Comscore Tracker

Penting, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Tatap Muka

Tetap patuhi protokol kesehatan, siapkan mental!

Halo mahasiswa Indonesia! Sebentar lagi sudah mulai kuliah tatap muka, nih. Sudah siap belum? Di masa pandemi COVID-19 ini, tentunya kamu harus tetap waspada, ya. Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan.

Bagi mahasiswa angkatan 2020 dan 2021, tentunya kuliah tatap muka menjadi hal yang baru dan menegangkan. Kamu harus mempersiapkan beberapa hal agar kuliahmu lancar dan tidak mengalami culture shock. Apa saja sih yang perlu dipersiapkan? Yuk, simak serangkaian hal yang harus dipersiapkan sebelum kuliah tatap muka berikut ini.

1. Menyiapkan tempat tinggal dan perlengkapan

Penting, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Tatap Mukailustrasi mahasiswa belajar bersama di kontrakan (pexels.com/Conttonbro)

Bagi kamu yang kuliah di luar kota, tentu perlu memikirkan tempat tinggal saat berkuliah tatap muka. Kamu bisa tinggal di kos, kontrakan, pondok pesantren maupun asrama jika perguruan tinggimu menyediakan asrama. Kamu bisa memilih tempat yang menurutmu nyaman.

Kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan apa saja yang kamu butuhkan. Pikirkan barang yang menurutmu benar-benar penting. Jangan membawa barang-barang yang kurang penting, ya. Siapkan juga outfit untuk kuliah agar penampilanmu semakin kece.

2. Belajar Disiplin

Penting, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Tatap Mukailustrasi mahasiswa belajar di kelas (pexels.com/Ivan Samkov)

Seorang mahasiswa harus memiliki sifat disiplin, apalagi saat berkuliah tatap muka. Tidak ada yang membangunkanmu di pagi hari, kamu harus bangun pagi untuk menyiapkan keperluanmu sehari-hari.

Sifat disiplin sangat penting untuk diterapkan, rajinlah dalam belajar. Jangan sampai telat kuliah atau telat mengumpulkan tugas. Manfaatkan waktumu sebaik mungkin. Bertemanlah dengan orang-orang yang disiplin agar kamu selalu diingatkan jika kamu mulai malas.

Baca Juga: Hampir 2 Tahun Daring, USK Kembali Terapkan Kuliah Tatap Muka

3. Mampu menyesuaikan diri

Penting, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Tatap Mukailustrasi mahasiswa belajar kelompok (pexels.com/Monstera)

Tinggal di lingkungan baru tentunya memerlukan adaptasi terlebih dahulu. Kamu akan menemukan suasana baru, orang baru, budaya baru dan aktivitas baru. Kamu harus pandai menyesuaikan diri dan dalam memilih pertemanan.

Jika kamu orang yang pandai bergaul, tentu akan terasa mudah dan tidak sulit. Namun, bagi kamu yang cenderung pendiam dan tidak pandai berbaur tentu akan memerlukan waktu yang cukup lama. Cobalah mencari teman yang bisa membuatmu nyaman. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendiri dan perlahan dapat menyesuaikan diri.

4. Menyiapkan mental

Penting, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Tatap Mukailustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Yap, menyiapkan mental merupakan salah satu hal yang perlu kamu persiapkan. Mengenal dosen dan teman secara online tidak cukup untuk mengetahui karakter seseorang. Orang yang kamu anggap baik, belum tentu kenyataannya baik dan sebaliknya. Jangan melihat dari penampilan luarnya saja.

Siapkan mentalmu jika nanti karakter setiap dosen ketika mengajar berbeda-beda. Ada yang disiplin, tegas, humoris, dan ada juga yang killer. Kamu juga harus siap dengan kondisi barumu. Tinggal jauh dari orang tua tentu tidak mudah.

5. Percaya diri dan mandiri

Penting, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Tatap Mukailustrasi laki-laki percaya diri (pexels.com/Max Fischer)

Saat berkuliah tatap muka nanti, kamu harus tampil percaya diri. Tidak peduli apakah kamu orang kota atau orang desa, tujuanmu adalah kuliah untuk menuntut ilmu. Jangan malu bertanya pada dosen jika ada yang belum paham. Tentu akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan kuliah online. Jangan takut, ya!

Kamu juga harus belajar mandiri. Tinggal jauh dari keluarga tentu tidak mudah. Jangan lupa makan teratur agar tetap sehat. Jangan sering begadang, tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Kamu juga harus pandai menjaga diri apalagi di masa COVID-19 ini.

Nah, sudah sejauh mana persiapanmu untuk kuliah tatap muka? Kamu harus mempersiapkannya dengan baik, ya. Siapkan semua keperluan dan mentalmu. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan. Jangan sampai terabaikan, ya.

Baca Juga: UII Rencanakan Kuliah Tatap Muka 100 Persen pada Bulan Maret  

Endah Ayu Adisti Photo Writer Endah Ayu Adisti

Endah Ayu Adisti, lahir di Blora pada 13 Maret 2002. Mahasiswa aktif di Jurusan IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang. Hobi membaca dan menulis sejak duduk di bangku SMA. Beberapa karyanya telah diterbitkan dalam 10 buku antologi puisi. Pemilik akun instagram @endahayuadisti13 ini juga gemar menulis puisi di akun Wattpad @Felizenauva.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya