Comscore Tracker

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!

Sakit sedikit bukan berarti tidak berpenyakit

Setiap perempuan, terutama yang telah memasuki masa pubertas, pasti pernah mengalami rasa sakit atau nyeri pada bagian puting payudaranya. Kondisi ini sangat umum dialami, tetapi bukan berarti dapat dibiarkan begitu saja.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada puting payudara. Beberapa memang bukan kondisi yang mengkhawatirkan seperti alergi atau PMS. Namun, ada pula beberapa kondisi lain yang menyiratkan adanya masalah dalam tubuh yang memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. Berikut ini beberapa penyebab puting payudara sakit!

1. Menstruasi dan kehamilan

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!Pixabay/StockSnap

Penyebab rasa sakit pada puting payudara yang paling umum adalah karena pengaruh hormon yang terjadi pada siklus menstruasi dan kehamilan. Adapun hormon yang sangat berperan dalam dua siklus khas kaum hawa ini adalah estrogen dan progesteron.

Rasa nyeri ini biasanya juga disertai dengan sensitivitas tinggi. Dalam siklus menstruasi, biasanya puting menjadi sakit beberapa hari menjelang sebelum hari pertama menstruasi atau yang lebih sering disebut sebagai PMS.

Sementara itu, bagi perempuan yang sedang hamil, rasa sakit ini biasanya dimulai dalam rentang minggu keempat hingga ketujuh dan berlangsung sepanjang trimester pertama.

2. Gesekan bahan pakaian

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!ilustrasi olahraga (independent.co.uk)

Penyebab paling umum berikutnya dari rasa sakit pada puting payudara adalah gesekan. Beberapa bahan pakaian dengan kualitas kurang apik terutama pada pakaian olahraga yang ketat dan digunakan dalam waktu cukup lama berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan ini.

Selain membuat rasa nyeri yang menyengat, gesekan juga bisa membuat puting menjadi kering dan kasar. Untuk mencegahnya, beberapa perempuan yang sensitif dengan faktor ini bisa menggunakan plester khusus selagi berolahraga.

3. Dermatitis

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!ilustrasi parfum (istockphoto.com)

Dermatitis merupakan sebuah peradangan dan kondisi umum yang terjadi, terutama di daerah yang sensitif. Puting payudara pun dapat bereaksi dengan cukup cepat pada berbagai perubahan yang terjadi di sekitarnya, seperti detergen yang digunakan untuk mencuci, parfum, dan berbagai bahan kimia lain hingga perubahan suhu.

Pada puting payudara, dermatitis juga menyebabkan rasa gatal, merah, hingga merekah. Adapun jenis dari dermatitis yang cukup sering terjadi pada area payudara adalah eksem.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Terserang Kanker Payudara, Penting untuk Diketahui!

4. Kontak seksual

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!ilustrasi pasangan (joannstokes.com)

Aktivitas seksual yang melibatkan payudara juga bisa menjadi penyebab rasa nyeri pada bagian tubuh ini. Secara umum, rasa nyeri yang ditimbulkan tidak berlangsung lama dan hanya memerlukan waktu untuk reda dengan sendirinya tanpa perawatan khusus.

Walau begitu, kondisi ini bisa diminimalkan dengan penggunaan pelembap. Bahan ini dapat membantu mencegah kondisi puting menjadi lebih buruk.

5. Infeksi

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!ilustrasi ibu menyusui (unsplash.com/kevin liang)

Puting yang sebelumnya telah mengalami gesekan dan alergi atau berada dam fase menyusui sebenarnya mempunyai risiko infeksi yang lebih besar. Adapun jenis infeksi yang menyerang adalah jamur Candida albicans.

Jamur ini menyebabkan jamur mulut yang dialami oleh bayi. Ciri-ciri yang paling terlihat adalah lidah yang berwarna putih tidak wajar. Sebagai penanganannya, dokter akan memberikan antijamur.

6. Kanker payudara dan penyakit Paget

6 Penyebab Puting Payudara Sakit, Jangan Sepelekan!news.sky.com

Bila tumor cenderung tidak menimbulkan sensasi nyeri pada puting, tidak demikian dengan kanker. Selain rasa nyeri, kanker payudara juga menimbulkan gejala lain seperti adanya benjolan, keluarnya cairan dari puting, dan lain-lain.

Dibandingkan kanker payudara, penyakit Paget (yang merupakan bentuk dari kanker payudara) memang sangat jarang terjadi. Penyakit ini memang secara spesifik menyerang puting dan area sekitarnya. Penyakit ini diawali dengan luka yang terbuka, lalu tumor mulai tumbuh di saluran air susu yang ada pada puting.

Itulah 6 penyebab puting payudara sakit yang tidak boleh disepelekan. Pada dasarnya, sakit dan nyeri merupakan sinyal dari tubuh bahwa ada masalah. Jadi, sekecil apa pun tanda atau gejala yang tak biasa pada tubuh jangan diremehkan, ya!

Baca Juga: Inilah Detail yang Terjadi di Setiap Tahap Stadium Kanker Payudara

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya