Comscore Tracker

5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan agar Tak Saling Curiga

Salah satu kunci keharmonisan hubungan asmara 

Sikap saling percaya menjadi salah satu kunci dalam membangun keharmonisan hubungan asmara. Untuk bisa membangun kepercayaan yang kuat sebagai fondasi dalam hubungan, memang terasa berat dan penuh perjuangan di awal menjalin hubungan

Meski berat, kamu tetap harus terus berjuang agar dapat membangun kepercayaan satu sama lain. Hal ini penting agar hubungan bisa langgeng dan semakin harmonis. Lima cara di bawah ini bisa kamu gunakan untuk membangun kepercayaan dalam hubungan. Gak rumit, kok.

Sebenarnya cukup sederhana, selama kamu bisa melakukannya dengan rutin dan baik. Maka, rasa saling percaya dalam hubungan asmaramu dan pasangan, pasti akan tumbuh dengan sendirinya.

1. Hindari memaksakan pasangan harus segera berubah sesuai keinginan kamu 

5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan agar Tak Saling Curigailustrasi menuntut pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebelum menjalin hubungan asmara, sebaiknya kamu harus menyadari dulu bahwa setiap orang itu berbeda-beda karakternya. Dengan begitu, kamu gak akan memaksakan pasangan untuk berubah menyesuaikan dengan standar yang kamu inginkan. Apalagi jika kamu memintanya untuk segera berubah dalam waktu yang singkat.

Jika kamu memaksakan pasangan berubah sesuai dengan standarmu. Maka, rasa gak nyaman dan tertekan serta gak saling percaya pun akan muncul dalam hubungan. Sebaiknya, berusahalah untuk saling menerima dan belajar menyesuaikan diri satu sama lain. Inilah yang akan memunculkan rasa saling percaya antara kamu dan pasangan, sehingga rasa saling curiga pun bisa terhindarkan.

2. Sewajarnya saja jika cemburu pada pasangan 

5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan agar Tak Saling Curigailustrasi perdebatan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memang cemburu itu merupakan bagian dari tanda cinta dan sayang terhadap pasangan. Namun, supaya gak timbul rasa saling curiga, sebaiknya cemburulah yang sewajarnya saja. Jika kalian sudah berniat menjalin hubungan asmara, ya berkomitmenlah dengan baik.

Perlu saling percaya pada pasangan dan yakinlah bahwa dia gak akan mengkhianatimu. Dan kalian pun harus tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk bisa menjaga komitmen yang sudah kalian sepakati bersama. Mintalah juga pada pasanganmu untuk bisa percaya padamu, bahwa kamu akan menepati janji untuk tetap setia hanya padanya.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu 

3. Cobalah jujur tentang apapun yang pernah terjadi di masa lalu masing-masing 

5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan agar Tak Saling Curigailustrasi hubungan (pexels.com/Katerina Holmes)

Gak perlu malu atau takut kehilangan karena masa lalu yang kurang mengenakan. Jika memang ada kenangan di masa lalu yang membuatmu gak nyaman dan menjadikanmu trauma akan hal itu. Sebaiknya, ceritakan saja dengan jujur pada pasanganmu.

Jika kamu mau terbuka dengan jujur, maka jika suatu saat terjadi konflik yang menyangkut dengan masa lalumu. Kamu dan dia akan lebih bisa menerima dan bisa mencari solusi dari permasalahan yang terjadi, agar hubungan kalian tetap harmonis. Apabila kamu mau mulai terbuka pada pasangan tentang hal buruk sekalipun, ini akan membuat dia juga berani untuk terbuka dan jujur padamu.

4. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk kalian saling berbicara 

5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan agar Tak Saling Curigailustrasi saling berbicara (pexels.com/Budgeron Bach)

Jika kalian sama-sama sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya. Usahakanlah untuk meluangkan waktu agar kalian bisa saling berbicara. Mengobrol dengan santai, bercerita tentang kegiatan yang sedang dijalani atau hal-hal lainnya. Hal ini menjadi penting, karena dari momen mengobrol dengan pasangan itu dapat menciptakan rasa nyaman satu sama lain.

Berawal dari obrolan ringan, bisa jadi nanti ada hal-hal penting yang bisa kalian bagikan. Begitu pula dengan dia, yang mungkin juga akan ada cerita atau curhatan yang penting untuk dibagikan kepadamu. Cara ini berhasil untuk memupuk kepercayaan dalam hubungan asmara.

5. Menepati janji 

5 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan agar Tak Saling Curigailustrasi saling berjanji (pexels.com/Trần Long)

Orang yang berusaha menepati janji pasti akan selalu dapat dipercaya. Jika kamu sudah berjanji akan pergi bersama di akhir pekan, maka tepatilah janji itu. Seandainya, kamu benar-benar mendadak gak bisa menepati janji. Jelaskan alasannya secara jujur pada pasangan.

Terdengar sepele, namun jika kalian sudah bisa saling menepati janji masing-masing. Rasa saling percaya akan semakin bertumbuh setiap harinya. Inilah yang akan membawa hubungan asmaramu dan dia ke tahap yang lebih membahagiakan. Gak ada beban lagi yang disebabkan rasa curiga di antara kalian.

Itulah kelima cara yang bisa kamu coba lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubunganmu bersama pasangan. Selama kalian sama-sama saling berusaha mau memperjuangkannya, maka rasa percaya di antara kalian akan terbangun, sehingga tak lagi merasa saling curiga.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jadi Cowok yang Gak Punya Kepercayaan Diri, Hindari!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya