Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Ini untuk Mengurangi Gejala Anxiety Disorder

Anxiety disorder bukan lagi halangan untuk sukses

Anxiety disorder adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya memiliki kecemasan berlebihan yang diikuti rasa takut dan khawatir yang akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Gangguan ini memang terlihat sepele bagi sebagian orang, namun penyakit mental ini akan menganggu aktivitas dan menyebabkan stres ringan.

Gangguan kesehatan ini sangat umum ditemui. Hampir setiap orang pernah mengalami gejala anxiety disorder. Jika kamu sedang mengalami gejala anxiety disorder yang membuat aktivitasmu terganggu dan kurang produktif, lakukan 5 hal mudah ini yang akan membantumu melewati gejala anxiety disorder.

1. Lakukan kegiatan yang berguna untuk mengurangi stres

5 Cara Sederhana Ini untuk Mengurangi Gejala Anxiety Disorderpexels.com/pixabay

Orang yang memiliki gejala anxiety disorder pasti sering dilanda rasa panik yang akan memicu hormon kortisol meningkat sehingga menyebabkan penderita mengalami stres. Maka disarankan untuk melakukan aktifitas yang dapat menenangkan otak seperti yoga, jalan-jalan di pagi hari, berkebun atapun berlibur dan mendaki. Kegiatan tersebut akan membuat otakmu terasa fresh dan akan menekan rasa cemas dan panik yang kamu miliki.

2. Tidur dengan cukup dan hindari begadang

5 Cara Sederhana Ini untuk Mengurangi Gejala Anxiety Disorderpexels.com/Bruce Mars

Penderita anxiety disorder biasanya akan mengalami rasa cemas berlebih saat akan beranjak tidur. Pikiran mereka akan dipenuhi dengan kekhawatiran yang akan terjadi pada hari esok. Hal ini mengakibatkan mereka kesulitan untuk tidur.

Padahal tidur sendiri berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan otak setelah penat beraktifitas. Sebaiknya sebelum tidur, dengarkan musik yang dapat menenangkan pikiranmu misalnya musik klasik yang dapat membantumu cepat tidur.

3. Hindari mengonsumsi minuman mengandung kafein

5 Cara Sederhana Ini untuk Mengurangi Gejala Anxiety Disorderpexels.com/Bruce Mars

Ternyata minuman yang mengandung kafein memiliki zat yang dapat memperburuk anxiety disorder. Kafein akan meningkatkan kadar kecemasan dan kepanikan yang kamu miliki. Kamu nggak ingin kan gangguan kesehatan yang kamu derita tambah parah karena efek kafein. Jadi mulai saat ini cobalah hindari kopi, lebih baik gantilah dengan cokelat hangat yang memiliki zat afrodiak yang akan meningkatkan hormon endorfin.

Baca Juga: Panik Berlebihan? Kenali 6 Cara Ampuh Mengatasi Panic Attack

4. Jangan takut berbagi masalahmu kepada orang lain

5 Cara Sederhana Ini untuk Mengurangi Gejala Anxiety Disorderpexels.com/Oleksander Pildvadnyi

Jika kamu sedang mengalami perasaan takut dan cemas pada sesuatu, ceritakan masalahmu ini pada orang-orang terdekatmu, baik keluarga, sahabat maupun pasangan. Bebanmu akan terasa berkurang jika kamu membanginya dengan orang lain. Terlebih lagi kamu juga akan mendapat dukungan dan masukan dari orang-orang yang kamu sayangi. Jangan pendam masalahmu sendiri, karena hal tersebut hanya akan membuatmu makin tertekan.

5. Selalu berpikiran positif

5 Cara Sederhana Ini untuk Mengurangi Gejala Anxiety Disorderpexels.com/Bruce Mars

Kamu harus yakin bahwa anxiety disorder sama seperti penyakit lain yang dapat disembuhkan. Jangan biarkan penyakit ini memvonismu sehingga kamu nggak nyaman menjalani hidup. Kamu harus selalu berpikiran positif. Dengan selalu optimis, kemungkinannya kecil sekali kamu mengalami gangguan anxiety lagi.

Memang tidak mudah bagi penderita anxiety disorder untuk benar-benar sembuh dari penyakit tersebut. Tapi bukan berarti kamu gak bisa sembuh. Kamu bisa mengurangi rasa cemas dan panik yang kamu miliki secara berkala. Dan yang harus kamu ingat bahwa kamu gak perlu malu memiliki anxiety disorder, Kamu harus belajar menerimanya. Dengan ini akan mudah bagimu untuk mengontrol rasa panik yang kamu miliki.

Baca Juga: Paranoid, 7 Hal Ini Sering Mengganggu Pikiran Pengidap Anxiety

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Siantita Novaya

Just For You