Comscore Tracker

Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa Asing

Jangan sampai begini ya!

Bahasa merupakan aspek utama dalam hal berkomunikasi secara linguistik dari satu orang kepada orang lainnya dengan berupa kata-kata. Tiap negara tentu memiliki keunikan dan ciri khas dari segi bahasa, hal inilah yang membedakan satu bahasa dengan bahasa lainnya.

Di era global masa kini tentu bahasa asing sudah sangat dibutuhkan karena cangkupan kita yang saat ini sudah bukan hanya dalam negeri. Namun, masih saja terkadang kita menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa asing lho.

Untuk kamu yang penasaran mengapa kita seringkali sulit untuk mempelajari bahasa asing, simak yuk apa saja!

1. Minder dengan kemampuan diri sendiri

Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa AsingPexels/Moose Photos

Terkadang alasan sulit belajar bahasa asing hadir karena diri sendiri, contohnya adalah merasa insecure atau tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Hal ini tentu akan menyebabkan terhambatnya kemampuan seseorang dalam mempelajari bahasa asing tersebut.

Maka sebelum memulai belajar, pastikan bahwa kita telah mensugestikan diri jika semuanya akan mampu untuk dipelajari dengan baik dan penuh kepercayaan diri agar hasil yang didapat lebih maksimal.

2. Komentar orang lain

Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa AsingPexels/mentatdgt

Banyak dari kita yang keinginan belajarnya turun karena komentar miring dari orang lain. Seperti contoh komentar yang mengatakan bahwa orang yang berbicara asing sangatlah sombong dan komentar miring lainnya. Untuk sebagian orang, hal ini tentu bisa menghancurkan kepercayaan dirinya.

Oleh sebab itu, perlunya kita menutup telinga rapat-rapat dari ocehan miring orang lain yang bahkan tidak lebih baik dari kita.

Baca Juga: Sedang Belajar Bahasa Inggris? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

3. Tidak ada kemauan untuk mempelajari

Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa AsingPexels/Gratisography

Jika poin sebelumnya menjelaskan kesalahan dari faktor luar, maka pada poin ini tentu sumber masalah terdapat pada diri sendiri. Bagaimana tidak, ketika kita tidak memiliki keinginan untuk belajar dan hanya berdiam diri dengan alasan belajar bahasa asing itu sulit, tentu tidak akan memberikan dampak apa pun kepada kita. Namun, yang pasti adalah kita akan jauh tertinggal dengan orang lain.

4. Tidak berani mengoreksi kesalahan orang lain

Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa AsingPexels/Christina Morillo

Hal ini sangat sering terjadi di masyarakat ketika seseorang mengucapkan atau menguggah sesuatu menggunakan bahasa asing, kemudian melakukan kesalahan dari segi pelafalan, kosa kata, atau strukturnya, lalu orang lain yang lebih mengerti tidak berani untuk membetulkannya dengan alasan tidak enak. Justru hal ini akan memberikan dampak kurang baik ketika kita tahu itu salah, tetapi tidak berani membetulkannya.

5. Sulit mendapatkan fasilitas untuk mempelajari

Jangan Minder, 5 Alasan Kenapa Kita Sulit Belajar Bahasa AsingPexels/Buro Millennial

Banyak yang mengeluhkan bahwa belajar bahasa asing itu sulit karena tidak tersedianya banyak fasilitas dan layanan bimbingan belajar mengenai bahasa yang dipelajari. Padahal kalau kita mau mencari tentu ada banyak sekali layanan khususnya secara online untuk mempelajari bahasa asing dan itu dapat diakses dengan mudah. Semua itu tentu akan kembali pada kemauan diri sendiri, apabila memang niat maka semuanya akan mudah.

Nah, 5 alasan di atas merupakan masalah yang seringkali terjadi dan menghambat proses belajar bahasa asing di masyarakat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Cara Jitu Belajar Bahasa Inggris dengan Google Translate

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You