Diperiksa dalam Kasus Meme Anies Jadi Joker, Ade Armando: Saya Dituduh

Ade heran mengapa Fahira Idris membencinya

Jakarta, IDN Times - Dosen Universitas Indonesia, Ade armando hari ini kembali diperiksa penyidik Polda Metro Jaya, terkait unggahan meme Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerupai tokoh Joker dari DC Comics. Usai diperiksa, Ade mengatakan dicecar 16 pertanyaan terkait laporan dari anggota DPD DKI Jakarta, Fahira Idris.

"Intinya adalah saya dituduh dengan sengaja mengubah, merusak, menambahkan, mengurangi sebuah foto resmi dari Pak Anies Baswedan sehingga dia menyerupai tokoh Joker," katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (20/11).

1. Meme Joker yang diunggah itu bukan buatan Ade

Diperiksa dalam Kasus Meme Anies Jadi Joker, Ade Armando: Saya DituduhIDN Times/Indiana Malia

Ade mengatakan, Meme Anies yang menyerupai Joker itu tidak dibuat olehnya. Meme itu diperoleh Ade, dari gambar-gambar yang tersimpan di galeri ponselnya. Ia pun tak tahu, siapa yang mengirimkan gambar tersebut. Meme tersebut saat ini, juga telah dihapus Ade dari galeri ponselnya.

"Tapi saya pikir gambar tersebut mewakili sikap banyak orang Jakarta dan saya sendiri, tentang apa yang dilakukan Pak Anies, yaitu Pemda DKI mengeluarkan rencana anggaran Rp82 miliar untuk lem Aica-Aibon," jelasnya.

"Gambar itu dalam rangka menyindir Pak Anies. Tapi, gambar itu bukan saya yang membuat, ubah menambahkan, mengurangi atau merusak. Itu yang saya jelaskan kepada Pak penyidik," sambungnya.

Baca Juga: Buntut Meme Joker Anies Baswedan, Medsos Ade Armando Dihajar Netizen

2. Meme Joker Anies disebar lewat akun Facebook Ade

Diperiksa dalam Kasus Meme Anies Jadi Joker, Ade Armando: Saya DituduhFacebook.com/AdeArmando

Selain itu, meme tersebut disebarkan Ade lewat akun Facebooknya. Akun itu juga dikelola langsung oleh Ade. "Jadi bukan melalui admin. Jadi saya sadar, itu saya lakukan tidak ada perubahan di situ," katanya.

Saat ditanya siapa yang membuat meme tersebut, Ade enggan berkomentar. Sebab, dia belum dapat memastikan siapa yang mengirimkannya pertama kali.

"Kalau orang tanya siapa yang bikin (meme) saya tidak tahu. Paling biar Tim Siber (Polda Metro Jaya) saja nanti yang cek (ponsel) saya," ujar Ade.

3. Ade heran mengapa Fahira Idris membencinya

Diperiksa dalam Kasus Meme Anies Jadi Joker, Ade Armando: Saya DituduhIDN Times/Axel Jo Harianja

Ade mengungkapkan, ia merasa heran mengapa Fahira Idris membencinya. Menurutnya, sebagai anggota DPD, tak semestinya Fahira mempersoalkan Meme tersebut.

"Ternyata (Fahira) baru ketemu Rizieq Shihab di Mekkah. Rizieq tuh musuh saya. Bayangin, umrah (tapi malah) ketemu Rizieq Shihab pengen bikin reuni 212," ungkap Ade.

Sebelumnya, Fahira Idris melaporkan Ade ke Polda Metro Jaya pada Jumat (1/11) lalu. Hal ini karena, Ade mengunggah meme Anies menyerupai Joker di akun Facebooknya. Meme itu diunggah pada Kamis (31/10) lalu dan bertuliskan "Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat."

Fahira melaporkan Ade dengan menggunakan pasal 32 ayat 1 junto Pasal 48 ayat 1 UU 19/2016 tentang ITE yakni 'larangan mengubah terhadap bentuk dokumen elektronik dan atau informasi elektronik.'

Baca Juga: Diperiksa Soal Meme Joker Anies, Ade Armando Bawa Bukti Screenshot

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya