Comscore Tracker

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Ini

Karang gigi dapat menimbulkan penyakit lain pada gigi

Karang gigi atau dalam bahasa medisnya disebut kalkulus adalah penumpukan plak pada gigi yang terjadi terus menerus hingga menutupi lapisan gigi. Jika terus dibiarkan, karang gigi bisa menimbulkan masalah serius.

Selain merusak kecantikan gigimu, karang gigi dapat memicu penyakit lain seperti gingivitis dan perodontitis. Gak mau kan itu terjadi pada kamu? Makanya simak terus artikel ini karena akan membahas kebiasaan yang menjadi penyebab munculnya karang pada gigi.

1. Jarang menggosok gigi

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Inigovtech.com

Tidak ada orang lain yang akan memperhatikan jika kamu tidak menyikat gigi dua kali sehari, tetapi gigimu akan tahu. Plak dapat diibaratkan seperti "lebah".

Kalau kamu tidak rajin membersihkannya, mereka akan "membangun sarang" pada gigimu dan akan terus meluas. Gosoklah gigimu dengan benar minimal dua kali sehari untuk menghindari penumpukan plak.

2. Tidak menggosok gigi dengan benar

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Iniguiame.com.br

Meski kamu sudah rajin menggosok gigimu dua kali per hari, itu belum menjamin gigimu terhindar dari plak dan karang gigi. "Rajin" saja tidak cukup untuk membersihkan mulutmu, namun diperlukan juga ketelatenan dengan prosedur yang benar.

Dilansir dari mouthhealthly.com, cara yang benar dalam menyikat gigi adalah pertama tempatkan sikat gigi kamu pada sudut 45 derajat ke gusi. Perlahan gerakkan sikat ke depan dan ke belakang dengan gerakan pendek.

Gosok permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan "mengunyah" gigi. Untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa sapuan ke atas dan ke bawah.

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Inionedio.com

Dilansir dari healthline.com, gula menarik bakteri jahat dan menurunkan pH mulut kamu.
Dua bakteri perusak yang ditemukan di mulut adalah Streptococcus mutans dan Streptococcus sorbrinus.

Keduanya "memakan" gula yang kamu kunyah dan pada akhirnya akan membentuk plak gigi. Lama-kelamaan plak tersebut menjadi lapisan lengket dan tidak berwarna yang nantinya menciptakan karang pada permukaan gigi.

Baca Juga: Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa Diremehkan

4. Sering minum soda

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Inieuractiv.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, soda "mencuci" mulut kamu dengan kandungan gula dengan setiap tegukan. Hal ini menjadikannya tempat berkembang biak yang sempurna untuk plak.

Soda juga mempunyai sifat asam. Minum soda secara rutin dapat membuat mulut lebih asam. Ini meningkatkan risiko gigi berlubang, kerusakan email, dan penyakit gusi.

5. Terlalu banyak menyantap makanan kaya karbohidrat

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Inicooking.nytimes.com

Plak berkembang ketika makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan pati), seperti susu, minuman ringan, kismis, kue, atau permen, sering tertinggal di gigi. Dilansir dari my.clevelandclinic.org, bakteri yang hidup di mulut tumbuh subur pada makanan ini dan menghasilkan asam. Selama periode waktu tertentu, asam-asam ini merusak enamel gigi, menghasilkan kerusakan gigi.

6. Merokok

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Initn.com.ar

Merokok telah terbukti memberikan banyak sekali dampak negatif untuk kesehatan, termasuk merusak gigi. Dilansir dari onhealth.com, penggunaan tembakau mengeringkan mulut kamu dan meningkatkan jumlah penumpukan plak di sekitar gigi.

Perokok lebih cenderung kehilangan gigi dibandingkan dengan bukan perokok karena penyakit gusi. Selain itu, penggunaan tembakau adalah faktor risiko besar untuk kanker mulut. 

7. Malas ke dokter gigi

Karang Gigi Bisa Timbul Menumpuk akibat 7 Kebiasaan Buruk Kamu Iniesseldental.com/Essel Dental

Siapa yang takut pergi ke dokter gigi sampai sekarang? Sebagian orang memang punya pengalaman buruk dengan dokter gigi. Rasa ngilu saat gigimu "dibor" masih terngiang sampai saat ini, namun bukan berarti kamu tidak akan kembali mengunjungi dokter gigi. 

Dengan rajin mengunjungi dokter gigi, maka kesehatan mulut dan gigimu akan selalu terpantau dan terjaga. Kamu bisa terus mengonsultasikan tentang kesehatan gigi dan mencegah hal-hal yang bisa menimbulkan masalah seperti karang gigi.

Jadi, itulah beberapa kebiasan buruk yang bisa menyebabkan gigimu berkarang. Hindari hal-hal di atas tadi jika kamu tidak mau gigimu terlihat jelek dan tidak sehat. Rajin rajin gosok gigi ya!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya