Comscore Tracker

Dukung Jokowi, Demokrat Jatim Usung Soekarwo sebagai Cawapres

Wah menarik nih

Surabaya, IDN Times - Polemik nama Calon Wakil Presiden untuk Joko Widodo masih menjadi teka-teki. Beberapa partai koalisi pun berlomba menyorongkan calon. Meski pimpinan pusatnya belum resmi mendeklarasikan dukungan, namun Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Jawa Timur sudah menyatakan dukungannya terhadap Jokowi.

Bahkan, DPD Demokrat Jatim sudah mengusulkan nama Jokowi untuk didukung di Pemilihan Presiden 2019 nanti.

Hal tersebut diperoleh setelah Rapat Koordinasi Daerah di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu (21/7) lalu. Tak hanya itu, DPD Demokrat juga mengusulkan nama pendamping Jokowi.

1. Usulkan nama Pakde Karwo dan AHY ke DPP Demokrat

Dukung Jokowi, Demokrat Jatim Usung Soekarwo sebagai CawapresIDN Times/Fitria Madia

Wakil Ketua DPD Demokrat Jatim, Maskur membenarkan bahwa dalam Rakorda nama Jokowi unggul dari Prabowo setelah melalui proses voting. Selain itu mereka juga menentukan nama cawapres pendamping Jokowi. Kemudian mencuatlah nama kuat Ketua DPD Demokrat Jatim sekaligus Gubernur Jatim dua periode Soekarwo yang akrab disapa Pakde Karwo.

Tak hanya itu, nama putra mahkota Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga muncul.

"Nama-nama tersebut nantinya akan disetor ke DPP terlebih dahulu untuk dibahas dalam rapat majelis tinggi partai. Yang membawa Pakde Karwo sendiri. Ini mandat yang diwakili oleh pengurus kemarin," ujarnya kepada IDN Times, Senin (23/7).

2. Dalam waktu dekat nama tersebut disampaikan ke DPP

Dukung Jokowi, Demokrat Jatim Usung Soekarwo sebagai CawapresIDN Times/Viktor Yudha

Maskur menambahkan, nama Capres dan Cawapres yang diusulkan oleh DPD Demokrat Jatim akan disampaikan secepatnya. Dia menaksir, Pakde Karwo akan ke DPP dalam 1-2 hari ini. "Ya itu semua aspirasi kita tampung dan harus disampaikan ke DPP. Keputusan nanti ada di sana," katanya.

3. DPP belum terima nama Pakde Karwo

Dukung Jokowi, Demokrat Jatim Usung Soekarwo sebagai CawapresIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat dihubungi mengaku belum menerima nama Pakde Karwo diusulkan sebagai Cawapres. Dia juga menghargai usulan DPD Demokrat Jatim yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019 nanti. "Di Demokrat sangat demokratis, semua berpendapat boleh dan mulai dari bawah menuju ke Majelis Tinggi partai untuk bersidang memutuskan. Selepas itu semua satu komando patuh dan jalankan putusan partai. Begitu kami berdemokrasi. Elok dan patut," tuturnya.

"Sebelum tanggal 10 Agustus (rapat majelis tinggi partai), pastinya akan kita info," tambahnya.

Baca juga: Agar Quick Count Tak Bikin Gaduh, Soekarwo Surati Menkominfo

Line IDN Times

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You