Comscore Tracker

5 Cara Millennial dan Gen Z Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!

Kamu pun bisa mencobanya sendiri di rumah

Pernah denger orang bilang atau nge-judge mereka-mereka yang punya dan ngelakuin hobi cuman buang-buang waktu aja? Pernah denger juga nggak kalau millennial dan generasi Z atau generasi muda Indonesia sering dicap sebagai generasi yang manja, suka bermewah-mewah, boros, bahkan disebut generasi menunduk karena ketergantungannya dengan smartphone atau gadget?

Judging statement seperti contoh di atas mungkin masih relate kalau disebut beberapa tahun silam alias zaman teknologi masih belum berkembang pesat seperti sekarang ini, atau saat millennial dan generasi Z masih terbatas gitu informasinya. Kini, orang harus mikir ulang deh kalau mau nge-judge dan mandang sebelah mata ke kamu (para milenial dan generasi Z). 

Yap, orang Indonesia emang masih banyak yang berpatokan bahwa sesuatu dianggap baik dan produktif kalau bisa menghasilkan uang. Jadi aktivitas yang “terlihat” justru membuang sejumlah uang bisa jadi dikira hal yang sia-sia.

Contohnya milennial yang lagi nongkrong di café. Padahal millennial yang nongkrong kan nggak melulu lagi ngabisin duit ortu ya? Bisa jadi mereka lagi meeting sama klien atau lagi ngerjain job freelance dan lain-lain loh. 

Iya, cari uang emang sekarang nggak melulu harus bergelar sarjana atau harus kerja kantoran. Pasalnya, di era milenial dan serba teknologi ini berbekal menyeriusi hobi aja bisa jadi sumber penghasilan lho. Nggak percaya? Berikut beberapa hobi para milenial dan generazi Z yang potensial dimaksimalkan menjadi sumber penghasilan.

1. Hobi nulis? Jadi blogger aja! 

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Kamu suka nulis? Suka mencurahkan pikiran dan berbagi pengalaman lewat tulisan? Mending tumpahin segalanya di blog aja. Selain bisa jadi media stress healing dan pelampiasan hobi, tulisanmu yang bisa dibaca oleh banyak orang ini juga berpotensi mendatangkan rupiah loh.

Kata siapa blog cuma jadi ajang curhat nggak jelas? Buktinya banyak tuh blogger yang tulisannya digemari dan jadi incaran para advertiser buat ajak kerjasama promosiin produk mereka. Dari sini blogger bakal dapat imbalan berupa fee baik uang atau kadang produk.

Kalau mau lebih serius lagi dan perdalam ilmu blog mulai dari pahami SEO (Search Engine Optimization), authority blog, traffic dan lain sebagainya, bahkan kamu bisa dapat sumber pemasukan lebih banyak lagi semisal dari google adsense. Intinya tulisan yang bagus dan blog yang terawat bakal mendatangkan peluang banyak brand ngajak kerjasama deh. Trust me!

Semakin skill menulismu terlatih, semakin berkualitas juga hasil karya mu. Next-nya, kamu juga bisa ikutan lomba atau kompetisi blog yang hampir rutin ada setiap bulannya. Sekali menang kamu bisa dapat uang jutaan loh. Enak kan?

2. Suka take foto? Jadi fotografer atau jualan stock photo aja!  

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Siapa sih yang nggak suka pake kamera? Generasi millennial demen banget tuh ambil foto dari kamera baik kamera handphone atau DLSR. Bahkan beberapa di antaranya menjadikan aktivitas memotret ini sebagai hobi dan memamerkannya di feed instagram.

Jangan diremehkan, dari hobi ini kamu juga bisa dapat sejumlah uang atau penghasilan loh. Nggak harus juga kamu jadi fotografer profesional dengan modal kamera dengan lensa puluhan juta. Cukup dengan kamera smartphone aja kamu bisa jual hasil fotomu di situs stock photography macam shutterstock, foap, 500px dan sebagainya.

Sama seperti di blog, ada banyak juga kompetisi foto berbagai tema setiap bulannya dari banyak penyelenggara. Kamu bisa menantang diri kamu sendiri buat lebih kembangkan skill dan raih hadiah jutaan juga.

Kesempatan emang terbuka lebar buat kamu yang suka foto dan mau serius belajar editing. Iya, kamu pun bisa mulai perbanyak portofolio mu dengan ambil foto berbagai momen seperti di acara wisuda, lamaran, atau pernikahan. Pelan-pelan kamu bisa buka jasa foto gini loh!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Mengubah Hobi Menulismu Jadi Passion yang Menghasilkan

3. Ceriwis, bawel, suka ngomong? Bisa dapat duit di Podcast!

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Setelah YouTube dan instagram nge-trend di Indonesia, kini podcast juga mulai eksis sebagai media hiburan dan sosial berbasis suara. Di podcast, kamu diibaratkan penyiar radio yang bisa punya channel atau saluran sendiri. Bisa 'cuap-cuap' sesuka hati sesuai tema pembicaraan yang mau diangkat.

Meskipun bukan artis, bukan berarti channel podcast-mu nggak bisa diminati khalayak luas kok. Asalkan materi atau topik siaran yang kamu angkat menarik pasti ada aja yang dengar.

Akhir-akhir ini saluran podcast bertema horor dan romantis sangat digandrungi, meski yang punya saluran bukan orang yang terkenal atau artis. Nah, kamu bisa coba juga kan kalau punya cerita menarik.

Semakin banyak pendengar setia yang datang dan channel-mu makin naik, nggak menutup kemungkinan akan ada banyak brand atau advertiser yang bakal ajak kamu kerjasama atau sponsorship dan endorsement.

4. Hobi belanja atau jajan? Bikin uangmu balik dengan jadi reviewer!

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Semudah itu kalau kamu pengen dapat penghasilan tambahan dengan memanfaatkan peluang yang ada guys. Bahkan buat kamu yang suka jajan atau shoping baju, make up, gadget dan sebagainya.

Misalnya aja buat kamu yang hobi jajan makanan. Kini ada banyak aplikasi food review yang bisa kamu coba untuk mengulas menu yang habis kamu makan.

Selain itu, kamu juga bisa bikin review makanan atau resto tempat kamu makan di blog atau platform lain seperti instagram dan youtube. Kalau kamu konsisten dan kontenmu menarik banyak audience untuk melihat kontenmu, lagi-lagi peluang brand atau pemilik usaha ngajak kamu kerjasama untuk me-review produknya makin terbuka lebar.

Hal ini berlaku juga buat kamu yang suka review make up, gadget dan lain sebagainya loh. Dan pastinya ada iyang bakal kamu terima dong dengan kerjasama yang disepakati. Gimana, menarik ya? Kamu juga bisa mendapat julukan media social influencer kalau sampai produk-produk yang kamu review bisa mempengaruhi audience.

5. Desain grafis, bisnis minim modal bagi milenial yang super kreatif

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Buat kamu yang hobi desain, punya kreativitas yang nggak terbatas dan punya keinginan buat terus berkembang, nggak ada salahnya lho buat buka jasa desain grafis.

Kini, banyak pemilik bisnis dan pemilik website yang membutuhkan jasa desain untuk berbagai kebutuhan semisal pembuatan logo, desain kartu nama, desain kemasan produk, banner untuk media promosi, dan lain sebagainya. Nah kesempatan terbuka lebar buat kamu yang mau mengonversikan hobi dan skill mu jadi uang.

Bermodalkan skill dan gadget atau software, kamu bisa puaskan klienmu dengan karya yang kamu buat. Jangan lupa untuk buat portofolio terbaik kamu dan mulai belajar cara mempromosikan jasa mu biar lebih dikenal dan makin banyak klien yang order.

Era digital, era-nya Millennial dan Gen Z maksimalkan potensi dan peluang

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Era digital memang berpihak pada generasi milenial dan Gen Z yang mau dan minat mengembangkan skill-nya bahkan mencari peluang untuk memaksimalkannya ke arah yang positif. Salah satunya mengubah peluang jadi sumber penghasilan meski hanya berawal dari hobi.

Generasi muda yang modern ini tentu dekat banget sama teknologi. Dan dengan teknologi di genggaman, apa aja bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kuncinya tetap konsistensi, niat, keseriusan, dan keinginan untuk makin berkembang.

Nah, karena hampir semua point yang dibahas diatas berkaitan dengan teknologi, maka generasi milenial dan Gen Z ini juga butuh support berupa akses internet dari provider yang kencang, lancar, dan pasti harganya ramah di kantong. Provider yang bisa mengakomodir segala macam kebutuhan generasi muda dalam mencari dan megolah informasi serta mengerjakan tugas serta job-job yang datang.

Nggak lucu dong kalau lagi ada deadline kerjaan tapi tiba-tiba sinyal ngadat sampai kerjaan nggak kelar. Klien bakal kecewa dan reputasimu sebagai penyedia jasa bisa tercoreng, bahkan klien bisa pergi dan nggak mau repeat order lagi. Bahaya!

Untungnya sekarang ada by.U, provider yang bisa mengakomodir kebutuhan para milenial dan gen Z yang bergelut di dunia digital. Dengan by.U, para generasi muda bisa melakukan #SemuanyaSemaunya dan bisa lebih memaksimalkan skill yang dimiliki untuk hal yang positif.

Dengan jaringan atau sinyal internet yang lancar tentu segala macam pekerjaan yang berkaitan dengan industri digital tentu bisa lebih cepat diselesaikan.

Alasan kenapa memilih by.U untuk support aktivitas digital

5 Cara Millennial dan Gen Z  Ubah Hobi Jadi Penghasilan, Coba Yuk!Infografis/Rini Novita Sari

Dilihat dari tujuan penyediaan dan layanannya sih, by.U emang lekat banget sama kesan generasi millennial dan gen Z yang akrab dengan gaya hidup digital, seperti:

  • 100% Digital

Maksudnya adalah semua dapat kamu lakukan secara digital melalui aplikasi by.U yang bisa kamu download di smartphone. Aktivitas ini mulai dari pemilihan paket, mix and match layanan paket, pemilihan nomor, sampai pengiriman atau pengambilan sim card dan proses pembayarannya.

  • Sederhana dan Informasi Jelas

Di aplikasinya akan ada informasi lengkap terkait paket internet yang dimiliki. Kamu nggak perlu bingung tentang status paket atau ketentuan lain seperti tambahan biaya bahkan kuota sisa yang belum atau tidak terpakai.

  • Kebebasan sesuai gaya hidup dan kebutuhan digital Milenial dan Generasi Z

#BYU ini fleksibel banget sih. Soalnya kamu bisa pilih dan sesuaikan paket internet dengan kebutuhan. Buat yang lebih banyak buka instagram bisa pilih add-on paket instagram aja. Terus buat yang lebih banyak aktivitas buka YouTube juga sama, bisa langsung pilih paket YouTube-nya aja. Harganya terjangkau banget kalau pilih add-on sesuai kebutuhan gini.

Memilih provider internet emang susah-susah gampang sih, apalagi buat orang sepertimu yang setiap harinya tak bisa lepas dari internet bahkan cari makan dari memanfaatkan internet. So, selain harga yang terjangkau, kemudahan, dan kelancaran akses internet pun harus jadi pertimbangan.

Itu dia beberapa sumber penghasilan yang bisa dimiliki oleh para generasi millennial dan gen Z yang akrab banget sama dunia digital. Berawal dari hobi, kamu bisa maksimalkan potensi dan manfaatkan peluang yang ada. Tentunya kamu butuh support system seperti jaringan internet yang lancar karena aktivitas kita tersebut. Jangan lupa untuk terus kembangkan skill agar bisa lebih bersaing di dunia luar. Mumpung peluang dan kesempatan masih terbuka lebar, yuk mulai dari sekarang!

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Karier Cemerlang pada September 2020, Sukses Besar!

Rini Novita Sari Photo Member Rini Novita Sari

Staff accounting, write on blog celotehdinihari.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya