Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisi

Baik untuk dikonsumsi setiap hari

Memiliki beragam manfaat dan relatif mudah didapat membuat alpukat menjadi favorit banyak orang untuk dikonsumsi setiap hari.

Di Meksiko, alpukat menjadi menu wajib untuk makan sehari-hari dengan diolah menjadi saus yang nikmat dan sehat, yakni guacamole. Kira-kira apa saja khasiat atau manfaat alpukat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit?

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan

5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisirilis.id

Kandungan berbagai vitamin seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E yang terdapat pada alpukat dipercaya sangat baik untuk mengatasi penyakit asam lambung, kandungan vitamin-vitamin tersebut juga dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan luka yang ada di dalam dinding lambung.

Selain itu, alpukat juga kaya akan serat yang akan membuat sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

2. Menghilangkan stres

5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisipexels/Dương Nhân

Buah alpukat bisa menghilangkan stres dan mencegah depresi. Menurut penelitian, kandungan folat atau vitamin B9 pada buah alpukat dapat membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh.

Banyaknya homosistein dalam tubuh bisa membuat terganggunya produksi hormon serotonin, dopamine, dan juga neropinephrine yang berfungsi memberikan efek ketenangan dan mencegah rasa cemas yang berlebihan.

3. Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat

5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisistarmometer.com

Manfaat penting alpukat lainnya adalah bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, alpukat diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau mono-saturated fat serta kandungan serat yang tinggi yang dipercaya bisa membantu meningkatkan kerja hormon insulin yang berfungsi untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasa

4. Membantu menurunkan berat badan

5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisipexels/rawpixel.com

Alpukat kaya akan kandungan lemak nabati tak jenuh tunggal, lemak jenis ini dikenal sebagai lemak baik karena mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Kandungan lemak tak jenuh itulah yang dapat membantu menurunkan berat badan, dengan mengonsumsi lemak baik tersebut tubuh kita akan merasakan kenyang lebih lama, sehingga bisa menahan keinginan untuk ngemil dan mengurangi nafsu makan.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

5 Manfaat Buah Alpukat yang Ternyata Kaya Akan Nutrisirosannadavisonnutrition.com

Alpukat mengandung vitamin E yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, meregenerasi sel kulit mati, melembutkan kulit dan juga mengatasi kulit kering. Selain itu, alpukat juga bagus bagi kesehatan rambut kita, kandungan berbagai macam vitamin dan asam lemak omega 3 pada alpukat dipercaya bisa menjaga kesehatan rambut.

Wah, banyak ya manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Masih ragu untuk mengonsumsinya?

Baca Juga: Sehat & Mudah, 5 Dessert Berbahan Alpukat yang Bisa Dibuat Sendiri

Angga Photo Community Writer Angga

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Wendy Novianto

Just For You