Comscore Tracker

Rumah Japandi dengan Sentuhan Alam, Cocok Banget buat Keluarga Kecil

Makin dekat dengan alam, di rumah pun jadi betah

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Mempunyai sebuah hunian yang nyaman adalah impian semua orang, termasuk para keluarga kecil yang memiliki satu hingga dua anak. Meski ruang terbatas, hal ini bisa disiasati dengan mengaplikasikan gaya desain interior yang tepat.

Salah satunya adalah desain Japandi dengan sentuhan elemen alam yang banyak. Meskipun Japandi sendiri sudah memiliki unsur alam, ditambah elemen alami yang lebih banyak pun membuat rumah jauh lebih menenangkan.

Kali ini Dekoruma akan membagikan inspirasi rumah desain Japandi dengan lebih banyak sentuhan alam, tentunya tanpa menghilangkan unsur Japandi itu sendiri. Yuk, simak pembahasannya berikut!

1. Elemen dekorasi dan furnitur dengan warna alami

Rumah Japandi dengan Sentuhan Alam, Cocok Banget buat Keluarga Kecildekoruma.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, desain Japandi identik dengan sentuhan alami. Pada ruang tengah ini, bisa dilihat banyak sekali warna alami yang diaplikasikan, seperti pada meja dan area meja televisi menggunakan kayu lightwood.

Agar makin terasa, beberapa tanaman dalam ruangan dihadirkan sebagai dekorasi. Selain itu, jendela yang cukup lebar membuat rumah terpapar cahaya matahari yang menyehatkan tubuh. Bila dirasa terlalu terik, gorden sheer atau tembus pandang bisa dipasang untuk meminimalisir cahaya.

2. Ruang makan dan dapur jadi satu

Rumah Japandi dengan Sentuhan Alam, Cocok Banget buat Keluarga Kecildekoruma.com

Salah satu trik untuk menghemat ruang secara efisien dalam rumah adalah menggabungkan dapur dan ruang makan. Rumah ini pun mengaplikasikan trik tersebut. Area kitchen set diisi dengan elemen-elemen penting saja, seperti bak cuci piring, kompor, dan area penyimpanan. Tak lupa, tanaman hias pun dihadirkan di sini.

Dengan mendekatkan dapur dan meja makan, penghuni bisa menyiapkan bahan masak di meja makan karena area dapur yang kecil. Selain itu, memindahkan santapan yang sudah jadi pun tidak terlalu jauh.

3. Kamar tidur dengan kombinasi warna pastel dan netral

Rumah Japandi dengan Sentuhan Alam, Cocok Banget buat Keluarga Kecildekoruma.com

Desain Japandi juga identik dengan warna netral dan pastel. Pada ruang tidur ini, warna pastel yang digunakan adalah hijau, warna yang identik dengan alam. Dengan mengombinasikan warna tersebut dengan warna putih pada dinding, bedcover, dan gorden, kamar tidur terlihat lebih seimbang dan nyaman dipandang mata. Tak lupa, adanya lukisan di dinding memberikan sentuhan baru karena bermotif dan berwarna pastel.

Baca Juga: Ide Desain Rumah Mungil, Sirkulasi Udara Tetap Cukup

4. Penggunaan furnitur multifungsi

Rumah Japandi dengan Sentuhan Alam, Cocok Banget buat Keluarga Kecildekoruma.com

Agar semua barang tersimpan baik, perlu adanya furnitur untuk menyimpan barang-barang tersebut. Akan tetapi, furnitur yang dibutuhkan tidak terlalu banyak demi efisiensi ruangan.

Maksimalkan area penyimpanan sesuai kategori. Area meja rias untuk menyimpan barang-barang yang berkaitan dengan produk kecantikan, lemari untuk pakaian sehari-hari, dan rak dinding untuk buku serta sedikit dekorasi. Lemari pakaian pun bisa dipasang cermin tambahan agar tidak memenuhi ruangan.

5. Adanya sisi unik dalam ruangan

Rumah Japandi dengan Sentuhan Alam, Cocok Banget buat Keluarga Kecildekoruma.com

Selain desain interior dan penataan yang tepat, sebuah ruangan akan betah ditinggali jika ada hal unik di dalamnya. Pada kamar tidur ini, posisi jendela tidak seperti biasanya. Jendela dipasang di bagian tengah ke bawah. Hal ini dikarenakan area plafon yang tidak terlalu tinggi.

Bagaimana? Tertarik untuk mengaplikasikan desain Japandi seperti di atas? Dengan menggunakannya, kamu dan keluarga jadi makin betah di rumah, khususnya di tengah wabah COVID-19 yang sedang melanda Indonesia. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Tips Desain Ruangan dengan Jendela dan Pintu Jadul ala Rumah Loji 

Topic:

  • Anjani Eka Lestari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya