Comscore Tracker

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepaya

Wangi dan banyak manfaatnya!

Siapa yang tidak kenal buah pepaya? Buah yang sering kita temui di gerobak rujak ini memiliki rasa manis yang tidak overwhelming dan segar, sehingga bisa kita makan terus menerus. Selain itu, buah ini juga memiliki khasiat antioksidan yang membuat tubuh lebih sehat.

Selain dimakan, ternyata pepaya pun dijadikan produk kecantikan, lho, yaitu dalam bentuk sabun. Kamu bisa ke pasar atau ke supermarket dan kamu akan menemukan sabun pepaya di rak produk kebersihan diri. Pernah pakai? Atau, sekarang kamu sedang pakai?

Jika kamu sedang memakainya, berita baiknya ada berbagai manfaat yang menunggumu. Dari menyehatkan kulit sampai membersihkan noda yang membandel, inilah fakta dan manfaat sabun pepaya yang menyehatkan!

Mengenai sabun pepaya

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun PepayaSabun pepaya. istock.com/KenanOlgun

Sabun pepaya adalah sabun alami dan lembut yang aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Sama seperti sabun biasa, sabun pepaya juga membersihkan dan menghilangkan kotoran.

Tetapi tidak seperti sabun biasa yang terlalu "keras" untuk kulit, menghilangkan minyak alami di permukaannya. Hal ini dikarenakan sabun biasa bisa mengandung deterjen sintetis dan senyawa lain yang dapat merampas kelembapan kulit, sehingga menyebabkan jerawat, psoriasis, serta kulit kering dan gatal.

Sementara, sabun pepaya terbuat dari bahan-bahan yang menambah kecantikan secara alami! Salah satu bahan alami pada sabun pepaya adalah enzim pemecah protein, papain. Selain menyehatkan pencernaan, papain juga dapat bertindak sebagai senyawa anti-inflamasi.

Sabun pepaya juga mengandung vitamin C, antioksidan yang mengatur pigmen kulit dan memicu produksi kolagen yang meremajakan kulit. Selain vitamin C, sabun pepaya juga mengandung vitamin A yang membantu produksi sel kulit baru, mengurangi flek hitam, noda kulit, dan bekas luka.

1. Mengangkat sel kulit mati

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepayamakeupandbeauty.com

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat "mengelupaskan" kulit yang tidak berguna atau eksfoliasi dan membuatnya tampak lebih sehat dan segar.

Sabun pepaya mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Memang, kulit akan memperbarui dirinya sendiri secara alami. Tetapi, dengan sabun pepaya, eksfoliasi terjadi secara teratur, sehingga membuat kulit lebih cerah secara merata dan halus.

2. Menghilangkan jerawat

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepayapuristry.com

Kesal kulit wajahmu berjerawat? Tenang saja, sabun pepaya dapat membantu membersihkan noda pada wajah dan mengurangi munculnya jerawat!

Sebagai enzim pelarut protein, papain secara efektif menghilangkan keratin yang rusak. Sekadar informasi, keratin adalah protein utama pada kulit; namun, jika menumpuk di kulit wajah, dapat menyebabkan pembentukan benjolan jerawat.

Selain itu, khasiat eksfoliasi dari sabun pepaya juga mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori, sehingga mengurangi risiko jerawat.

3. Mengurangi rasa sakit akibat sengatan serangga

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun PepayaGigitan serangga di kulit. id.theasianparent.com

Gigitan atau sengatan serangga bikin kulit bentol dan iritasi? Gosokkan sabun pepaya!

Menggosokkan sabun pepaya pada daerah kulit yang gigitan atau sengatan serangga dapat membantu meredakan nyeri, gatal, bengkak, dan kemerahan. Hal ini dikarenakan enzim papain dapat mengurangi inflamasi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Beberapa racun dari gigitan atau sengatan serangga mengandung peptida, molekul bahan penyusun protein. Sesuai dengan fungsinya, enzim papain dapat memecah protein ini, dan meredakan iritasi kulit.

Baca Juga: 10 Minyak Gosok Khas Indonesia dengan Banyak Khasiat, Ada Favoritmu?

4. Menghilangkan noda

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun PepayaSumber Gambar: elle.com

Selain sabun muka dan tubuh, ternyata sabun pepaya bisa dijadikan deterjen. Percaya atau tidak, sabun pepaya juga dapat menghilangkan noda membandel di pakaian!

Sabun berbahan dasar papain memiliki kemampuan untuk “melahap” protein. Oleh karena itu, mencuci noda membandel di pakaian dengan sabun pepaya bisa menghilangkan noda rumput, noda telur, dan noda berbasis protein lainnya dengan mudah.

5. Membuat kulit lebih cerah

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun PepayaUnsplash/Caroline Hernandez

Kulitmu tertutupi bintik-bintik hiperpigmentasi? Jika warna kulitmu tidak merata, sabun pepaya dapat membantu menghaluskan warna kulit secara merata!

Hiperpigmentasi adalah kondisi penggelapan atau perubahan warna pada kulit. Karena sabun pepaya memiliki eksfoliasi kulit mati, sabun pepaya secara bertahap dapat mengurangi munculnya bercak hitam, sehingga mencerahkan kulit Anda.

Efek samping dan batas pemakaian sabun pepaya

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepayamindfulavocado.com

Beberapa orang mungkin tidak cocok dengan sabun pepaya. Sebelum menggunakan sabun pepaya, coba tes sabun pada sebagian kecil kulitmu. Jika kulit menunjukkan reaksi alergi seperti muncul benjolan, bengkak, atau berubah kemerahan, jangan coba-coba pakai!

Kamu juga harus menghindari sabun pepaya jika memiliki riwayat alergi terhadap buah pepaya atau getahnya. Papain diperoleh dari getah buah pepaya yang masih mentah. Meskipun sabun pepaya alami, jika kamu alergi, segala manfaatnya itu malah berbalik menyerangmu.

Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun PepayaSabun pepaya. istockphoto.com/thodsaph

Itulah beberapa fakta, manfaat, dan peringatan menggunakan sabun pepaya. Terbuat dari bahan alami, sabun pepaya dapat menyehatkan kulit hingga membantumu mencuci pakaian dengan noda membandel. Seampuh skincare yang mahal!

Mau coba pakai? Ingat, jika kamu alergi pepaya dan getahnya, jangan coba-coba pakai karena bukannya sehat, kulitmu malah iritasi karena alergi.

Baca Juga: 7 Khasiat Minum Teh Setiap Hari, Cegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya