Comscore Tracker

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelat

Bahan dasar coklat yang penuh nutrisi

Kakao adalah bahan utama pembuatan cokelat dan memiliki manfaat medis yang luar biasa dengan kekuatan penyembuhan yang tak terhindarkan. Bahan ini adalah konstituen rendah lemak dari biji kakao yang digiling halus. Secara alami, kakao adalah zat kaya dengan mineral dan nutrisi tinggi yang memberikan manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya.

Dengan nilai gizi yang tinggi, kakao merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Karena memiliki tingkat kolesterol yang rendah, kakao adalah kombinasi dari lemak jenuh yang sehat seperti asam oleat dan stearat.

Dengan mempertimbangkan nilai nutrisinya, di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari bubuk kakao.

1. Menstabilkan tekanan darah

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelatcheatsheet.com

Bubuk kakao memiliki kualitas yang tidak dapat dijelaskan untuk menstabilkan tekanan darah. Flavonoid yang ada dalam biji kakao tidak hanya menurunkan tekanan darah tetapi juga meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

Selain itu, antioksidan dalam kakao meningkatkan stimulasi nitrat oksida untuk mengontrol tekanan yang diberikan pembuluh darah.

2. Mendukung kesehatan otak

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelathealthy-magazine.co.uk

Bubuk kakao adalah bahan kaya flavonoid yang dapat membantu kita menjaga otak yang sehat. Ini memberikan manfaat perlindungan saraf untuk meningkatkan kompetensi otak, memori dan fungsi belajar.

Selain itu, penelitian ilmiah menganjurkan bahwa produk berbasis kakao harus menjadi bagian penting dari diet kita untuk meningkatkan aliran darah dan menyembuhkan gangguan pembuluh darah.

3. Mengobati diabetes

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelatrdmag.com

Para profesional medis menganggap diabetes sebagai pembunuh diam-diam yang dapat merusak metabolisme glukosa. Menambahkan produk berbasis kakao dalam makanan sehari-hari telah menunjukkan beberapa efek penting dari peningkatan resistensi insulin dan hipermetabolisme glukosa dalam tubuh kita.

Fungsi ini tidak hanya membantu mengatur kadar gula tetapi juga mengandung proanthocyanidins yang membantu menghambat pembentukan katarak yang kadang-kadang disebabkan oleh diabetes dalam darah.

Temuan lain menunjukkan bahwa antioksidan pelindung dalam kakao mengobati diabetes jangka panjang seperti nefrotoksisitas yang dapat memperburuk komplikasi diabetes pada pasien.

Baca Juga: Unik, Cokelat Ini Warnanya Pink dan Dibuat dari Biji Kakao Asli!

4. Memperkuat kesehatan jantung

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelatdigitaljournal.com

Sebuah penelitian telah menguraikan beberapa manfaat kakao yang tak terhindarkan seperti membantu memperkuat kesehatan jantung. Kakao mengandung katekin, epicatechin dan procyanidin yang memiliki sifat antioksidan untuk melindungi sel dan memperkuat jantung. Selain itu, bubuk kakao mencegah pembekuan darah yang biasanya menghalangi pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan gagal jantung yang parah.

5. Penggerak suasana hati

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelatocomecodafelicidade.com

Mengkonsumsi kakao, menurut para ilmuwan dapat memiliki efek menonjol pada suasana hati yang membantu kita melepaskan tingkat stres. Efek antidepresannya memfasilitasi proses fisiologis tertentu.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa flavonol dalam bubuk kakao menurunkan mood depresi kita dengan meningkatkan aktivitas kognitif untuk mengurangi aktivitas mental. Selain itu, keberadaan fenokhilamin neurokimia dalam bubuk kakao membantu meningkatkan perasaan puas.

6. Membantu mengobati sembelit

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelatmeli.be

Orang yang menderita sembelit kronis dapat diuntungkan dengan mengonsumsi produk-produk berbasis kakao. Bubuk kakao memberikan efek terapeutik yang membantu mengobati komplikasi pencernaan dan penyakit fungsi usus.

Para peneliti melakukan penelitian pada beberapa pasien anak untuk menilai efek bubuk kakao kaya serat pada penyakit dubur, kolon dan usus. Studi ini menemukan kakao sebagai zat yang meningkatkan fungsi dan pergerakan usus. Ini memberikan bantuan dari ketidaknyamanan pencernaan dengan melunakkan konsistensi tinja.

7. Mendukung kesehatan kulit

7 Manfaat Bubuk Kakao Bagi Kesehatan, Si Bahan Dasar Pembuat Cokelatorissapost.com

Kakao adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Temuan penelitian menunjukkan bahwa flavanol dalam kakao mengurangi efek berbahaya dari sinar ultraviolet dan mengurangi kekasaran kulit.

Selain itu, bubuk kakao dapat meningkatkan elastisitas, kepadatan, dan hidrasi kulit. Sejalan dengan ini, penelitian lain mengkonfirmasi kakao sebagai stimulan aktif hemoglobin yang pada gilirannya meningkatkan kecerahan wajah.

Seperti disebutkan di atas, kakao adalah zat kaya nutrisi yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Dengan demikian, asupan harian produk berbasis bubuk kakao dapat membantu kita mempertahankan kehidupan yang sehat meskipun sama pentingnya untuk mempertimbangkan efek samping tertentu yang dapat diperburuk oleh konsumsi yang berlebihan.

Baca Juga: Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merah

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You