Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco Hero

Masa depan bumi ditentukan dari generasi saat ini

Saat ini isu lingkungan pasti sudah mulai banyak disadari banyak orang. Bagaimana tidak, beberapa waktu belakangan ini kita sering melihat bahkan merasakan langsung fenomena bencana alam yang terjadi akibat kerusakan lingkungan. Oleh sebab itu, kesadaran dan peran masyarakat sangatlah penting untuk membuat bumi mampu bertahan lebih lama.

Sebagai populasi terbanyak saat ini, generasi milenial dan gen Z memainkan peran besar terhadap nasib lingkungan di masa depan. Tak heran generasi ini dipercaya paling berpotensi sebagai eco hero yang diharapkan mampu untuk kembali menghijaukan bumi dengan hidup berkelanjutan untuk generasi selanjutnya.

1. Generasi milenial dan gen z mulai sadar akan isu lingkungan yang semakin krusial

5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco HeroIlustrasi gerakan peduli lingkungan (unsplash.com/@markusspiske)

Sebagai generasi dengan populasi terbesar saat ini, membuat para milenial dan gen Z dipaksa menghadapi kenyataan dengan kondisi alam yang sudah tidak sehat lagi. Mulai dari perubahan iklim yang ekstrem, tingkat polusi udara dan plastik yang tinggi, membuat mereka menyadari jika bumi ini butuh perhatian lebih. 

Hal ini terlihat dari meningkatnya komunitas pencinta alam dan gerakan-gerakan hijau yang dilakukan oleh kaum milenial dan gen Z.

2. Tumbuh di era digital membuat milenial dan gen Z menjadi generasi yang lebih terdidik dan berpengetahuan luas

5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco HeroIlustrasi seseorang menggunakan gadget (unsplash.com/@corinnekutz)

Tak bisa dimungkiri jika era digital ini membawa dampak besar untuk kehidupan. Tumbuh di era digital yang canggih membuat generasi milenial dan gen Z menjadi generasi yang jauh lebih berwawasan dari para pendahulunya.

Internet yang sangat mudah diakses dan alat teknologi yang sangat memadai sekarang membuat generasi ini mudah belajar dari manapun. Hal ini membuat banyak milenial dan gen Z memiliki pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu lingkungan maupun sosial yang sedang terjadi dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: 5 Alasan Kalian Perlu Beralih Konsumsi ke BBM Ramah Lingkungan 

3. Mulai menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan

5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco HeroIlustrasi seseorang membawa tumbler (unsplash.com/@bluewaterglobe)

Mulai tingginnya kesadaran dalam lingkungan juga membuat kaum milenial dan gen Z ini memiliki kemauan untuk merubah kebiasaan dan gaya hidup yang lebih membawa dampak baik terhadap lingkungan, seperti tren gaya hidup minimalis, zero-waste dan berkelanjutan.

Hal ini juga dapat dilihat dari kebiasaan milenial dan gen Z yang mulai menggunakan produk-produk ramah lingkungan, serta menggunakan produk yang dapat dipakai berulang seperti tumbler, kantong belanja kain, sedotan aluminium, dan masih banyak lagi.

4. Aktif menyuarakan serta mengajak orang lain untuk lebih peduli kepada lingkungan

5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco HeroIlustrasi seseorang menggunakan media sosial (unsplash.com/@charlesdeluvio)

Kekuatan internet dan media sosial memang tak perlu diragukan lagi. Jika dulu seorang aktivis lingkungan harus terjun langsung ke lapangan untuk menyuarakan gerakan peduli lingkungan kepada masyarakat, berbeda dengan kaum milenial dan gen Z yang cukup dengan menggunakan jari mereka untuk menyuarakan gerakan peduli lingkungan lewat akun media sosialnya.

Hal ini justru terbukti lebih efektif karena dengan media sosial kita dapat terhubung oleh siapa pun dengan mudah dan cepat. Maka dari itu kaum milenial dan gen Z lebih memilih media sosial sebagai media untuk menyuarakan dan mengajak masyarakat lainnya untuk turut ikut menjaga kelestarian lingkungan.

5. Mendukung dan menggunakan brand yang memperhatikan lingkungan yang berkelanjutan

5 Alasan Kenapa Milenial & Gen Z Menjadi Generasi Eco HeroIlustrasi seseorang sedang berbelanja (unsplash.com/@vikimo)

Gak cuma menyuarakan dan mengajak masyarakat lainnya saja untuk menjaga lingkungan. Kaum milenial dan gen Z juga menunjukkan aksi nyata peduli lingkungan yaitu dengan mendukung produsen maupun brand yang memiliki tujuan dan komitmen baik bagi lingkungan. Bahkan mereka tak segan untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli produk yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini terbukti dari sebuah riset "Who Cares, Who Does? 2020" yang dilakukan oleh Kantar, menunjukkan bahwa jumlah konsumen yang lebih peduli terhadap produk ramah lingkungan di Indonesia meningkat hingga 112% dari tahun 2019 ke 2020. Selain itu lebih dari 50% konsumen Indonesia mengaku lebih terdorong untuk memberikan aksi nyata, dan sekitar 20% konsumen Indonesia berupaya untuk mengurangi sampah.

Dari sini kita bisa melihat jika kaum milenial dan gen Z mulai berbondong-bondong membuat kontribusi nyata pada lingkungan. Namun mereka juga perlu dukungan dari para produsen atau brand yang memiliki tujuan yang sama dengan mereka, yakni bekerja sama untuk melestarikan dan menjaga bumi kita. 

Salah satu brand terkemuka, Unilever baru-baru ini kembali meluncurkan kampanye #EveryUDoesGood atau #SetiapUBeriKebaikan sebagai salah satu programnya yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menjadi heroes dengan cara sederhana, yakni menjadi lebih bijak dalam memilih brand yang bisa memberikan manfaat positif untuk lingkungan dan masyarakat Indonesia.

Unilever juga memiliki 'purpose' atau tujuan pada setiap brand produknya. Salah satunya yaitu merk Bango yang memiliki tujuan untuk mengembangkan pertanian yang lebih berkelanjutan yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, Unilever juga membuat program "Every U Does Good Heroes" untuk mencari sosok muda yang memiliki purpose yang kuat bagi masyarakat dan lingkungan.

Program ini akan dibuka pada bulan September mendatang, dan nantinya kandidat boleh memilih salah satu dari tiga pilar kebaikan yang paling sesuai dengan purpose mereka, dan jika lolos kandidat akan berkesempatan mendapatkan serangkaian pembekalan yang bermanfaat. Untuk babak final yang akan berkahir pada bulan Desember, sepuluh orang heroes yang terpilih akan mendapatkan micro grant serta pendampingan lebih intensif dari mentor yang handal di bidangnya. Jika kamu tertarik dengan program ini, kamu bisa mencari info lebih lanjut di https://www.unilever.co.id/. 

Komitmen dalam menjaga lingkungan memang gampang-gampang sulit, namun kontribusi kecilmu tanpa disadari sangat berarti bagi bumi kita, karena masa depan adalah hari ini. Yuk, mulai jadi hero untuk lingkungan di mulai dari kamu!

Baca Juga: 8 Manfaat Beli HP Bekas, Hemat dan Ramah Lingkungan

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya