Comscore Tracker

5 Ide Dekorasi Interior Rumah anti Penat dan Stres

Gak bikin dompetmu kempes, kok

Sebagai tempat istirahat setelah melakukan pekerjaan atau kehidupan yang sibuk, rumah perlu membangun suasana yang tenang, bebas stres, dan rileks. Ini dilakukan agar pemiliknya merasa betah dan bergairah kembali menjalani rutinitas yang padat di keesokan harinya. 

Sayangnya, banyak orang yang menganggap rumah hanya sebagai tempat untuk tidur. Mereka mengabaikan peranan rumah sebagai tempat untuk melepaskan stres. 

Padahal, jika ditata dengan baik, rumah akan membuat pemiliknya segar kembali. Setidaknya, ada lima ide desain interior rumah yang bisa membuat pemiliknya bebas stres yang bisa kamu ikuti, berikut ini. 

1. Bawa suasana luar di dalam ruangan

5 Ide Dekorasi Interior Rumah anti Penat dan Stresilustrasi ruang dengan tanaman (unsplash.com/Jane Duursma)

Seikat bunga, bunga kering yang ditata, atau beberapa tanaman hias bisa membawa suasana luar di dalam ruangan. Kamu bisa menaruh bunga ke dalam vas untuk meja kopimu. 

Jika takut kelopaknya jatuh, kamu juga bisa menempatkan beberapa tanaman bunga kering sebagai dekor rumahmu. Tak lupa, tambahkan juga beberapa tanaman hias agar rumah semakin terasa segar. 

2. Lembutkan suasana ruang dengan lapisan tekstil

5 Ide Dekorasi Interior Rumah anti Penat dan Stresilustrasi ruang dengan bantal (pexels.com/Terje Sollie)

Lapisan tekstil yang nyaman, seperti rajutan, beludru, atau suede bisa memberikan suasana santai dengan tampilan yang enak dipandang mata. Sarung sofa, tirai yang menjuntai, dan beberapa bantal bisa menciptakan suasana homey di sebuah ruangan. 

Cara ini sangat cocok untuk kamu yang suka bosan dengan suasana rumah yang itu-itu saja. Tinggal ganti selimut, sarung sofa, dan sarung bantal mengikuti suasana hatimu, ruang jadi tampak berbeda. Nah, jadi selalu merasa rumahmu baru terus, kan? 

3. Tata ulang ruangan dengan sedikit perubahan

5 Ide Dekorasi Interior Rumah anti Penat dan Stresilustrasi ruang santai (pexels.com/Merve Bayar)

Seperti menata rambut  untuk menimbulkan kesan segar pada wajahmu, menata ulang ruang juga bisa membuatnya terlihat baru dan fresh. Tak jarang, menata ulang ruangan bisa membuatmu lebih rileks, lho. 

Tidak harus mendekor total ruangan, kok. Hal yang simpel juga bikin ruangan tampak berbeda. Sebagai contoh mengganti sarung kursi atau sofa yang baru, atur ulang letak furnitur, atau tambahkan dekorasi tanaman hias juga bisa membuat ruang semakin nyaman. 

Baca Juga: 5 Tips Penting Membeli Rumah dan Memilih Furnitur, Ada Trik Interior!

4. Rutin merapikan rumah

5 Ide Dekorasi Interior Rumah anti Penat dan Stresilustrasi ruang minimalis (unsplash.com/Hutomo Abrianto)

Kekacauan bisa menimbulkan kecemasan, jadi anggaplah merapikan rumah sebagai persiapan untuk membuatmu lebih tenang ke depannya. Kamu bisa mendekor rumah dengan gaya minimalia agar tidak terlalu repot merapikannya.

Kurangi berbagai pernak-pernik atau perabotan yang memenuhi ruangan. Tapi, kalau kamu termasuk orang yang menyukai banyak barang, mau tidak mau, kamu harus memiliki kotak penyimpanan sendiri atau harus rajin merapikan rumahmu. Intinya jangan biarkan rumahmu berantakan! 

5. Bersahabat dengan cahaya, baik alami maupun lampu

5 Ide Dekorasi Interior Rumah anti Penat dan Stresilustrasi ruang cahaya lampu (pexels.com/furkanfdemir)

Kamu perlu mendesain rumah yang bersahabat dengan berbagai jenis pencahayaan, baik alami maupun buatan seperti lampu, di setiap ruang. Mempunyai kamar yang terang dan cerah bisa membuat penghuninya merasa hangat dan ingin berkumpul. 

Jadi, tak ada salahnya kamu menambahkan beberapa tempat lilin (sconce), lampu meja, lampu lantai, lampu dinding, lampu atap atau plafon untuk membawa lebih banyak cahaya ke ruang yang lebih gelap di rumah. Di siang hari, manfaatkan cahaya alami dengan membuka tirai dan nikmatilah hangatnya sinar matahari. 

Baik ukuran rumah yang besar atau kecil, semua harus membuat pemiliknya nyaman. Jangan terpaku pada anggaran besar untuk mendesain ulang rumahmu. Kamu bisa mulai dari hal yang tidak memakan banyak biaya seperti menata ulang dan merapikan rumah. Yuk, mulai dari yang sederhana dulu. 

Baca Juga: 10 Tips Menerapkan Desain Interior Wabi Sabi di Rumah 

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya