Comscore Tracker

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Hari

Bahan alami yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk janin sehat dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan selama kehamilan. Jahe adalah makanan sehat yang direkomendasikan untuk wanita hamil karena vitamin dan mineral yang ditemukan di dalamnya memiliki potensi untuk mengatasi komplikasi selama kondisi tersebut.

Jahe mengandung rasa alami yang konon dapat meredakan keinginan muntah dan mual terus-menerus. Kedua masalah kesehatan itu biasa terjadi pada ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe bagi ibu hamil yang perlu kita ketahui.

1. Mencegah mual di pagi hari

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Harimumsgrapevine.com.au

Mual di pagi hari dan pusing sering terjadi pada sebagian besar kasus ibu hamil khususnya selama trimester pertama. Ibu hamil dapat meredakan kondisi stres ini dengan mengonsumsi jahe. Bahan ini berfungsi sebagai agen penenang karena berlimpah dalam kualitas. Selain itu, jahe juga merupakan sumber alami dan aman untuk mencegah masalah perut selama bulan-bulan awal kehamilan. Ibu hamil dapat memasukkan teh jahe ke dalam makanan untuk mengatasi mual dan pusing di pagi hari secara efektif.

2. Mencegah batuk dan pilek

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Harifitnesshealthforever.com

Ibu hamil menjadi rentan terhadap penyakit kesehatan ringan seperti pilek, batuk, demam, atau mual karena lambannya fungsi sistem kekebalan tubuh. Ibu hamil bisa mengatasi masalah dengan mengonsumsi teh jahe dalam diet harian. Nutrisi seperti folat, kolin, atau magnesium diperlukan untuk meningkatkan kekebalan yang membantu pemulihan cepat juga. Jahe, sebagai pembangkit tenaga nutrisi, dapat melakukan pekerjaan untuk ibu hamil secara efektif.

3. Mengontrol kadar gula darah

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Harinewspakistan.tv

Wanita hamil rentan terhadap lonjakan glukosa karena mengidam manis. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe berpotensi mengatur glukosa dalam aliran darah. Ketika dikonsumsi secara teratur, jahe membantu menjaga kadar gula agar ibu dan janin tetap sehat. Ini juga akan berfungsi untuk menyeimbangkan tingkat energi dan mencegah ibu hamil terjerumus pada kelelahan maupun pusing. Namun, ahli gizi juga mendorong untuk tidak mengonsumsi makanan olahan dan manis berlebih untuk menahan diri dari efek buruk.

Baca Juga: 8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

4. Mencegah mulas

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Harivitamedmdrx.com

Mulas adalah salah satu masalah kesehatan umum bagi sebagian besar wanita selama kehamilan. Ahli gizi merekomendasikan memilih solusi alami. Ibu hamil dapat mengobati panas dalam yang konstan dengan mengonsumsi secangkir teh hangat yang dibuat dengan jahe segar dan madu di antara waktu makannya. Kedua bahan itu mengandung kualitas penyembuhan dan menenangkan yang secara efektif dapat menangkal faktor-faktor yang berkontribusi terhadap mulas.

5. Meredakan kembung

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Hariallure.com

Kebanyakan wanita hamil sering mengalami masalah kembung. Ini terjadi ketika pencernaan lambat mencegah bayi yang belum lahir menyerap nutrisi. Masalahnya serius karena nutrisi yang tidak cukup dapat berkontribusi menimbulkan penyakit bawaan pada janin. Namun, jahe bisa menjadi sumber yang aman untuk meringankan masalah pencernaan dan menetralkan kembung. Ahli gizi menyarankan mengonsumsi jahe dengan madu jika tidak nyaman dengan rasanya.

6. Mengobati peradangan

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Harimomjunction.com

Peradangan dan pembengkakan adalah faktor umum yang harus dihadapi ibu hamil selama kehamilan. Ibu hamil dapat secara efektif mengatasi masalah ini dengan memasukkan jahe dalam jumlah sedang. Selain itu, dalam hal ini juga dapat mengonsumsi teh jahe. Namun, dalam kasus pembengkakan parah atau peradangan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut.

7. Meredakan nyeri tubuh

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Haribabycenter.com

Berbagai rasa sakit seperti persendian, punggung bagian bawah, atau perut menjadi umum bagi ibu hamil. Mengonsumsi jahe dalam bentuk apa pun bisa efektif dalam hal ini karena berfungsi pada tingkat hormon. Ibu hamil akan merasakan intensitas nyeri yang rendah dalam waktu singkat. Ahli gizi mengatakan bahwa konsumsi jahe secara teratur dapat membantu meringankan faktor yang menyebabkan rasa sakit di punggung dan perut.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi selama kehamilan karena membantu memperkuat kesehatan ibu hamil secara keseluruhan dan janin. Jahe bisa menjadi pilihan yang sehat juga, tetapi jangan mengabaikan kenyataan bahwa segalanya, bahkan makanan alami berfungsi dengan baik dalam jumlah sedang.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Mual, Inilah 5 Khasiat Teh Jahe untuk Kesehatan 

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya