Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengimbangi Era Digital

Dari kreativitas berpikir sampai Teguh pada prinsip 

Kita semua pasti tahu apa itu era digital. Pada masa ini perkembangan teknologi memang melaju pesat dan tidak dapat dicegah. Semua berlalu dengan cepat dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan.

Tentunya kita juga harus bersiap-siap menyambut hal tersebut. Berada di tengah perkembangan teknologi digital, kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan cermat. Kira-kira bagaimana caranya? Kamu harus melakukan lima hal ini.

1. Belajar mengasah kreativitas berpikir 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengimbangi Era Digitalilustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pasti tidak mudah. Kamu dituntut untuk selalu bisa beradaptasi. Termasuk memiliki serangkaian ide dan pemikiran cemerlang.

Menyikapi hal tersebut, kamu harus belajar mengasah kreativitas berpikir. Jadilah sosok yang bisa memecahkan masalah dengan pemikiran-pemikiran unik dan inovatif. Memiliki kreativitas berpikir, kamu bisa menyesuaikan diri dengan mudah di tengah era digital.

2. Cermat dalam memilah pengaruh yang muncul 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengimbangi Era Digitalilustrasi mengoperasikan laptop (pexels.com/George Milton)

Perkembangan teknologi informasi selalu diiringi dengan dua dampak. Yaitu dampak positif dan juga negatif. Tapi seringnya, beberapa orang Justru terseret pada dampak negatif yang sekilas terlihat menyenangkan.

Kamu harus bertindak bijaksana dalam hal ini. Mulai sekarang biasakan cermat dalam memilah pengaruh yang muncul. Kamu harus tahu mana yang membawa ke arah kebaikan dan mana yang menjerumuskan ke dalam keburukan.

Baca Juga: 5 Alasan Milenial Kudu Paham Literasi Digital dengan Baik

3. Memegang teguh prinsip yang sudah ditanamkan sedari kecil 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengimbangi Era Digitalilustrasi mengoperasikan laptop (pexels.com/George Milton)

Dari kecil kamu pasti sudah ditanamkan beberapa prinsip. Entah prinsip terkait sopan santun maupun aturan agama. Kamu harus bisa menjalankan prinsip tersebut dengan kuat sebagai pegangan hidup.

Tentu saja ini menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk menyeimbangkan diri di tengah perkembangan teknologi. Memegang teguh prinsip yang sudah ditanamkan sedari dikecil membuatmu tidak gampang tergelincir. Kamu bisa membedakan mana yang boleh di ikuti dan mana yang perlu dihindari.

4. Berusaha mengembangkan keterampilan terutama dalam hal pemanfaatan teknologi 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengimbangi Era Digitalilustrasi mengoperasikan laptop (pexels.com/Michael Burrows)

Keterampilan selalu berkembang sepanjang waktu. Apalagi dengan kehadiran teknologi digital yang semakin menjamur saat ini. Bahkan beberapa pekerjaan manusia bisa dengan mudah digantikan oleh teknologi.

Inilah pentingnya mengembangkan keterampilan terutama dalam hal pemanfaatan teknologi. Jadilah manusia yang berani berinovasi dan berkreasi. Keterampilan yang terasah dengan baik membuatmu tetap berdiri tegar di tengah pesatnya teknologi digital.

5. Menjaga keseimbangan antara kehidupan dunia maya dengan dunia nyata 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengimbangi Era Digitalilustrasi mengobrol (pexels.com/Sergey Makashin)

Siapa bilang perkembangan teknologi digital hanya membawa dampak positif? Terkadang kehadiran teknologi digital membuat seseorang lupa dengan kehidupan sebenarnya. Ia terlalu larut dalam media sosial.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat kamu berada dalam situasi tersebut? Kamu harus bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia maya dengan dunia nyata. Berinteraksi dengan orang-orang di media sosial boleh, tapi jangan sampai melupakan masyarakat sekitar.

Kita tidak bisa diam saja menyikapi perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Secepat mungkin kamu harus mengambil langkah untuk menyeimbangkan diri. Baik dari cara berpikir, berperilaku, maupun berkreativitas. Saat kamu mampu mengimbangi era digital, hidupmu tidak akan tertinggal.

Baca Juga: 5 Alasan Baca Buku Cetak di Era Digital Tetap Esensial

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya