TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begini 5 Cara dan Tahap Penularan Virus Corona pada Manusia, Waspada!

Virus ini mudah menular dan masa inkubasinya cukup singkat

niemanlab.org

Virus Corona penyebab wabah pneumonia di Tiongkok kini semakin meresahkan warga dunia. Sebab virus tersebut telah menyebar ke 39 negara, bahkan sudah menyebar hingga ke Benua Afrika. Mesir dan Al Jazair masing-masing melaporkan satu pasien di negaranya sudah terjangkit virus corona. 

Sementara, pemerintah masih menyatakan Indonesia bebas dari virus yang diberi nama COVID-19 itu. Kendati, negara tetangga sudah lebih dulu menyatakan mereka memiliki pasien yang terjangkit virus mematikan itu. 

Korban yang disebabkannya pun kian bertambah. Menurut laporan terakhir, sudah ada 2.765 yang meninggal karena virus tersebut. Walaupun di saat yang bersamaan, ada pula pasien yang dinyatakan sembuh dan dibolehkan meninggalkan rumah sakit. Lantas, bagaimana tahap dan cara penularan virus ini sehingga ia bisa menyebar dengan cepat? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

1. Virus ini pada awalnya berasal dari pasar ikan lokal di Wuhan, Tiongkok

nyt.com

Menurut penelusuran otoritas setempat, virus corona berasal dari hewan liar yang diperdagangkan di pasar ikan di Wuhan, Tiongkok. Orang pertama yang jatuh sakit karenanya pun merupakan para penjual di sana. 

Awalnya, petugas mengira bahwa virus ini hanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun setelah pengamatan dilakukan, penularan antarmanusia pun sangat mungkin untuk terjadi. Inilah yang membuat virus corona mudah menyebar.

2. Virus corona menular melalui lima cara

voanews.com

Dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya. Apa sajakah itu? Simak berikut inI:

  • Transmisi dari cairan: air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin;
  • Transmisi dari udara: virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya;
  • Transmisi kontak: virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir;
  • Transmisi dari hewan: orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut;
  • Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien rentan untuk tertular. 

Baca Juga: 3 Golongan Orang yang Paling Rentan Terserang Virus Corona, Hati-hati!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya