Comscore Tracker

5 Tips Desain Rumah Minimalis supaya Kelihatan Estetis

#IDNTimesLife Ala-ala Pinterest gitu deh

Selain kenyamanan, elemen yang tak kalah penting dari hunian tempat tinggal adalah tampilannya yang memanjakan mata. Bayangin aja kalo kamu punya rumah dengan konsep yang kamu mau? Pasti bakal makin betah berada di rumah, energinya pun terasa lebih positif untukmu dan keluarga.

Nah jika kamu menyukai rumah dengan tema minimalis, kami akan bagikan beberapa tips membangun rumah yang gampang kamu terapkan. Berikut langkah demi langkah menyulap rumah minimalis jadi tampak aesthetic yang layak kamu coba.

1. Cari inspirasi tema rumah minimalis di Pinterest atau Instagram

5 Tips Desain Rumah Minimalis supaya Kelihatan Estetisinstagram.com/my.bdrm

Langkah pertama adalah mencari tahu model atau desain yang kamu mau. Kamu bisa mencari di berbagai platform yang tersedia secara gratis, seperti misalnya Pinterest atau Instagram, yang menyediakan ide-ide menarik dengan kata kunci general seperti living room atau bedroom.

Ada berbagai macam konsep yang muncul, cari satu yang menurutmu cocok dan bisa melukiskan gaya kamu. Selanjutnya ketik kata kunci lebih detail seperti minimalist living room. Kemudian kamu baru bisa membuat template atau moodboard dengan satu tema yang sama. 

2. Jika warna dominan dan material sudah kamu tentukan, siapkan fungsi yang dibutuhkan sesuai dengan lifestyle

5 Tips Desain Rumah Minimalis supaya Kelihatan Estetispexels.com/Saviesa Home

Menentukan fungsi sesuai gaya hidup adalah kunci dari konsep rumah minimalis. Sering kali, rumah bertema ini menggunakan fungsi minimal yang bisa memenuhi kebutuhan dasar. Meski menggunakan dekorasi sederhana, namun bangunan tetap rapi dan teratur, tanpa kehilangan esensi dari desain itu sendiri. 

Misal, bayangkan alur aktivitas di ruang keluarga, dimana sebaiknya kamu meletakkan sofa vs kabinet televisi? Atau meja di ruang tengah, apakah kamu perlu kamu tambahkan atau cukup menggunakan meja kecil yang lebih efisien?

3. Buat rencana anggaran untuk desain yang sudah kamu buat

5 Tips Desain Rumah Minimalis supaya Kelihatan Estetispexels.com/Karolina Grabowska

Merencanakan anggaran untuk mengisi rumah jadi sepenting itu agar nantinya semua aspek dalam rumah dapat diperhitungkan lebih rinci. Pada tahap ini, hindari memaksakan rumah yang harus jadi dalam kurun waktu sekian. Kamu bisa menyicil sedikit demi sedikit, pelan-pelan namun hasilnya maksimal. 

Bahkan kamu pun bisa mengisi rumah dengan cara menyisihkan pendapatan per bulan. Misal kamu alokasikan gaji senilai 20 persen untuk menyicil isian perabot rumah selama satu tahun pertama. Memiliki perincian dengan detail akan membantumu membangun rumah sesuai dengan moodboard yang kamu buat tanpa tergesa-gesa.

Baca Juga: 10 Cara Mendesain Ruang Tamu Sempit agar Kece dan Aesthetic

4. Atur batas pembelian perabot dan pembangunan rumah sesuai budget

5 Tips Desain Rumah Minimalis supaya Kelihatan Estetispexels.com/fauxels

Sering kali orang tergiur dengan desain lain yang mungkin lebih modern atau sedang jadi tren. Ini kenapa saat kamu sudah menentukan dari awal desain, kualitas material, serta anggaran finansial, maka usahakan untuk tetap pada jalur itu. 

Sebab kamu sebenarnya bisa buat rumah dengan budget yang pas-pasan tapi tetap bagus dan berkualitas, kok! Sesuaikan ambisi kamu dalam membangun rumah minimalis dengan konsep sederhana, karena pada dasarnya konsep minimalis itu sendiri tidak membutuhkan banyak dekorasi. 

5. Tak perlu berlebihan membuat rumah terlihat aesthetic

5 Tips Desain Rumah Minimalis supaya Kelihatan Estetisinstagram.com/ikeauk

Untuk menghasilkan rumah minimalis yang natural, bukan berarti kamu harus menerapkan semua tema desain ini ke rancangan rumah. Sebab, kamu pun barangkali juga memiliki nilai-nilai yang kerap tak terlihat. Apa-apa yang indah justru sering kali hanya bisa kita rasakan. Jadi kamu boleh saja mengambil konsep tertentu tanpa harus kehilangan identitas personal kamu.

Salah satunya adalah dengan tetap memperhatikan fungsi nyata dari konsep. Misal kamu ingin membuat rumah dengan sirkulasi alami, maka kamu ambil konsep penerangan yang terbuka dengan tambahan taman di sisi rumah. Atau ketika kamu ingin membuat suasana estetis dengan nuansa putih dan tanaman, maka lakukan ketika itu memang benar-benar melukiskan dirimu. 

Itu tadi beberapa tips untuk membuat rumah minimalis agar lebih estetis. Rumah bukan hanya tentang seberapa indah atau seberapa glamor, namun juga fungsi yang ada di dalam dan cerita dibalik setiap sudut ruangan yang mengisyaratkan memori tertentu bagi si pemilik.

Baca Juga: 10 Cara Mendesain Ruang Tamu Sempit agar Kece dan Aesthetic

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya