Comscore Tracker

3 Jenis Persembahan di Agama Kristen

Ucapan syukur atas apa yang diberikan Tuhan Yesus Kristus

Terdapat tiga jenis persembahan di agama Kristen, yang akan dibahas di sini. Setidaknya, ada tiga persembahan di agama Kristen. Ketiga persembahan ini diberikan sebagai ungkapan rasa syukur umat Kristen atas berkat yang diberikan oleh Tuhan.

Dalam mengucap syukur dan melaksanakan doa, umat Kristen biasanya memberikan persembahan ketika beribadah di gereja. Persembahan ini tercantum di dalam ayat Alkitab, yaitu:

“Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!” (Mazmur 96: 8).

Persembahan dilakukan untuk mengakui segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan pemberian Tuhan Yesus Kristus. Untuk kamu yang ingin mengenal beberapa persembahan di agama Kristen, simak penjelasan berikut ini.

1. Persembahan kebaktian

3 Jenis Persembahan di Agama KristenIlustrasi gereja. IDN Times/Reza Iqbal

Jenis persembahan di agama Kristen yang pertama adalah persembahan kebaktian. Persembahan ini dilakukan secara rutin setiap ibadah Minggu di gereja.

Persembahan kebaktian dilakukan dengan memasukkan uang ke dalam kantung kolekte gereja. Persembahan ini dilakukan secara sukacita tanpa paksaan, seperti yang dijelaskan di dalam II Korintus 9: 7, yaitu:

“Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih atau paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.”

Baca Juga: Perbedaan Hukum Nikah Kristen dan Islam

2. Persembahan persepuluhan

3 Jenis Persembahan di Agama KristenPersiapan jelang ibadah Natal, di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Gereja Katedral Jakarta akan menggelar misa malam Natal dan misa Natal 2020 dengan membatasi umat yang hadir untuk beribadah sebanyak 20 persen dari kapasitas gereja (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selanjutnya, terdapat persembahan persepuluhan di gereja yang memberikan 10 persen penghasilan dalam satu bulan. Ketentuan hukum tentang memberikan persepuluhan terdapat dalam di beberapa bagian Alkitab, yakni sebagai berikut:

“Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.” (Kejadian 28: 20–22).

“Tetapi masing-masing dengan sekadar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu,” (Ulangan 16: 17).

“Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan,” (Maleakhi 3: 10).

3. Persembahan khusus

3 Jenis Persembahan di Agama Kristenilustrasi gereja (Pexels.com/Pixabay)

Berbeda dengan persembahan persepuluhan, persembahan khusus dilakukan untuk mendukung tujuan tertentu, seperti penginjilan, aksi sosial, pembangunan gereja, dan tujuan penting lainnya. Ketentuan persembahan khusus ini terdapat di Keluaran 35: 21, yaitu:

“Sesudah itu datanglah setiap orang yang terdorong jiwanya, membawa persembahan khusus kepada TUHAN untuk pekerjaan melengkapi Kemah Pertemuan dan untuk segala ibadah di dalamnya dan untuk pakaian kudus itu.”

Nah, itu dia jenis persembahan agama Kristen yang merupakan ucapan syukur atas apa yang diberikan Tuhan Yesus Kristus kepada umat manusia. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan beribadah, ya!

Baca Juga: Perbedaan Hukum Nikah Kristen dan Islam

Topic:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Nadia Agatha Pramesthi

Berita Terkini Lainnya