Comscore Tracker

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinya

Mana yang pernah kamu alami?

Salah satu cedera yang paling sering dialami oleh manusia adalah cedera lutut. Lutut rentan mengalami cedera karena merupakan sendi kompleks dengan banyak komponen. Dilansir dari berbagai sumber, ada sekitar 2,5 juta atlet yang cedera setiap tahunnya.

Pengobatannya sendiri pun bermacam-macam, mulai dari tindakan sederhana hingga perlu pembedahan. Buat kamu yang suka beraktivitas dan berolahraga, pahami cedera lutut yang sering terjadi ini agar sebisa mungkin bisa menghindarinya.

1. Keseleo berupa sakit dan nyeri ketika digerakkan

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyacellcode.us

Keseleo terjadi saat ligamen atau jaringan ikat yang berada di lutut terluka. Ligamen berfungsi untuk melindungi tulang dan sendi. Selain itu, berfungsi juga untuk memudahkan bergerak. Itu sebabnya ligamen bersifat fleksibel dan lentur.

Keseleo biasanya terjadi saat mendarat dengan salah. Biasanya terjadi saat kamu melakukan olahraga basket atau sepakbola. Gejala yang ditimbulkan adalah kemerahan dan rasa nyeri saat berjalan. 

2. Dislokasi atau posisi tulang lutut yang gak pada tempatnya

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyamassage.ru

Dislokasi terjadi saat tulang lutut gak berada pada tempatnya, baik sebagian maupun keseluruhan. Salah satu contohnya saat tulang paha dan tulang kering yang keluar dari posisinya semula.

Pada struktur lutut yang normal, dislokasi terjadi karena jatuh, kecelakaan motor dan olahraga ekstrem. Biasanya butuh penanganan berupa operasi untuk mengembalikan posisinya. Namun, di Indonesia ada pengobatan alternatif, salah satunya dengan cara diurut. 

Baca Juga: Suka Jogging? Hindari 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Lari Ini

3. Patah Tulang karena benturan keras

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyaorthoinfo.aaos.org

Patah tulang biasanya terjadi setelah mengalami benturan yang luar biasa, seperti jatuh, hantaman, hingga kecelakaan. Adapun, tulang yang patah adalah tulang tempurung lutut. Cedera ini jadi salah satu yang paling fatal karena perlu mendapatkan penanganan medis yang serius berupa operasi. 

4. Cedera bantalan sendi lutut yang bikin nyeri

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyaorthoinfo.aaos.org

Bantalan sendi lutut atau meniskus berperan untuk mencegah lutut mendapat benturan. Selain itu juga untuk menghindari gesekan tulang lutut dengan tulang di sekitarnya.

Cedera ini biasa terjadi karena bantalan sendi lutut terbentur keras hingga sobek. Akibatnya, kamu akan merasakan nyeri, kaku dan bengkak.  

5. Sindrom nyeri lutut karena sering menggerakkan sendi

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyaprecisionmovement.coach

Sindrom nyeri lutut (patellofemoral pain syndrome ) terjadi karena lutut terlalu sering digunakan hingga menimbulkan rasa sakit. Biasanya terjadi karena terlalu lama lari atau bersepeda. Rasa nyeri ini akan kamu rasakan di sekitar atau belakang lutut.

Rasa sakitnya akan makin parah jika kamu gerakkan. Namun, nyeri yang ada bisa diredakan dengan istirahat yang cukup.

6. Bursitis atau radang kantung lendir

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyascientificanimations.com

Bursae adalah kantung berisi cairan kecil, yang melindungi sendi lutut dan memungkinkan tendon dan ligamen untuk meluncur dengan mudah di atas sendi. Kantung-kantung ini bisa membengkak dan meradang karena terlalu sering kena tekanan atau berlutut. Ini dikenal sebagai radang kantung lendir.

Sebagian besar kasus radang kantung lendir tidak serius dan dapat diobati dengan perawatan sendiri. Namun, beberapa kasus mungkin memerlukan perawatan atau pemberian antibiotik, yang merupakan prosedur dengan menggunakan jarum untuk menarik cairan berlebih.

7. Iliotibial band syndrome

7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menanganinyaphysicalhealthcare.com.au

Iliotibial band syndrome umum terjadi di antara pelari jarak jauh. Hal ini disebabkan ketika iliotibial band, yang terletak di bagian luar lutut, bergesekan dengan bagian luar sendi lutut.

Biasanya, rasa sakit dimulai sebagai iritasi ringan. Rasa ini secara bertahap dapat berkembang ke level di mana pelari harus berhenti berlari selama suatu periode, untuk membiarkan band iliotibial sembuh.

Jika kamu suka berolahraga, kamu bisa menghindari cedera lutut dengan memakai sepatu yang pas dan pelindung lutut. Lakukan juga pemanasan dan hindari olahraga dengan intensitas berlebih. Selain itu, jagalah berat badanmu agar lututmu gak menopang berat terlalu banyak.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Berlari Cepat dan Gak Mudah Lelah untuk Semua Orang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You