melindungi efek radiasi akibat sinar UV matahari. Selain itu, Vit. D baik untuk perbaikan dan pertumbuhan sel kulit mati dan melindungi dari efek radikal bebas yang berbahaya.

3. Baik untuk jantung

5 Manfaat kalau Sering Mengonsumsi Ikan Salmonilustrasi seseorang yang mengalami kardiovaskular (unsplash.com/Giulia Bertelli)

Kandungan omega-3 dalam salmon dipercaya dapat melindungi penyakit jantung dengan mengurangi risiko kardiovaskular. Hal ini dinyatakan pada laman Safebeat, bahwa kandungan asam lemak omega-3 dan 6 dikombinasikan dengan kalium maka akan sangat berfungsi bagi kesehatan jantung. Hal ini berfungsi untuk mengurangi peradangan pada arteri, menurunkan kadar kolestrol dan menjaga tingkat tekanan darah.

Dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur, hal ini bisa mengurangi kondisi medis terkait penyakit jantung, yakni serangan jantung, aritmia, stroke, tekanan darah tinggi, dan trigliserida tinggi.

Baca Juga: 5 Bumbu Marinasi Sederhana untuk Membuat Salmon Makin Enak

4. Menunjang fungsi protein pada tubuh

5 Manfaat kalau Sering Mengonsumsi Ikan Salmonilustrasi seseorang dengan tulang yang sehat (unsplash.com/Peter Conlan)

Kandungan protein pada ikan salmon diketahui sangat baik bagi tubuh dalam penyembuhan cedera, mempertahankan massa otot dan melindungi kesehatan tulang. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram salmon menyediakan hampir 20 gram protein yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Karena apabila kekurangan protein, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah yang serius seperti pembengkakan, menghambat pertumbuhan anak, dan risiko kekurangan protein lainnya yang bisa berakibat fatal bagi tubuh.

5. Mengatasi depresi

5 Manfaat kalau Sering Mengonsumsi Ikan Salmonilustrasi seseorang mengalami depresi (unsplash.com/Francisco Gonzalez)

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salmon memiliki kandungan antidepresan yang dapat mengurangi gejala depresi. Manfaat ini terdapat pada minyak dan omega-3 yang dimiliki oleh ikan salmon, kandungan tersebut diketahui dapat membantu meningkatkan suasana hati. 

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal sangat dianjurkan agar mengkonsumsi ikan salmon secara teratur. Namun, dengan komposisi yang tepat dan tidak berlebihan, yakni cukup dua porsi dalam seminggu. Selain dari lima manfaat di atas masih banyak lagi manfaat lainnya, loh.

Baca Juga: 5 Menu Bekal Makan dari Sisa Salmon, Simpel dan Enak

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Verified Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya