Bus Transjakarta Terbakar Mesin di Rawamangun, Tak Ada Korban Jiwa

Transjakarta mengalami turbo heating pada bagian mesin

Jakarta, IDN Times - Bus Transjakarta terbakar pada bagian mesin di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (9/11/2022). Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dalam akun Instagram @humasjakfire, mengaku mendengar suara ledakan sebelum bagian mesin terbakar.

"Menurut informasi, pengemudi berhenti pada saat lampu lalu lintas berwarna merah. Kemudian terdengar suara ledakan dari mesin yang posisinya berada di bagian belakang bus," demikian keterangan akun @humasjakfire. 

Baca Juga: Penumpang TransJakarta Protes Antrean di Halte Mengular

1. Transjakarta mengalami turbo heating pada bagian mesin dalam bus

Bus Transjakarta Terbakar Mesin di Rawamangun, Tak Ada Korban JiwaTransJakarta alami kebakaran mesin di Rawamangun, Jakarta Timur/@humasjakfire

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Anang Rizkani Noor menerangkan, articulated bus milik Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) yang beroperasi sebagai armada di Transjakarta, mengalami turbo heating pada bagian mesin dalam bus. Akibatnya, sensor Alat Pemadam Api Ringan (APAR) menyala.

 "Kejadian ini terjadi pada pukul 13.55 WIB di halte Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur," ujarnya dalam siaran tertulis.

2. Sinyal APAR pada kabin mesin menyala sehingga terlihat seperti kepulan asap

Bus Transjakarta Terbakar Mesin di Rawamangun, Tak Ada Korban JiwaMedia Indonesia

Anang menerangkan, kejadian ini berawal pada bus yang pada saat kejadian tidak sedang dalam pelayanan dan tidak berpenumpang, mengarah ke titik awal keberangkatan di Halte Kota (Koridor 1) setelah melakukan split out.

"Di tengah perjalanan bus mengalami turbo heating, sehingga sistem bus secara otomatis menyalakan sinyal APAR pada kabin mesin, sehingga terlihat seperti kepulan asap," terangnya.

3. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut

Bus Transjakarta Terbakar Mesin di Rawamangun, Tak Ada Korban JiwaKaryawan mengendarai bus listrik saat uji coba di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Anang menambahkan, tidak ada korban jiwa dan tidak ada kerusakan dalam kejadian ini, hanya menyisakan residu powder yang dikeluarkan oleh APAR tersebut di Halte Pemuda Rawangun, dan sudah ditangani oleh petugas kebersihan yang bertugas di halte tersebut. 

"Saat ini, manajemen Perum PPD sedang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kejadian hari ini,"katanya.

"Masyarakat tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasa transportasi Transjakarta karena manajemen selalu memastikan adanya kesiapan armada sebelum dan sesudah beroperasi, sekaligus memperhatikan protokol kesehatan pada interior dan eksterior armada," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya