Ganjar Jadi Capres PDIP, Partai Buruh Berharap Nasib Pekerja Berubah

Nama Ganjar Prabowo sesuai hasil Rakernas Partai Buruh

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh dan organisasi serikat buruh mengucapkan selamat atas terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024 mendatang. Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI Said Iqbal menyampaikan, hal ini seirama dengan hasil Rapat Kerja Nasional Partai Buruh pada 14-17 April 2023 di Jakarta. Dimana Rakernas Partai Buruh menjaring empat nama sebagai calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Najwa Shihab, dan Anies Baswedan.

"Dari keempat nama tersebut, dalam Rakernas Partai Buruh nama Ganjar Pranowo menempati urutan pertama dukungan terbanyak dari 38 provinsi, 457 kab/kota, serta 4.626 kecamatan di seluruh Indonesia yang terdapat kepengurusan Partai Buruh," kata Said dalam keterangan tertulis, Jumat (13/4/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Diajak Jokowi Pulang Naik Pesawat Kepresidenan

1. Terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai capres sesuatu yang diharapkan

Ganjar Jadi Capres PDIP, Partai Buruh Berharap Nasib Pekerja BerubahMassa buruh berkumpul di pintu Monas, Jalan Merdeka Selatan, Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Partai Buruh dan organisasi serikat buruh berpendapat, terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai capres Republik Indonesia tahun 2024 menjadi harapan terjadinya perubahan nasib kelas pekerja yang meliputi buruh pabrik, buruh kantoran, buruh perempuan, petani, nelayan, miskin kota, miskin desa, buruh migran, guru, honorer perawat, sopir, pelaut, milenial, dan lain sebagainya.

"Oleh karena itu, pada tanggal 1 Mei 2023 saat peringatan May Day, nama Ganjar Pranowo pun akan ditanyakan langsung kepada ratusan ribu buruh peserta May Day Fiesta 1 Mei 2023 di Jakarta," ujar Said Iqbal.

2. Partai Buruh masih akan menunggu hasil konvensi

Ganjar Jadi Capres PDIP, Partai Buruh Berharap Nasib Pekerja BerubahPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Namun demikian, Said Iqbal menegaskan, keputusan Partai Buruh mengenai siapa capres yang akan diusung, masih akan menunggu hasil konvensi.

"Tentunya penetapan resmi capres 2024 dari Partai Buruh akan didahului melalui konvensi capres RI Partai Buruh, sekitar bulan Juli 2023," katanya.

 

Baca Juga: Ganjar Resmi Jadi Capres PDIP, PAN Bakal Atur Strategi dengan KIB

3. Ganjar Pranowo dapat dukungan lebih dari 20 provinsi di internal Partai Buruh

Ganjar Jadi Capres PDIP, Partai Buruh Berharap Nasib Pekerja BerubahMassa buruh melakukan demo menuntut kenaikan UMP 2022 pada Rabu (8/12/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Nama Ganjar Pranowo menguat di internal Partai Buruh sebagai capres RI 2024, dengan mendapat dukungan lebih dari 20 provinsi. Oleh karena itu, dalam konvensi capres 2024 Partai Buruh, nama Ganjar sebagai capres juga akan mewarnai konvensi.

"Partai Buruh yang ada 38 provinsi, 457 kab/kota, dan 4.626 kecamatan serta lebih dari 10 juta kader dan simpatisan dari buruh, nelayan, buruh perempuan, migran, guru dan tenaga honorer, tenaga kesehatan, buruh informal, generasi Z dan milenial yang ayah ibunya kelas pekerja, serta rakyat jelata lainnya mengucapkan selamat atas terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden RI Tahun 2024," kata Said Iqbal.

"Tentu isu tentang upah layak, outsourcing, PHK, tanah untuk petani, solar untuk nelayan, kesejahteraan guru dan tenaga honorer, serta membangun negara kesejahteraan menjadi harapan kelas pekerja yang dapat dituangkan dalam kebijakan Ganjar Pranowo bilamana terpilih sebagai presiden," tegasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya