Comscore Tracker

Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Jangan buru-buru pakai obat

Terinfeksi kutu rambut bisa jadi hal yang sangat mengganggu. Sebab, kutu rambut menyebabkan kulit kepala menjadi gatal-gatal, bahkan kadang memicu sensasi terbakar. Terlebih, kutu juga sangat mudah menular dari orang satu ke orang yang lain sehingga harus segera diatasi.

Sebenarnya, saat ini banyak tersedia obat-obatan untuk membasmi kutu rambut. Sayangnya, obat ini tidak selalu bekerja secara efektif dan tidak disarankan untuk digunakan sebagai pengobatan pertama untuk mengatasi kutu rambut.

Nah, kalau kamu atau orang terdekatmu mengalami masalah dengan kutu rambut, gunakan beberapa bahan alami ini untuk mengatasinya.

1. Minyak Kelapa

Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnyaunsplash.com/Tijana Drndarski

Menurut studi yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology yang membandingkan beberapa obat kutu alami dan obat yang dijual di pasaran, minyak kelapa murni termasuk pengobatan yang paling efektif. Dalam waktu 4 jam setelah mengoleskan minyak, rata-rata 80 persen kutu sudah mati.

Caranya, panaskan minyak dan oleskan dalam jumlah yang banyak di kulit kepala. Pijat kepala selama beberapa menit kemudian bungkus dengan shower cap. Biarkan selama 2 jam kemudian sisir dengan serit untuk menghilangkan kutu yang mati dan telurnya. Setelah itu, keramas seperti biasa.

Setelah rambut kering, oleskan minyak kelapa hangat lagi, tutup dengan shower cap, dan biarkan semalaman. Esok paginya, sisir rambut untuk menghilangkan semua kutu dan telur yang mati. Keramas dan bilas untuk membersihkan minyak. Ulangi cara ini satu atau dua kali setiap minggunya.

Cara ini efektif lantaran minyak kelapa akan menyebabkan kutu dan telurnya sulit menempel di rambut dan kepala. Ditambah, penggunaan sisir kutu atau serit yang membuat pengobatan ini makin efektif.

2. Cuka

Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnyainstagram.com/heinz_sg

Campur cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran ini pada kulit kepala lalu tutupi kepala dengan handuk dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, sisir rambut untuk menghilangkan kutu dan telur.

Setelah memastikan tidak ada lagi kutu maupun telur yang tersisa saat menyisir rambut, bilas rambut secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa kutu, telur, dan cuka. Kamu bisa menggunakan cuka putih maupun cuka apel dan mengulangi cara ini setiap kali dibutuhkan.

Cara ini bekerja karena kandungan asam asetat pada cuka mampu melonggarkan ikatan yang kuat antara telur kutu dan rambut sehingga mempermudah aktivitas menghilangkan kutu dewasa serta telur kutu.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Jarak Atasi Masalah Rambut, Bikin Sehat Berkilau

3. Baking Soda

Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnyadentalblu.com

Campurkan baking soda dan kondisioner dengan perbandingan 1:3 kemudian oleskan campuran ini di seluruh kulit kepala dan rambut. Setelah itu, sisir setiap bagian rambut dan bersihkan sisir pada serbet.

Kamu akan melihat kutu dewasa, kutu bayi, dan telur kutu yang menempel di sisir. Setelah seluruh rambut selesai disisir, cuci dengan sampo hingga bersih. Untuk menghilangkan kutu secara total, lakukan cara ini selama beberapa hari berturut-turut.

Menurut buku The Lice-Buster Book, cara ini cukup efektif lantaran baking soda membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Ketika dikombinasikan dengan kondisioner, campuran ini mampu membunuh kutu dengan mengganggu sistem pernapasannya.

4. Petroleum Jelly

Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnyainstagram.com/vaselinebrand

Menurut penelitian dalam jurnal The Cochrane Database of Systematic Reviews, petroleum jelly dapat membunuh kutu dan juga telurnya dengan membuatnya mati lemas.

Karena petroleum jelly bisa menyebabkan minyak berlebih, untuk menghilangkannya perlu dicuci berulang-ulang. Namun, pengobatan ini sangat efektif, terlebih bagi orang-orang yang kebal terhadap obat kutu.

Yang perlu kamu lakukan, oleskan sejumlah besar petroleum jelly ke kulit kepala saat malam kemudian bungkus kepala sampai keesokan harinya. Esoknya, siapkan sisir serit yang sudah diolesi dengan baby oil kemudian sisir tiap bagian rambut untuk menghilangkan kutu beserta telurnya.

5. Minyak Kayu Putih

Sudah Terbukti! 5 Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnyaunsplash.com/Jazmin Quaynor

Campurkan minyak kayu putih dengan minyak pembawa, misalnya minyak zaitun atau minyak sayur, lalu oleskan pada seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup dengan shower cap dan biarkan semalaman. Esok paginya, sisir rambut untuk menghilangkan kutu yang telah mati dan kemudian cuci rambut seperti biasa. Ulangi cara ini setiap kali diperlukan.

Cara ini efektif. Menurut Journal of Medical Entomology, minyak kayu putih adalah fumigan kuat yang membunuh kutu secara efektif. Bahkan, ini telah terbukti, bahkan bekerja efektif dalam melawan kutu yang resistan terhadap perawatan kimia.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, pastikan juga kamu selalu menjaga kebersihan rambut agar tidak tertular kutu.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Rambut dan Kulit Kepala

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya