Comscore Tracker

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido 

Mudah didapat dan khasiatnya menggairahkan!

Makanan yang dapat membantu meningkatkan libido biasa disebut afrodisiak, yang diambil dari nama dewi cinta Yunani Kuno, Aphrodite. Makanan yang kaya akan zink adalah yang paling terkenal dengan kandungan afrodisiaknya, seperti yang ditemukan dalam tiram, kepiting, daging merah, dan kacang-kacangan.

Zink sendiri telah dibuktikan bermanfaat untuk mendukung kesuburan pria, berdasarkan temuan studi dalam Journal of Reproduction and Infertility tahun 2018. Selain makanan yang mengandung zink, ada pula bahan pangan lain yang juga mampu mendorong peningkatan libido.

Nah, kali ini kamu akan mengetahui apa saja daftar makanan untuk meningkatkan gairah seksual yang bermanfaat untuk mendorong stamina di ranjang. 

1. Buah tin

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido ilustrasi buah tin (pexels.com/SkylerEwing)

Buah tin atau buah ara memiliki rasa manis yang tidak hanya enak ketika dimakan, tetapi juga dapat memberikan "rasa manis" yang kamu butuhkan di ranjang. 

Buah berdaging lembut ini mengandung magnesium, yang menurut studi dalam International Journal of Andrology tahun 2011 bermanfaat dalam membantu menghasilkan hormon seks untuk merangsang libido.

Tidak hanya itu, buah tin juga memiliki nutrisi asam amino yang bisa membuat pembuluh darah rileks. Ketika pembuluh darah rileks, itu bisa meningkatkan aliran darah ke semua bagian tubuh, termasuk area genital yang akan lebih mudah terstimulasi.

2. Ikan salmon

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido ilustrasi hidangan ikan salmon (freepik.com/valeria-aksakova)

Ikan salmon telah menjadi favorit sebagian orang karena keunggulan nutrisinya yang sepadan dengan harganya yang lebih mahal dari jenis ikan lainnya. 

Kandungan omega-3 dalam salmon dapat meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, yang mana keduanya berkontribusi dalam membangkitan semua indra yang dimiliki manusia. Selanjutnya, itu akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk menyuruh tubuh rileks dan mendapat suasana hati yang baik.

Alhasil, jika rutin makan ikan salmon (atau ikan berlemak lainnya) maka kemungkinan kamu bisa lebih bergairah karena nutrisinya dapat menstimulasi libido secara alami.

3. Asparagus

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido ilustrasi asparagus (pixabay.com/Pezibear)

Asparagus adalah sayuran yang cocok disantap bersama sajian salmon. Dobel, deh, hasilnya!

Asparagus tinggi akan kandungan folat yang membantu produksi histamin tubuh. Histamin adalah faktor kunci dalam dorongan seks yang sehat untuk laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik untuk Vagina, Bantu Meningkatkan Gairah Seksual

4. Cabai

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido Ilustrasi cabai (unspalash.com/Eduardo Jaeger)

Tidak ada yang bisa mengalahkan cabai dalam membumbui kehidupan seks kamu dan pasangan. Ini karena makanan pedas, misalnya dari cabai, bisa meningkatkan detak jantung dan memompa aliran darah dalam tubuh. 

Dilansir Mind Body Green, diketahui bahwa cabai bisa melepaskan endorfin yang membuat kamu bersemangat dan bergairah. Bahkan, bagi seorang pria telah terbukti bahwa mengonsumsi makanan pedas berkaitan dengan peningkatan hormon  testosteron.

Kabar baik itu dibuktikan penelitian yang dilakukan oleh Université Grenoble Alpes, Prancis, terhadap 114 pria berusia 18-44 tahun. Dilansir Self, konsumsi makanan pedas bisa membantu meningkatkan dorongan seksual pria.

5. Ubi jalar

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido ilustrasi ubi jalar (pexels.com/Mary Rose)

Ubi jalar merupakan sumber vitamin A yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Menurut Ben's Natural Health, vitamin A berguna untuk membantu menjaga kesehatan vagina, rahim, bahkan juga dinilai membantu menghasilkan hormon seks. 

Selain kandungan vitamin A, ubi jalar juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu masalah seksual yang umum adalah disfungsi ereksi yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Bahan pangan yang menyehatkan ini juga telah dimasukkan ke dalam makanan yang direkomendasikan oleh United States Department of Health and Human Services. Jadi, jika kamu rutin makan ubi jalar dan mengolahnya dengan sehat, bukan tidak mungkin kecakapan seksual kamu bisa meningkat!

6. Persik

Tak Banyak Dilirik, 6 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Libido ilustrasi buah peach (pexels.com/JONATHAN PAGAOA)

Sering menjadi simbol keseksian, buah yang memiliki visual sensual ini juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual. Buah persik atau peach memiliki banyak vitamin C, yang mana ini berkhasiat untuk mendorong libido pada perempuan.

Sementara pada laki-laki, kandungan vitamin C ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Jadi, dengan limpahan nutrisi yang dimiliki buah peach ini bisa memberikan energi yang diperlukan untuk mempertahankan aktivitas seksual. 

Beberapa makanan untuk meningkatkan libido yang dipaparkan di atas adalah upaya yang baik untuk mengetahui apa saja bahan dari alam yang bermanfaat untuk kehidupan seks. Akan tetapi, jangan lupa bahwa ada faktor lain yang juga memengaruhi performa seksual yang harus diperhatikan, ya! Praktikkanlah pola makan sehat bergizi seimbang dan pola hidup sehat agar hasilnya makin maksimal!

Penulis: Dian Rahma Fika Alnina

Baca Juga: 10 Aromaterapi yang Meningkatkan Gairah Seksual

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya