Comscore Tracker

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Demam Menyerang, Jangan Panik

Tetap tenang saat mengatasi demam menyerang

Demam merupakan sinyal dari tubuh yang sedang melawan virus atau bakteri. Kita harus berhati-hati apabila orang yang ada di sekitar kita mengalami demam. Karena jika demam terus meningkat bisa menyebabkan kejang-kejang dan tidak sadarkan diri. Lalu, apa sih yang mesti kita lakukan saat ada yang terkena demam? Gak perlu panik, lakukan empat hal di bawah ini bila terserang demam.

1. Jangan panik

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan  Saat Demam Menyerang, Jangan Panikwww.pexels.com/Ana Bregantin

Jangan panik saat menangani orang yang demam, harus tetap tenang agar bisa mengatasi demam dengan baik. Apabila kamu panik, bukan malah mengatasi tetapi kamu bisa melakukan hal ceroboh sehingga mencederai atau bahkan menambah parah keadaan.

2. Sedia termometer dan paracetamol

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan  Saat Demam Menyerang, Jangan Panikwww.pexels.com/Kaboompics .com

Termometer dan paracetamol adalah hal wajib yang harus tersedia di rumah. Alat ini sangat dibutuhkan untuk mengawasi perubahan suhu tubuh. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan setiap 30 menit – 1 jam sekali. Sedangkan paracetamol dibutuhkan sebagai penanganan sementara pada demam karena paracetamol merupakan golongan obat pereda nyeri dan antipiretik penurun demam.

Baca Juga: Gak Cuma Demam, 4 Hal Ini Bisa Bikin Tubuh Menggigil, Lho!

3. Kompres dengan air hangat

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan  Saat Demam Menyerang, Jangan Panikhttp://kintakun-collection.co.id

Kompres dengan air hangat pada lipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, dan bawah lutut. Ingat harus kompres dengan air hangat, jangan air dingin. Karena air hangat dapat membuka pori-pori kulit sehingga panas tubuh dapat keluar melalui pori-pori tubuh.

4. Jangan sentuh apabila terjadi kejang

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan  Saat Demam Menyerang, Jangan Panikwww.infokyai.com

Apabila terjadi kejang, jangan sentuh paksa karena dapat menyebabkan cedera otot. Biarkan kejang terjadi dan catat lama waktu kejang. Miringkan badan ke kiri atau kanan untuk menghindari masuknya cairan ke kerongkongan. Tempatkan dengan nyaman serta hindarkan dari barang-barang berbahaya, ingat jangan dilakukan dengan paksa.

Nah itu tadi empat tips yang dapat dilakukan apabila ada yang terkena demam. Apabila empat tips tersebut sudah dilakukan dan terjadi gejala lanjutan, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Tersedia Saat Anak Demam

rafni Photo Community Writer rafni

Amour Pour Vous

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You