Comscore Tracker

SIRANAP RS: Aplikasi Cek Kamar Kosong di RS dari Kemenkes

Diharapkan bisa menolong masyarakat yang kebingungan

Jumlah kasus COVID-19 kembali naik beberapa waktu belakangan ini. Rumah sakit pun mulai kewalahan dalam menanganinya dan tidak sedikit yang harus menolak pasien dikarenakan penuhnya kamar di sana. Tentu saja situasi ini tidak mengenakkan bagi mereka para pasien yang sedang dalam kondisi darurat dan harus mencari tempat perawatan.

Melihat situasi ini, Kementerian Kesehatan pun mengupayakan solusi terbaik bagi pasien maupun pihak rumah sakit. Hasilnya adalah kehadiran satu aplikasi yang mampu memberikan info rumah sakit manakah yang masih menyediakan kamar untuk pasien COVID-19. Berikut ini adalah informasinya.

1. Aplikasi Kementerian Kesehatan ini mampu memberikan info kamar kosong di suatu rumah sakit

SIRANAP RS: Aplikasi Cek Kamar Kosong di RS dari Kemenkesilustrasi ventilator (zhl.org.in)

Bernama Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (SIRANAP), aplikasi ini dihadirkan Kementerian Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan informasi kamar kosong bagi masyarakat yang sedang tinggi akibat kasus COVID-19. Aplikasi ini memberikan informasi secara real time dan online. Itu artinya informasi kamar kosong akan terus diperbarui setiap saat sesuai dari update rumah sakit.

Baca Juga: Obat Cacing Ivermectin untuk COVID-19, Efektif Sembuhkan Pasien?

2. SIRANAP muncul akibat banyaknya keluhan ketidaktersediaan kamar perawatan COVID-19

SIRANAP RS: Aplikasi Cek Kamar Kosong di RS dari KemenkesIlustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Merajalelanya COVID-19 membuat kamar rawat inap beberapa rumah sakit hampir selalu penuh. Permasalahannya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui hal tersebut akibat keterbatasan informasi dan berakhir bingung ketika ditolak untuk dirawat di sana. Padahal di tempat lain, masih ada rumah sakit yang mau menerima pasien.

Dari situasi inilah, Kementerian Kesehatan berinisiatif membuat jembatan informasi bagi kedua belah pihak. Lewat SIRANAP, masyarakat yang merasa membutuhkan layanan rawat inap bisa melihat terlebih dahulu rumah sakit mana yang menyediakan layanan perawatan COVID-19 dan juga punya kamar kosong.

3. Tersedia di situs resmi Kementerian Kesehatan dan juga PlayStore

SIRANAP RS: Aplikasi Cek Kamar Kosong di RS dari Kemenkesaplikasi SIRANAP (yankes.kemkes.go.id)

Untuk mendapatkannya, pertama kamu perlu mengakses situs kementerian kesehatan terlebih dahulu. Linknya adalah https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap. Di situs ini pilihlah terlebih dahulu kamar kosong manakah yang kamu butuhkan. Apakah itu untuk pasien COVID-19 atau tidak. Jika sudah, nanti kamu akan dibawa ke laman pemilihan daerah. Pilih daerah yang kamu huni dan dari situ akan muncul pilihan rumah sakit.

Pilih rumah sakit tersebut dan kamu bakal melihat informasi lebih lanjut terkait kamar kosong yang tersedia. Mulai dari kamar berfasilitas ventilator sampai hanya sekedar kamar untuk isolasi, semua informasi tersebut tersedia di situs itu.

Jika kamu lebih memilih dalam bentuk aplikasi. Kamu bisa mengunduhnya melalui hape Android-mu di PlayStore. Belum ada keterangan lebih lanjut apakah aplikasi tersebut sudah hadir pula untuk pengguna iOS atau di App Store.

Ada baiknya kamu segera mengunduh aplikasi ini sesegera mungkin. Tujuannya tidak lain adalah demi bersiap-siap untuk kondisi darurat.

Baca Juga: Beda dari Orang Dewasa? Kenali Gejala COVID-19 pada Anak

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya